Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 18, 2007

Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru

ktsp.jpg

Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru

Pemerintah secara resmi telah mencanangkan bahwa profesi guru disejajarkan dengan profesi lainnya sebagai tenaga profesional. Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan karena guru sebagai agen pembelajaran merupakan ujung tombak peningkatan proses pembelajaran di dalam kelas yang akan berujung pada peningkatan mutu pendidikan. Pengakuan kedudukan guru sebagai tenaga profesional dibuktikan dengan sebuah sertifikat profesi guru yang diperoleh melalui uji sertifikasi. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi persyaratan sebagai guru profesional.

Proses sertifikasi guru akan segera dimulai setelah rancangan peraturan pemerintah tentang guru dan dosen disyahkan menjadi Peraturan Pemerintah dalam waktu dekat. Namun, persiapan guru untuk mengikuti sertifikasi sudah dapat dimulai. Oleh karena itu, buku panduan pelaksanaan sertifikasi guru ini disusun agar seluruh unit yang terkait dengan pembinaan guru dapat memahami mekanisme dan prosedut pelaksanaan sertifikasi guru.

Buku Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru ini berisi informasi tentang mekanisme uji sertifikasi guru dalam jabatan dan proses pendaftaran guru khusus untuk tahun 2006. Tersusunnya buku ini atas kerjasama yang harmonis antara Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan Direktorat Ketenagaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Semoga buku Panduan Pelaksanaan Sertifikasi Guru ini bermanfaat bagi semua pihak yang memerlukannya.

Berikut adalah dokumen Panduan Sertifikasi untuk Dinas dalam format pdf :

About these ads

Responses

  1. Dear Sirs/Madams,

    Bolehkah saya minta blanko KOMPONEN PORTOFOLIO untuk Sertifikasi guru?

    It’s more than 10 pages, alangkah baiknya kalau tinggal filling in saja, kan?

    Thank you very much, especially to Mr. Fekry.

    erfan
    UPI YPTK Padang

  2. Silahkan saja Pak Erfan.

    Maaf Pak Erfan, terus terang saya perlu mintak tolong Pak Zul nih, ttg copy filing buat Bapak.
    Bisakah di Bantu Pak Zul?
    Tolong donk.

    Fekry
    Disdik Prop. SB

  3. Terima kasih atas respon Pak Erfan dan Fekry, apabila komponen portofolio untuk sertifikasi guru dan dosen kami dapatkan akan kita upload di situs web kita ini.

    Wassalam,
    Zulfikri

  4. Pak Zul, yah sama-sama kita cari dokumen portofolio yang dimaksud yang nantinya dapat di upload di website ini supaya dapat membantu untuk kelancaran sertifikasi guru dan dosen di Sumatera Barat ini, namun kiranya bagi bapak dan ibuk yang telah mendapatkan lebih dahulu mohon kiranya memberi tahu dan mengirimkan kepada kami lewat e-mail : redaksi.enewsletter@gmail.com

    Terlebih dahulu diucapkan terima kasih.
    Wassalam.
    Fekry
    Disdik Prop. SB

  5. Bapak-bapak dan ibu-ibu yang ingin mendapatkan dokumen potofolio sertifikasi guru, dapat men-download-nya di http://www.sertifikasiguru.org. Selamat mencoba. Mudah-mudahan dokumen tersebut adalah dokumen yang diinginkan.
    Wassalam,
    Miftahuddin
    Guru SMK Negeri 1 Tanjung Raya

  6. Terima kasih Pak Miftahuddin atas bantuan informasinya.

    Semoga dokumen portofolio tsb. dapat didownload bagi guru-guru atau pihak-pihak yeng membutuhkan

    Wassalam,
    Zulfikri

  7. saya ingin bertanya : mengapa sertifikasi hanya diperlakukan minimal guru yang S1? saya memang belum S1 tetapi..tidak dihargaikah ? otodidak seorang guru yang membeli dan membaca dari buku untuk menambah pengalaman? dan mungkin hasil dari otodidak tidak kalah dengan kwalitas guru S1?
    saya telah mengabdi hampir 30 th waktu itu untuk kuliah atau belajar harus menempuh birokrasi cukup sulit , sedangkan kalau mulai dari sekarang ..jelas biaya untuk kuliah tidak mencukupi karena anak dan istri saya juga kuliah..mohon dengan kerendahan hati supaya dipertimbangkan sertifikasi guru seyogyanya untuk guru yang sudah 25 th keatas tidak diperhitungkan faktor S1 atau D4 ..sekian kiranya Tuhan memberkati

  8. Pak Dwiayub Yth,
    Maaf, kami Dwn Redaksi e-Newsletter tidak dapat menjawab pertanyaan Bapak dengan lengkap dan memuaskan, katanya sudah menjadi persyaratan bahwa guru yang layak mengajar (yang dapat diberikan sertifikasi) itu minimalnya berijazah S1 dan atau D4.

    Memang diakui banyak juga guru-guru mempunyai kemampuan professional dikarenakan dengan banyaknya pengalaman dalam bidang tugas atau professinya secara otodidak seperti yang Bapak sebutkan itu.

    Mudah-mudahan hal ini menjadi perhatian bagi pejabat yang membuat keputusan (pemerintah)

    Wassalam,
    Dwn Redaksi

  9. Ass. Wr. Wb Semoga semua itikad pihak yang menaruh perhatian kepada guru , akan membawa profesi guru ke muara yang lebik baik dan lebih bermatabat. serta upaya bapak /ibu menjadi ladang beribadah yang kelak akan kita panen baik di dunia maupun di akherat kelak.

    wass, minto hardjono
    sma negeri 1 cisauk kab. tangerang

  10. Kapan Pak hasil Sertifikasi periode April 2008 dikeluarkan di Internet pak

  11. Ass.Wr.Wb Sebelumnya perkenalkan saya Rizal saya berasal dari Sumbar juga. mahasiswa fakultas Psikologi UNAIR Surabaya, saat ini saya sedang melaksanakan penelitian untuk tugas akhir dengan tema pemaknaan peran sebagai pendidik pasca sertifikasi, saya menggunakan disain penelitian kualitatif dengan metode grounded theory, harapan saya akan ada semacam verifikasi terhadap teori pemaknaan dari segi pergeseran konstruksi sosial, dalam hal ini kebijakan serifikasi. Selain itu agar juga bisa memetakan signifikansi sertifikasi dari sisi yang berbeda, selama ini yang sering dibahas tentang sertifikasi selalu dari sudut perbaikan yang akan didapat guru atau dosen pasca sertifikasi, saya ingin melihat dampak holistis dari program sertifikasi terhadap pendidikan. Maka dikesempatan ini saya ingin bertanya kepada portal ini, kira-kira layakkah tema ini untuk diangkat sebagai tema penelitian?

  12. kapan hasil sertifikasi diumumkan di internet terutama untuk wilayah sumsel.tnx

  13. saya sangat setuju semua guru harus di sertifikasi, terlalu ceroboh dinas pendidikan jika menyerahkan peserta didik pada orang yang tidak punya kualifikasi dan kompetensi pendidik. tidak hanya lewat jalur sertifikasi pemerintah tapi setidak-tidaknya membuka akses lembaga pemberi sertifikat yang telah teruji, mari kita tumbuhkan bersama JADI GURU YANG BAIK atau TIDAK JADI GURU SEKALIAN, tanggung jawabnya dunia akherat.

  14. Kapan Hasil Portofolio Guru Periode April 2008 diumumkan di Internet

  15. ass. pak kapan pengumuman sertifikasi guru tahun 2008 wil sumsel ? trim Informasinya

  16. kapan hasil sertifikasi tingkat sma 2008 keluar di internet pak

  17. [...] Silahkan download dan baca buku tersebut selengkapnya di : http://enewsletterd isdik.wordpress. com/2007/ 08/18/panduan- pelaksanaan- sertifikasi- guru/ [...]

  18. Jadikan Guru Prof. sbg peningkatan mutu untuk anak didik,bukan hanya portofolio. tapi real dalam pembelajaran. Min. ada perub. kapasitas guru sblm & sesudah jadi guru prof,tingkatkan kriteria penilain guru prof.example guru bisa komp. karena ilmu ini dibutuhkan siswa.ini terjadi dikab.trenggalek.Guru smk teknik ra iso komp. apa jadinya anak didik.RPP ditulis tangan (arahan Pengawas Diknas)kapan mau maju.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: