Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 24, 2008

Dinas Pendidikan Sumatera Barat, berubah nama

Dinas Pendidikan Prop. Sumatera Barat
Berubah SOTK dan Nama

Sesuai dengan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemprov Sumbar yang telah disahkan pada hari Kamis tanggal17/1/2008 yang baru lalu oleh DPRD Prop. Sumatera Barat maka dengan sendirinya Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat berubah SOTK dan nama menjadi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (DIKPEMDORA) Propinsi Sumatera Barat dengan SOTK baru sbb :

  1. Sekretariat
    Terdiri dari Subag (Sub Bagian) :
    • Subag Penyusunan Program
    • Subag Umum dan Kepegawaian
    • Subag Keuangan
  2. Bidang TK/SD
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Kurikulum
    • Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan
    • Seksi Sarana Prasarana
  3. Bidang SMP/SMA/SMK
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Kurikulum
    • Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan
    • Seksi Sarana dan Prasarna
  4. Bidang Pendidikan dan PK-PLK
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Kurikulum
    • Seksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan
    • Seksi Sarana dan Prasarana
  1. Bidang Pendidikan Nonformal dan Informal
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Pendidikan Keaksaraan
    • Seksi Pendidikan Masyarakat/Kelembagaan
    • Seksi Pendidikan Kesetaraan
  2. Bidang Olah Raga
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Olah Raga Masyarakat
    • Seksi Olah Raga Pelajar
    • Seksi Sarana Prasana
  3. Bidang Pemuda
    Terdiri dari Seksi :
    • Seksi Pemberdayaan Kewirausahaan Pemuda
    • Seksi Pembinaan Organisasi Pemuda
    • Seksi Hubungan Antar Lembaga
  4. Kelompok Jabatan Fungsional (Pengawas Sekolah)
Gubernur Evaluasi Pejabat Isi Formasi SOTK Baru
-
Pascapenetapan Perda Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) beberapa waktu lalu itu, Gubernur Sumbar Gamawan Fauzi langsung mengambil ancang-ancang. Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengevaluasi pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)Untuk mengisi jabatan di Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41 tahun 2007 tentang Struktur Organisasi Perangkat Daerah. ”Kita akan melakukan evaluasi terhadap staf untuk mengisi formasi STOK nantinya. Apalagi sebanyak 281 jabatan akan hilang terutama untuk jabatan eselon IV. Artinya, perlu menyiapkan orang-orang yang terbaik,” kata Gubernur Sumbar kepada Padang Ekspres kemarin. Gubenur menilai  pejabat eselon II yang saat ini sudah memiliki jabatan, kinerjanya cukup bagus. Hal ini terlihat dari realisasi pencapaian program masing-masing SKPD tersebut telah sesuai dengan apa yang ditargetkan.
-
”Meskipun begitu, kita akan evaluasi lagi memilih yang terbaik dari yang terbaik. Karena ada pengurangan jabatan, maka terpaksa akan dilakukan non job. Tidak mungkin semua pejabat yang ada sekarang ini bisa ditampung,” kata Gubernur lagi. Dikatakannya, penggantian staf ini akan dilakukan setelah APBD perubahan. Saat ini pihaknya sedang menyusun matrik tindak lanjut Peraturan Daerah SOTK sesuai dengan PP 41 tahun 2007 tersebut. Matrik ini nantinya juga akan menyusun kewenangan sesuai dengan PP 38 yang pembagiannya harus dibagi dalam organisasi, sehingga tidak ada kewenangan yang bersisa.
-
”Kita juga akan membuat tugas pokok dan kewenangan setiap unit dan sub unit serta  uraian tugas. Ini kita akan susun dalam waktu tiga bulan ini,” kata Gubernur Sumbar. Dikatakan Gubernur, nantinya pengisian personil ini bisa kemungkinan digunakan pejabat yang ada sekarang ini. Namun tidak tertutup kemungkinan juga akan diambil di luar SKPD provinsi.
-
Tunjukkan Kinerja
-
Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Sumbar Mahyeldi Ansharullah, mengingatkan pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetap menunjukkan kinerjanya. Biar pun instansinya digabung atau dihilangkan sesuai dengan Perda SOTK tersebut. Sebaliknya, tetap tunjukkan kinerja sehingga bisa dipertimbangkan untuk dipakai dalam SOTK baru. ”Kita tentu tidak menginginkan pasca-penetapan Perda SOTK ini membuat kinerja sejumlah pejabat SKPD menurun. Mestinya sebaliknya, tetap tunjukkan kinerja, sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi gubernur untuk kembali dipilih,” terangnya. (Padek,Sabtu, 26 Januari 2008)
Responses

  1. Berangkat dari web yang saya buka hari ini, sekiranya tepat rasanya saya memberikan sedikit wacana mengenai motivasi serta penghargaan bagi guru pembimbing atau pelatih,yang telah memberikan / menambah perbendaharaan prestasi dalam lingkup pendidikan Sumatera barat hari ini.

    “HASIL(PRESTASI), adalah kristalisasi dari usaha panjang yang tidak kenal kata lelah,letih,materi,waktu,dan ruang. Ia adalah wujud yang tidak punya rasa meminta ,mnengemis untuk di hargai namun Ia akan luluh dan cair apabila tidak disikapi secara arif dan bijaksana.

  2. MASALAH PENDIDIKAN HARUS BERKACA,MENGAPA DAHULU PENDIDIKAN KITA LEBIH BAIK,ORANG LUAR SEKOLAH DINEGARA KITA,MENGAPA SEKARANG TIDAAAAKKK????????

  3. Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumbar.
    Dunia pendidikan Sumbar khususnya kota padang menjadi semakin amburadul dengan pelayanan PSB ON Line Kota Padang, yang kadang-kadang menimbulkan kecurigaan bagi masyarakat bahwa saat ini sepertinya dunia pendidikan lebih mengutamakan kepentingan financial daripada mutu. Tahun lalu PSB On Line sangat bagus, tapi saat ini sangat mengecewakan, termasuk juga pelayanan SMS ke 9600 dan 7890 tidak bisa diakses dan dikatakan operator tidak terdaftar. Mohon perhatian serius dari Bapak Kadis Pendidikan dan selidiki kenapa hal ini terjadi, apakan ada unsur tertentu yang sedang terjadi? Jangan sampai masyarakat melakukan tindakan anarkhis akibat kekecewaan yang terjadi. Siapa yang bertanggung jawab dalam hal ini ? Termia kasih

  4. Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Barat
    saya lisa, ingin menanyakan tentang kesempatan mendapatkan beasiswa untuk pendidikan Magister. saat ini, saya sedang melanjutkan pendidikan di Magister Kebidanan Unpad Bandung tahun ajaran 2009/2010 tapi saya belum PNS dan belum bisa fungsional kopertis karena ijazah D4 kebidanan saya tahun 2007 sedangkan untuk fungsional kopertis saat ini harus S2. jadi, saya ingin menanyakan kepada Bapak, apakah saya memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa? seandainya bisa, bagaimana caranya pak? terima kasih

  5. Yth, Bapak kepala dinas prov. sumbar
    saya lindrawati, ingin menanyakan informasi hasil seleksi magister S2 kerja sama diknas dengan UNP. kapan keluar pengumumannya pak?
    terima ksaih

  6. alah kalua, Lin. Lihat di Pasca sarjana unp.

  7. Yth. kepala dinas pendidikan sumatera barat

    saya mahasiswa unand yg hdup dlm keluarga yg sederhana, untuk itu saya mau brtanya
    apakah dinas pendidikan sumbar memiliki program beasiswa Rp. 5 mlyar/1000 mhasiswa?
    Soalnya propinsi jambi punya beasiswa itu.
    Hrap dblas ke email saya ya pak.
    Terima kasih

  8. pak diknas ?. saya peserta sertifikasi guru kuota 2008 kab. agam. kapan bapak bayarkan tunjangan kami, sedangkan daerah lain disumbar sudah menerima, kok kami kab agam , bukittinggi belum dibayarkan. sedangkan dananya sudah masukdari pusat{data PMPTK} kami sangat butuh pak, sampai sekarang masih tidur di tenda. kerena rumah tidak ada lagi.

  9. Kami sudah kunjungi web anda dan kami salut…..
    Kami ajak anda untuk kunjungi blog kami di http://pariwisatakaro.blogspot.com

  10. Saya adalah peserta sertifikasi guru th 2008 dan lulus murni. Tp smpai email ini ditulis 19/1 /2010 kok tunjangan sy belum dibayarkan kenapa apakah sy pakai rekening bamk BRI ??????????

  11. yth. bapak kepala dinas pendidikan

    saya ingin menanyakan program pertukaran mahasiswa, sperti ICYEP dan SSEAYP. Kpan akan dibuka pendaftrannya, pak???

  12. dinas pendi2kan sumbar sudah cukup bagus

  13. Saya Alumni TANNASDA IV. mohon informasinya kapan Tannasda Daerah khususnya Sumbar (Pemuda Sumbar)

  14. Awr bpk/ibk dinas pendidikan ythrmt,
    saya mau menanyakan informasi beasiswa untuk putra putri daerah sumbar yang melannjutkan pendidikan ke jenjang S1di kota padang ini??mohon informasinya…+_+

  15. kpan no kelulusan smp sumbar keluar???

  16. pak/buk saya seorang guru honor di SD, bisa ndak ikut beasiswa untuk S2, dan gimana caranya

  17. yth.bapak kepala dinas pendidikan, saya mau bertanya gimana sekolah yang di padang panjang itu??katanya kemaren mau dibuka…,,apakah jadi???terimakasih.

  18. bapak, saya fitriana, mahsiswa S1 teknik unand angkatan 2009 yang menerima beasiswa 17 jt kemaren….. berdasarkan informasi yg diterima disekolah saya kemaren, katanya beasiswa ini berlanjut dengan dibayarkan perbulannya..
    saya mau nanya pak,,,, bagaimana masalah ini sebenarnya????????

  19. Dinas pendidikan harus lebih membuka mata dan telinga untuk kemajuan mutu pendidikan… Prov sumbar khususnya, nasional umumnya,,, kami ada solusi untuk memajukan mutu pendidikan… !!!
    By.Artsof Corp

  20. pak/buk saya seorang guru di SMK 6 Padang, dan sekarang sedang melanjutkan studi S2 di UNP jurusan Manajemen Pendidikan Olahraga, saya mau tanya, apakah ada beasiswa dari dinas yang bisa saya dapatkan?

  21. bapak, hampir setahun yang lalu kami mengukuti TOT kepala TK se sumbar yang diadakan di bukittinggi dan padang tepatnya di bulan maret-mei 2010, menurut panitia sertifikat TOT akan dikirim ke dinas pendidikan masing-masing kota/kabupaten tapi sampai sekarang kenapa belum juga dikirim pak?

  22. aslmkm pak/ibuk.,daftar guru yang akan ikut pelatihan sertifikasi dapat dilihat dmn pak/buk?

  23. Pemberian Tunjangan khusus guru terisolir tahun 2011 setidak membuat sedih beberapa guru didaerah terisolir di Kecamatan Mapat Tunggul dan Mapat Tunggul selatan kab.Pasaman Provinsi sumbar,pasalnya berdasarkan info dari Dikjar kuota tahun ini berkurang sangat Signifikan dari tahun sebelumnya yang menyebabkan banyak guru yang menerima pada tahunsebelumnya tidak lagi bisa diajukan pada tahun ini,dengan alasan Dana yang tersedia tahun ini sangat terbatas,berbanding terbalik dengan pemberitaan yang selalu mengekspos peningkatan Anggaran pendidikan.jika ada Bapak dan ibu yaang punya info terbaru tentang Tunjangan khusus daerah Terisolir tolong dibagi infonya.Terima kasih.Wassalamualaikum W.w

  24. Bpk.Kep Dinas Pro Sumbar,kalau memang Sekoloah RSBI itu di tinggaktkan
    jangan jadikan sekolah negeri jadi milik pribadi melakukan pungutan tdk masuk akal,Lakukan lah test secara real dan murni,melalui PSB ONLINE,kan pemerintah sudah punya situs yg sangat mahal dan akurat,kenapa dilakukan juga test Interent,dengan alasan seleksi lebih sempurna kepintaran anak,itu bukan jamannya kami semua udah tau pak,selagi ada manusia yg bekerja itu tdk akan mulus,kecuali sistem program komputer

  25. assalamualaikum
    kepada kepala dinas pendidikan
    saya mahasiswa s1 d slah satu PTS di sumatera barat, saya ingin menanyakan info dan cara mendapatkan beasiswa bantuan operasional bagi mahasiswa yang dari keluarga kurang mampu, karena masih banyak yang menginginkan untuk mendapatkannya,
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  26. assalamualaikum..
    Saya seorang guru smk yang mengajar bidang studi olahraga Pak.
    mohon tanya Pak.. apakah ada kerjasama dinas dengan pasca sarjana unp untuk beasiswa S2 bagi kami Pak.
    mohon jawabannya.
    terima kasih

  27. Pak kADIS KAPAN DANA SERTIFIKASI GURU YANG TINGGAL DUA BULAN TAHUN 2010 MELALUI DANA DEKON DICAIRKAN

  28. assalamualaikum..pak KADIS, saya mau menanyakan tentang pengurusan surat pindah sekolah ( karena saya dapat informasi hal ini menyangkut dana BOS ), saya pindah dari solok ke bandung, dan di bandung saya diminta untuk mengurus surat ke dinas pendidikan di sumbar, sy telah pergi ke dinas pendidikan sumbar, dan jawabannya, bahwa kami tidak ada membuat surat, kami cuma bisa memberikan stempel (dinas ) saja, dan stempel pun diberikan dengan surat dari sekolah, yg sesampainya di bandung ternyata bukan surat itu maksudnya, saya jadi bingung apakah petugas bapak tidak ada yg tau tentang bagaimana proses pindah memindah sekolahan ( atau saya yang salah mengurusnya atau harusnya di dinas pendidikan padang ),,tolong pak saya juga tidak tau harus kemana ?, yang diminta adalah surat MUTASI sekolah, dan ada KODE Validasi, agar bisa didaftarkan ke dinas pendidikan prov.Bandung.
    terima kasih untuk bantuannya.
    ( dalam hal ini saya tidak menyalahkan siapapun, saya hanya meminta informasi )
    nb. anak saya pindah dari SDN, 17 ARO SOLOK ke SDN ARCAMANIK BANDUNG

  29. Assalamu’alaikum,
    Saya punya tulisan (buku) yang telah dipresentasikan di depan Dewan Juri dan berhasil Juara 1 dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Sumbar 2011; ‘OVEN KERAMIK Dengan Bahan Bakar SEKAM’,
    Murah, Mudah. Efektif, Efisien.
    Jika ada yang berminat menerbitkan dalam konteks pengayaan literatur pendidikan (Kriya Keramik) atau komersial, bisa hubungi saya.
    Wassalam,
    A d r i a

  30. Bpk Edison Kepala SMPN 2 Batusangkar Yang Terhormat

    Sanang kami punyo urang tuo bakarajo jadi guru di SMPN 2 Batusangkar. Karano baliau punyo Kapalo Sakola bijaksana. Urangnyo panyapo elok. Urangnyo parnah sakola ka Amerika. Mudah mudahan SMPN 2 Batusangka bisa maju.

    Cuma cieknyo nan paralu Bapak Edison ingek sabagai urang Minang, bisa mengharagai urang. Tarimolah kakurangan bapak-bapak kami. Kalau bapak kami tampak indak gagah, indak cadiak babicaro, kampungan panampilannyo…mambana jangan dihino beliau dalam karamaian- dimukom urang banyak. Baliau indak bisa protes. Baliau indak tau dengan internet kami anak anaknyo nan protes.

    Mohon bapak kami jangan dihino hino dimuko urang banyak. Moga moga Tuhan Allah Memberi patunjuak ka bakeh kito kasadonyo.
    Mohon maaf ambo

    Farida Elya
    Padang- Batusangkar

  31. sebagai orang minang asli,saya mengharap kan supaya Dinas pendidikan SUMBAR.agar memberikan krikulum kesenian daerah(minang)disekolah.
    tingkat TK,SD,SMP,SLTA dan perguruan tinggi..
    supaya kesenian atau budaya minang tidak tergeser budaya barat(asing)..smoga budaya indonesia khususnya budaya minang tdk hilang di telan jaman..

  32. asslkm pak kadis… sy guru smk di dharmasraya yang sudah mendapatkan beasiswa prov tahn 2010…
    mohon konfirmasi pak..kenapa beasiswa kerjasama dinas prov dengan unp untuk tahun 2012 ini tidak ada lagi untuk jurusan biologi??….krn ada teman guru sy yang mau ikutan ternyata di edaran tidk ada untuk jurusan biologi tahun ini… terima kasih

  33. saya sangat menyayangkan mengapa dinas pendidikan sediri tidak mau meng audit PKBM yang bermasalah seprti di tempat kami PKBM fitri solok

  34. web nya lossssss

  35. Yth.kepala dinas pendidikan sumbar
    2 tahun lalu telah berdiri SMP NEGERI 4 KOTO BALINGKA berketepatan di jorong Air runding, kec.koto balingka kab.pasaman barat. Nah sekarang Kenapa SMP nya tidak NEGERI lagi??? Padahal pada rapor siswa,pakaian sudah tertera SMPN 4 KOTO BALINGKA.siapa DALANG dibalik semua ini?

  36. Yth.kepala disnas pendidikan sumatera barat
    tahun 2008saya ikut LKS SMK tingkat nasional dimakassar bidang lomba nautica dan meraih mendali emas satu-satu nya untuk sumbar.saya agak kecewa dengan tidak ada pemperhatian dari pemerintah daerah,setelah itu .kami di biarkan begitu saja,tidak ada tanggapan .mohon pak ada solusi buat pemuda pemudi sumatera barat dalam berkarya.dan diberi dukungan dalam prestasinya apa lagi bisa membanggakan daerahnya. ,
    mohon maaf sebelum nya pak
    terima kasih

  37. Yth. Bapak Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Barat
    Bapak, saya seorang Pelajar SMK di daerah Painan, kalau saya boleh memberikan masukan ya pak, tolong ditingkatkan mutu pendidikan siswa siswi bapak, karena saya sendiri sebagai siswa, merasa bahwa pelajaran dan ilmu yang kami terima di sekolah tidak begitu baik pak, satu lagi pak untuk daerah yang bisa dikatakan jauh dari ibu kota provinsi seperti daerah saya ini mohon lebih diperhatikan dengan serius ya bapak, karena saya sendiri merasa siswa siswi daerah pessel kurang diperhatikan oleh pemerintah, padahal disana banyak siswa yang memiliki prestasi yang baik yang ingin mengembangkan bakatnya,tetapi tidak tahu untuk menyalurkannya bapak.
    Sebelumnya saya ucapkan maaf dan terima kasih pak, mohon ditindak lanjuti ya pak.
    Wassalam.

  38. bspsk kepala dinas yag terhormat, beasiswa pasca sarjana untuk jurusan matematika ada tidak untuk tahun ini?


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

