Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 21, 2007

PSB Secara Online Formulir SMP Gratis, SMA/SMK Rp 12.000

Padang, Padek——Dinas Pendidikan Kota Padang memastikan Penerimaan Siswa Baru (PSB) tahun 2007/2008 dilaksanakan secara online. Draft petunjuk teknis (Juknis) telah selesai dirancang dan saat ini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Pendidikan Padang.

Kepastian tersebut diungkapkan koordinator program PSB online yang juga Kabid Peningkatan Mutu Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Padang Wirnadi saat sosialisasi Juknis aturan dan prosedur pelaksanaan PSB online system Dinas Pendidikan Kota Padang kepada seluruh kepala SMP/ SMA Negeri sederajat di Aula SMK 6 Padang, Selasa (19/6).“Ini memang baru draft juknis, tetapi kita di Padang sudah positif melaksanakan PSB online,” ujar Wirnadi. Pelaksanaan PSB online ini, menurutnya menghapus peluang “surat sakti” atau memo pejabat daerah untuk menggolkan anaknya atau kemenakannya.“Kita tidak bisa tutup mata adanya hal itu di Padang, PSB online, sistem yang dirancang untuk memblokadir peluang tersebut dan menghilangkan kesusahan kita selama ini,” ulas Wirnadi lagi. Sebab dengan sistem online tersebut semua dunia mampu mengakses dan mampu melihat kenyataan yang ada, sehingga tidak ada data yang dapat dipermainkan.

Daftar Lebih Awal

Sistem PSB online dilakukan untuk merekrut siswa SMP dan SMA negeri sederajat. Tidak hanya siswa SD dan SMP yang berada di Kota Padang, tetapi layanan PSB online juga dapat dinikmati lulusan SD dan SMP di luar Kota Padang. Pendaftaran PSB online untuk siswa dari luar kota Padang dan yang lulus sebelum 2007 dibuka lebih awal daripada untuk siswa berasal dari dalam Padang.“Pendaftaran bagi calon siswa dari luar kota Padang dan yang telah lulus sebelum 2007 mulai dibuka 29 Juni hingga 5 Juli. Sebelumnya mereka harus melakukan pra pendaftaran terlebih dahulu ke Dinas Pendidikan Padang di Jalan Tan Malaka untuk mendapatkan nomor pendaftaran sebagai pengganti Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) atau Surat Tanda Lulus (STL). Prapendaftaran ini juga harus diikuti oleh siswa yang berasal dari ujian paket A atau B.

Pendaftaran calon siswa SMP/SMA sederajat dari Kota Padang dapat dilakukan sejak 2 Juli hingga 7 juli pukul 08.00 WIB-15.00 WIB. Pembedaan jadwal pendaftaran ini dimaksudkan agar pendaftaran tidak menumpuk dan mengurangi kesibukan dan mempermudah calon siswa dari luar Padang.Kuato yang diberikan Dinas Pendidikan Kota Padang untuk siswa dari luar Kota Padang hanyalah 3 persen dari pagu (daya tampung) dan jumlah nilai mata pelajaran yang diseleksi harus sama atau lebih besar dari jumlah nilai terendah calon siswa yang diterima dari Kota Padang.

Tak Perlu Susah

Dengan berlakunya sistem PSB online, seorang siswa tamatan SD atau SMP sederajat tidak perlu capek-capek pergi mendaftar ke sekolah-sekolah yang ingin dimasukinya. Mereka cukup membeli formulir pendaftaran di SMP/SMA/SMK/MTs Negeri terdekat dari rumahnya dan memilih 5 sekolah negeri berbeda.Salah satu dari pilihan itu merupakan sekolah yang menjadi rayonnya.

Antri SPMB: Minat lulusan SMA dan sederajat untuk menjadi calon mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tinggi. Mereka memperebutkan 4.400 kursi, di mana 1.700 di UNP dan 2.700 di Unand. Tampak antusias calon mahasiswa mengantri di kampus UNP untuk mengambil formulir SPMB, kemarin.

Hal ini berlaku untuk SMP dan SMA. Namun untuk SMK, calon siswa dapat mendaftar di SMK negeri dengan memilih 5 program keahlian di salah satu SMK atau bebas memilih SMK Negeri lainnya pada program keahlian yang sama atau berbeda pula. Formulir pendaftaran yang didapatkan dari panitia PSB online yang ditebus seharga Rp 12.000 tersebut harus diisi dengan benar.

Tetapi calon siswa SMP, tidak dipungut biaya untuk mendapatkan formulir pendaftaran tersebut.Penyeleksian data siswa yang masuk tersebut langsung dilakukan secara komputerisasi dengan standar baku.Untuk siswa SMP dasar penyeleksian berdasarkan jumlah mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, PKPS dan Agama. Untuk masuk SMA hanya seleksi nilai 3 mata pelajaran yang diujian nasionalkan (UN). Sedangkan untuk SMK, penyeleksian hanyalah berdasarkan bobot.Dalam pelaksanaan seleksi PSB online, prestasi yang diakui tidak hanya prestasi akademik, tetapi juga non akademik, tetapi harus memiliki keabsahan sertifaikat dan kegiatan diadakan oleh Pencab/Diknas Kebupaten/Kota/Dinas Provinsi/Nasional.

Ketahui Posisi

Sesaat setelah menyerahkan formulir pendaftaran, calon siswa dapat menunggu sebentar untuk mendapatkan bukti pendaftaran. Setelah panitia mendapatkan data-data dari calon siswa, mereka akan langsung mengentry data.Setelah semua data masuk dan final, calon siswa tadi dapat langsung mengakses melalui internet ke www.padang-psb.online.or.id (klik URL pada sub menu bloggroll sebelah kiri website ini) atau krim sms ke nomor 9388 dengan mengetik PSBPDG nomorpendaftaran.Kapan saja, calon siswa dapat mengakses informasi di sekolah mana ia diterima. Setiap sms dikenakan biaya Rp 1000. Nomor layanan 9388 dapat diakses untuk semua operator yang ada baik, Telkomsel, Indosat ataupun XL dan Mentari.

Data calon siswa yang diterima di sekolah-sekolah tersebut akan terus bergeser sepanjang bertambahnya siswa memilih sekolah itu, sehingga lebih efektif mengakses informasi di akhir seleksi dan saat pengumuman hasil. Pengumuman seleksi PSB online tahap pertama dilakukan 9 Juli 2007 pukul 08.00 WIB secara terbuka melalui internet, SMS, ataupun papan pengumuman di seluruh SMP/SMA Negeri sederajat. Mereka yang lulus diharapkan mendaftar 9-12 Juli di sekolah calon siswa diterima dengan menyerahkan bukti pendaftaran.

Hasil UN SMP Diumumkan

Sama seperti halnya SMA, jadwal pengumuman hasil ujian nasional (UN) untuk siswa SMP di Kota Padang dipercepat satu hari dari jadwal yang ditetapkan nasional 23 Juni mendatang. Kelulusan ini juga dapat diakses siswa melalui sms gate way ke nomor 7890 untuk kartu Telkomsel dan ke nomor 9600 untuk pemilik kartu proXL dan XPlor. Sms gateway hanya berlaku untuk siswa di Kota Padang.“Caranya, siswa cukup mengetikkan UNP SMP Nomor Ujian, kirim ke 7890 untuk pengguna kartu Telkomsel atau ke nomor 9600 untuk pengguna proXL dan Xplor,” ujar Wirnadi kemarin, Rabu (20/6).Ia mencontohkan penulisan smsnya meliputi:UNP SMP 14-001-001-8. Nomor yang tertera di sms adalah nomor ujian siswa bersangkutan.

Kerjasama dengan UNP

Namun bagi siswa yang tidak memiliki handphone, kepastian kelulusan dapat dilihat di sekolah, karena sekolah tetap mengumumkan secara manual. Setiap sms yang dikirimkan ke operator 7890 atau ke 9600, pengguna layanan sms gateway dibebankan biaya Rp 1000. Dinas Pendidikan, kata Wirnadi tidak mendapatkan kontribusi apa-apa dari layanan tersebut, karena Dinas Pendidikan dalam menyediakan pelayanan ini bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang (UNP). “Kita serahkan semuanya ke UNP,” ujarnya. Segera daftar, Ujian Paket B 26 Juni

Percepatan waktu pengumuman hasil UN siswa SMP ini disepakati kemarin di Dinas Pendidikan Sumbar bersama kepala dinas kabupaten/kota lainnya. Siswa SMP yang tidak lulus UN dapat mengikuti ujian paket B yang akan diselenggarakan 26 Juni mendatang. Jika memang siswa berminat, diharapkan kepada mereka untuk segera mendaftar ke pihak sekolah masing-masing (ciw)

About these ads

Responses

  1. Pak,, harap keluarkan segera daftar ranking hasil UN SMP sekota Padang supaya mudah mendaftar SMA
    trims

  2. pak,,tolong segera dikeluarkan daftar hasil UN tingkat smp..agar tiap siswa tahu dimana posisi nya di kota padang dan mempermudah untuk mendaftar ke sma yang di inginkan..
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih…

  3. Ass.wr.wb
    mohon segera daftar NEM tingkat SD se Padang agar kami tahu rankingnya sehingga bisa mudah untuk masuk SMP yang kami inginkan.
    Terimakasih

  4. koreksi aja dikit : alamat webnya tertulis : http://www.padang.psb.online.or.id , seharusnya http://www.padang.psb-online.or.id

  5. seandainya semua siswa mendaftar dengan urutan SMA 1, 10, 2, 3 dan 7 maka akan menghasilkan SMA 1 nilai UN tertinggi, SMA 10 no. dua tertinggi dan seterusnya. Akibatnya SMA 10, 2 dan seterusnya input nilai UN yang masuk ke sekolahnya dibawah rata-rata SMA 1, benarkah ini, mohon komentarnya

  6. tolong pertanyaan joni dijawab. karena kami juga butuh. terimakasih

  7. pak, tolong klo bisa tampilkan nilai standar penerimaan untuk masing-masing sma, sekaligus alamat sma tersebut, agar bagi yang mau mendaftar untuk luar padang dapat menentukan pilihan alternatif yang diinginkan..thank before y pak..

  8. pak,anak kita mendaftar di smk babak pertama dia diterima.terus dia tidak mendaftar ulang karena jurusan yang terpilih tidak cocok dengan selera dia,apakah bisa dia pindah kependaftaran sma karena di sma putaran kedua masuk nemnya dlm kategori diterima,nem yang palin rendah diterima 19,73 yang sianak nemnya 20,80 di sma dia ada mendaftar,apakah bisa dia tidak mendaftar ulang dismk pindah ke pendaftaran sma , terima kasih

  9. mohon dijelaskan batas minimal yang diterima di unp melalui jalur pmdk

  10. Ass.Pak,saya mau mendaftar ke sma 01 padang,tetapi tidak tahu kapan dan syarat pendaftarannya.mohon penjelasannya.trims…

  11. Ass.pak,saya berasal dari luar kota padang.Saya ingin mnymbung ke sma 01 padang.Saya kurang setuju mengenai calon siswa yang di terima dari luar kota padang hanya 3%, mohon di pertimbangkan…trims

    • begitulah peraturannya….

      klo penerimaan siswa luar kota nya 50 % trus dari dalm kota mau diapain ??

  12. ASS.pak saya sudah mencoba melakukan hasil pengumuman lewat dari sms,tapi kok namanya lain, padahal no ujian saya udah betul? kenapa bisa begitu?

  13. ass.pak apa aja persyaratan utk mendaftar ke sma/smk??apa benar jika mndftr di smk ada tes dulu??ada keringanan biaya ga?bagi yang kurang mampu??mhn beritanya ya pak. trima kasih.wassalam.

  14. ass….
    tolong keluarkan standar nem untuk masuk ke sma/smp se kota padng melalui situs web diknas padang
    terimakasih
    wass

  15. [...] Prapendaftaran ini juga harus diikuti oleh siswa yang berasal dari ujian paket A atau B. Pendaftaran calon siswa SMP/SMA sederajat dari Kota Padang dapat dilakukan sejak 2 Juli Nomor Telepon Sekolah Paket C di Jakarta 93088375 – 08161404440 dengan penyelenggara langsung MBAK N… [...]

  16. ass,
    maaf pak/ibu guru.saya pengin tahu no telp SMAN 1 Padang karena saya lagi mencari seseorang siswi yang sekolah disitu yang bernama Indah Jelita Dewi,sekarang dia kelas 3.mohon bapak/ibi guru segan untuk memberikan no telp Sma tersebut kepada saya.
    dari Solikhun
    Tangerang

  17. hai…………………
    pAdang……………….
    duch jd pengen skul di sanaa……………..

  18. apakah di jakarta juga dapat mendaftar sma secara online?
    dimana saya harus membeli formulir pendaftaran?
    tolong dijawab secepatnya.
    tks

  19. HMMM…
    pak mohon di kluarkan davtar rangking siswa peserta UN smp sekota padang…

    dan batas bawah penerimaan psb online SMA sekota padang..

    mohon ditanggapi^^

  20. h gimana carnya melihat logon sekolah

  21. pak mhn nilai di smk ambilx agak rendah,pliz ,o…iapak klw bs jrsn yg plng byk d minati siswa….. mhn ditanggapi pak

  22. mohon scool digratiskan 12 tahon,please.
    mengingat masih banyak masyarakat miskin yg berhenti sekolah gara2 biaya

  23. saya seorang pelajar yang mengambil peperiksaan awam iaitu Sijil Pelajaran Malaysia (SPM) di malaysia . saya ingin bertanya .. bolehkah saya melanjutkan pelajaran saya di universiti ini dalam diploma 3 tahun dalam bidang pengurusan hotel ataupun dalam bidang akauntan ??? saya berharap pihak tuan dapat menjelaskannya dengan lebih terperinci lagi .. terima kasih .. jasa pihak tuan amat saya hargai ..

  24. mohon pak agar pendaftaran psb online untuk di rendahkan sedikit nilainya……

  25. pak.. mohon beri tahu saya nem paling rendah buat masuk sma 1 , 10 , 3 , dan 7 padang pak… saya ingin sekali sekolah disana… dan tolong nem.a agak direndahkan … pleaseeeeeeeee…

    saya mohon banget pak…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: