Oleh: fekrynur | Juni 6, 2007

SD-SMP SATU ATAP

SD-SMP SATU ATAP


Membaca namanya saja kita sudah tahu kalau yang dimaksudkan dengan judul tulisan ini adalah: dua sekolah berada di bawah satu atap, atau dua sekolah dalam satu lokasi. Bagai manakah yang sebenarnya?
Apa beda sekolah ini dengan sekolah conventional, yang lazim kita temui selama ini?
SD-SMP Satu Atap, atau biar pendek sebutannya: SMP Satu Atap, adalah SMP ‘biasa’ yang tempat belajarnya di gedung SD di mana siswa itu, tadinya, menyelesaikan pembelajaran tingkat SD-nya. Mereka tetap belajar di gedung SD itu dikarenakan SMP biasa berada di lokasi yang relatif jauh. Sementara, untuk dibangunkan (gedung) SMP baru di daerah terjangkau belum memungkinkan karena jumlah murid yang akan ditampung (tamatan SD) terlalu kecil.  Jadi, mereka belajar pelajaran SMP di gedung tempat mereka belajar pelajaran  SD.
SMP Satu Atap adalah salah satu usaha pemerintah untuk mengejar tercapainya target APK SMP-MTs  95 % di tahun 2008. Ini dilakukan atau dibiayai dengan dana dekonsentrasi dari APBN untuk tahun pertama keberadaannya di masing-masing kabupaten dan kota yang menerimanya; sedangkan untuk kemudian, untuk tahun kedua mereka dapat melanjutkannya sendiri dengan dana APBD kabupaten/kota masing-masing.
Sumatera Barat, sampai dengan tahun 2006 telah menjalankan SMP Satu Atap ini di 36 lokasi, yang menyebar di berbagai kabupaten/kota. Sementara untuk tahun 2007 ini, menurut rencana akan dinaikkan usulan untuk 41 paket lokasi SMP Satu Atap yang baru. Menurut  Andre Yunidal, Satker Perluasan dan Peningkatan Mutu SMP di Dinas pendidikan Propinsi Sumatera Barat; “ Karena SMP Satu Atap ini adalah suatu terobosan baru untuk menggejot APK SMP dan MTs, maka perlu diadakan kegiatan sosialisasi untuk para calon pelaksana dan pembimbing sekolah satu atap ini di lapangan kelak. Untuk itu dalam tahun anggaran 2007 ini satker yang dipimpinnya telah selesai dengan Workshop Tahap I, sedangkan Tahap II sedang berlangsung (tgl 27 s/d 30 Mei 2007 ini di Hotel Pangeran City, Padang. Workshop ini untuk kesiapan mereka yang akan mengelola ke-empat puluhsatu SMP Satu Atap yang ingin kita sebar di seluruh Sumatera Barat,” katanya. [Fekrynur]
————–
Dokument Terkait “PANDUAN PELAKSANAAN PENGEMBANGAN SD-SMP SATU ATAP Australia-Indonesia Basic Education Program (AIBEP)”
[ DOWNLOAD ]  [ BACA ONLINE ]
Responses

  1. saya mengajar smp satu atap di daerah terpencil di riau, yaitu di smp satu atap di desa talang bersemi di kecamatan batang cenaku kabupaten indragiri hulu riau. guru matematika dan bahasa inggris

    sungguh menggugah hati saya untuk ikut memajukan bangsa ini, saya justru bangga dengan keberadaan saya dimana banyak yang berfikir kalau saya kembali ke renaisance..

    saya adalah lulusan satya wacana cristian university ( http://www.uksw.edu ) salatiga.

    saya tidak peduli akan status saya, PNS maupun Honor, yang penting saya dapat membantu sesama… makasih sudah membaca posting saya..

    GOD bless u all

  2. saya adslsh kepsek smp satu atap di pinggiran kota mimika papua.saya kesulitan dlm memenuhi kebthan buku2 sekolh kmi dan kesulitan membyar gji guru honor.krna blm ada gru negri dan bantuan dana pmerinth. (dana BOS + Mungkin ada yg bisa membantu.trims

  3. sekolah satu atap pejarakan Lumajang Jawa timur telah meluluskan siswa sebanyak 25 tahun 2009, dan hasilnya tidak kalah dengan reguler. sukses untuk SATAP.
    mengajar di SATAP penuh pengabdian murni dan klesabaran yang tinggi.

    • anda memberikan motivasi bagi saya. saya baru tahun ini mengajar di SMP SATAP TAMANSARI I Ampelgading, Malang. yang saya rasakan, begitu bersahaja orang orang di desa itu. saya sangat bangga mengajar di satap, di sana saya tidak pernah dipanggil dengan nama saya, tapi dengan panggilan ‘pak guru’. memang berat mengajar di daerah terpencil, apalagi di lereng gunung semeru ini. tapi saya sangat bersyukur dianugerahi Alloh kemampuan untuk dapat mengabdi di daerah ini. BE PROUD ON TEACHING IN SATAP SCHOOL, WHEREVER, WHENEVER. EKO SULISTYAWAN, S.Si

      • Saya Dr. Endang Susantini, M.Pd dosen Biologi – UNESA, Saya sangat bangga dengan Anda, teruslah berjuang cerdaskan siswa SATAP di Taman Sari I Ampelgading-Malang. Siswa-siswa SATAP juga berhak memperoleh pendidikan yang layak dari guru yang berkompeten dan memiliki integritas tinggi seperti Pak Eko, semoga Bpk IKHLAS dalam mengajar anak-anak dan yakinlah dunia sementara akhirat tujuan kita dan insayaALLAH amal jariyah Pak Eko mendapat bakasan SURGA .. Amin ya.. Robbal’alamin

  4. [...] http://enewsletterdisdik.wordpress.com/2007/06/06/sd-smp-satu-atap/ [...]

  5. nothing to lose to get regard from Alloh, whoever we are

  6. Mohon perhatian dari Bapak Menteri Pendidikan, dana SMPN Satu atap rata rata sangat minim, itupun biasanya untuk bayar honor guru. Dana bos dihitung dari jumlah murid, guru PNS paling ada 1-2 org. Ruang belajar jangan numpang SD, kasihan, mereka saja menghadapi masalah kok mau kita mintai bantuan. Mohon perhatian, mohon maaf dan terima kasih.

  7. ayo majukan dan dukung sd smp satu atap negeri 2 kasimbar kab. parigi moutong prop. sulteng jgn sampai ketinggalan…

  8. jangan patah semangat bagi guru SATAP , Saya juga guruHonor TIK DI SD/SMP Satu Atap Pegajahan, Kec. Pegajahan Di Kab. Serdang Bedagai ,Sumut, sejak Tahun 2007 ( Baru mulai terbentuk STAP di Kab Serdang BEdagai,marilah kita berdo’a agr Pendidikan terus di sukseskan , jangan lupa kunjungi Situs Sekolah kami http://www.sdsmpnpg1atap.info , , kalau ada sekolah SATAP yang sudah mempunyai website sekolah mohon kirim ke admin@sdsmpnpg1atap.info

    saya ucapkan terima kasih selamt menunaikan ibadah puasa

  9. Kalau saya ikuti tulisan saudara – saudaraku pengajar sekolah satu atap (SSA ) sangat prihatin, alhamdullah saya bersyukur disekolah satu Atap yang keberadaannya ditengah kota yang padat penduduk tepat di Surabaya yang mempunyai SSA 5 sekolah dengan sebutan SMP SSA,44,45,46,47,48 sayapun tak tahu apa mempunyai konsep yang sama, karena mungkin permasalahan yang berbeda kalau teman2 masalah kekurangan guru dan biaya,
    kalau kami tentang manejemen yang kadang bertabrakan karena mempunyai kepentingan sendiri – sendiri SD dibawa kendali UPTD SMP dibawa kendali Dinas kota padhal dituntut maju bersama semestara itu SD yang keberadaannya satu atap hasil merger 2 SD. Jika SD tersebut ingin mengikuti SMP terbayang – bayang oleh UPTD sementara UPTD setingkat dan sama pada strukur unit di jajaran Diknas

  10. Menyambung komentar saya terdahulu sebagai rasa melaksanakan amanah anak bangsa buat saudara – saudaraku yang memerlukan bantuan buku yang menunjang pendidik kami bisa bantu lewat e-mail : bamsut21@gmail.com atau brajangkawat59@yahoo.co.id atau kunjungi situs saya http://tedjo21.wordpress.com
    call 03191545050 atau 0817326384

  11. Salam Satu Atap…
    Saya guru IPA di SMPN 02 karangploso Satu Atap Kabupaten Malang…Lokasi sekolah 8 km dari jalan aspal kecamatan, kalau hujan tidak bisa ditempuh lewat jalan biasa maka harus muter lewat sekitar 12 km dari jalan aspal…Semua lokasi SATAP di Kabupaten Malang sama seperti di sekolah saya…Tuntutan kepada kami banyak, harus profesional seperti guru negeri lainnya…Namun begitu sedih atas perlakuan dari Pemerintah Kabupaten Malang, GTT di tempat kami digaji hanya Rp 150.000,-/bulan dengan sistem pembayaran rapel 6 bulan sekali…Cukupkah itu untuk sekedar beli bensin?…Tidak…kami guru GTT disini boleh dibilang kaya hati miskin harta…Istilah jawanya Nelongso…

  12. Assl,sy bangga mengabdi di SMP SATAP KALATE sbgai gr b.inggris sejak maret 2005-skrg,,untk Bapak Bupati & Stafnya,,::mngrtilah dgn kondisi kami di sekolah ini,trims,,,!!!!

  13. nama saya herizon. saya adalah salah satu guru yang pernah mengajar di SMP satu atap pering baru propinsi Bengkulu, namun belum lama ini saya di mutasikan ke SMP lain dikarenakan SMP tersebut akhirnya dibubarkan. SMP kami setiap tahunnya mengalami kesulitan dalam merekrut siswa baru karena jarak sekolah yang begitu dekat dengan sekolah yang sudah berstatus SSN. saya sedih, dan sekarang saya mencobah meneliti permasalahan kenapa SMP satu atap yang seyogyanya didirikan di daerah yang sulit terjangkau dengan sekolah lain tetapi mala didirikan didaerah yang memiliki jarak begitu dekat dengan sekolah lain yang secara fasilitas jauh lebih unggul. apa bukan pemborosan APBN itu namanya!!!

  14. yg sudah pns berlomba lomba untuk bisa lolos sertifiksi,, gmn tidak?? gaji dobel siapa yg tidak mau…??? padahal kinerjanya sama dg yg honorer,, bahkan lebih parah honorer krn sbg guru bantu harus nurut dg yg sudah pns.. pemerintah kok g adil banget ya,,, yg pns aja bayarannya dobel dobel,, lha kita yg ngajar di daerah terpencil..berpuluh2 kilometer jaraknya dan sulit jangkauanya,,ga ada honornya sama skali!!! ganti bensin aja ga ada,,, ya… salah siapa coba????

  15. salam smpn satu atap
    saya adalah GTT smpn satu atap bangodua indramayu, dan kebetulan saya juga ikut serta dalam proses pendirian smpn satu atap tersebut sampai saat ini sudah ada 6 guru PNS, bagai mana nasib guru honorer yang sudah babak pelur mendirikan apakah harus ter singkir oleh PNS kasihan amat nasib GTT tersebut………..

  16. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur masih ada teman-teman yang pengabdian dan dedikasi kinerja sangat tinggi dalam memajukan pendidikan di negeri ini. yakinlah saudara-saudaraku usaha kita hasilnya akan ke kita, usaha orang lain akan ke orang lain dan tidak akan tertukar Allah Maha mengetahui siapa hamba-hambanya yang paling bertaqwa. saudaraku saya guru SDN di Ampeldento 02 Karangploso kab. Malang. keberhasilan saudara dalam mempercepat tercapainya wajar 9 tahun layak diapresiasi. Berharap kepada BSNP agar soal UN untuk Satap tidak disamakan dengan SMP bukan satap agar prosentase lulusannya baik tapi disejajar saja.dan tolong perhatikan nasib guru Satap.
    Dari saudaramu senasib seperjuangan Dariyanto Guru SDN Ampeldento 02 Karangploso Malang

  17. You actually make it appear so easy along with your
    presentation however I to find this topic to be actually something
    that I feel I would by no means understand. It kind of feels too complicated and extremely broad for me.
    I’m looking forward to your next submit, I will attempt to get the hang of it!

  18. SMPN SATAP 1 TAOPA hingga saat dana bos untuk triwulan pertama di tahun 2013 ini blum sja muncul.. jdi sy mengharapkan bantuan kepada kepala dinas pendidikan kabupaten maupun provensi khususnya kab. parigi moutong agar mempercepat dan membantu kami dalam pengeluaran dana bos..
    atas perhatianya kami uckan banyak terima kasih..
    wasalam

  19. Tetaplah semangat dan jgn prn jenuh buat teman2 guru yang mengajar di SD-SMP Satap walaupun dengan prasana yg sangat minim dan serba kekurangan. saya juga adalah seorg guru yg mengajar di SMPN 5 Satap Likupang Barat, Minahasa Utara ( SULUT), sangat merasakan manis pahitnya SMP satap namun semua itu kita lakukan demi mencerdaskan anak bangsa kita yang ada di pelosok tanah air. buat pemerintah daerah maupun pusat, kl boleh memberikan dana buat pembangunan rumah dinas guru untuk SMP Satap. sejak mengajar di smp satap selama 3 thn, saya terpaksa hrs tinggal diperpustakaan kr tdk ada rumah dinas guru maupun rumah kontrakan disekitar sekolah sedangkan saya berasal dari Sulawesi selatan dan mengajar di Sulawesi Utara. namun semua itu tdk lah menjadi kendala besar untuk tetap mengabdi di smp satap. I’m really proud to be teacher in smp satap and it gives me a lot of experiences.


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

