Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Mei 19, 2010

Kemdiknas Siapkan Beasiswa Bagi 200 Ribu Guru SD

Kemdiknas Siapkan Beasiswa Bagi 200 Ribu Guru SD

JPNN-JAKARTA- Wakil Menteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal, menyebutkan saat ini masih terdapat 900 ribu guru Sekolah Dasar (SD) yang belum memiliki ijazah Strata Satu (S1). Menurut Fasli Jalal, hal ini disebabkan oleh faktor kondisi wilayah di beberapa daerah yang kurang mendukung bagi para guru tersebut untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Untuk menggenjot peningkatan kualifikasi guru SD ini, pemerintah memutuskan akan memberikan beasiswa khusus untuk 200 ribu guru per tahunnya. Bantuan ini belum termasuk bantuan beasiswa dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota. Jika diakumulasikan, kemungkinan berjumlah sekitar 400 ribu guru yang akan mendapatkan beasiswa untuk mendapat gelar sarjana,” terang Fasli Jalal.

Fasli yang masih menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Menengah Tinggi (Dikti) ini menambahkan, apabila guru tersebut telah memiliki gelar sarjana, maka akan memudahkan guru untuk mengikuit uji sertifikasi. “Jika sudah lulus dan mengantongi ijazah S1, maka pemerintah secara otomatis akan memberikan tunjangan sama dengan satu kali gaji pokok pegawai negeri. Bahkan, jika guru tersebut mau mengajar di tempat terpencil maka selain tunjangan profesi bagi yang telah bersertifikat maka akan ditambah dengan gaji dan tunjangan khusus,” jelasnya.

Disinggung mengenai penyaluran tenaga pendidik dari pusat ke daerah, Fasli menerangkan, saat ini tenaga pengajar direncanakan oleh kabupaten/kota yang kemudian diverifikasi oleh provinsi. Selanjutnya, Kemdiknas akan melakukan pengecekan ulang mengenai kekurangan guru per mata pelajaran dan per lokasi di kabupaten/kota.

“Untuk saat ini, kita sudah punya data sementara, yakni kita kekurangan 774 ribu guru di pedalaman. Tetapi, juga ada kelebihan guru khususnya di daerah perkotaan,” sebutnya.

Berdasarkan data tersebut, lanjut Fasli, kabupaten/kota sebaiknya mengusulkan kekurangan gurunya ke tingkat provinsi. Data ini tentunya akan selalu di-upgrade setiap tahun oleh provinsi, yang kemudian diusulkan ke Menpan dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). “Nah, selanjutnya Menpan dan BKN akan mengundang Kemdiknas untuk membahas berapa sebenarnya kebutuhan guru, di mana lokasinya dan untuk mata pelajaran apa,” ujarnya dengan nada tanya.

Jika semua pemetaan telah terlaksana, lanjut Fasli, Kemdiknas bersama-sama dengan Menpan, BKN, Bappenas dan Depkeu akan melihat berapa kemampuan negara untuk menyiapkan formasi baru untuk guru.

Untuk diketahui, saat ini ada 1.092.912 guru atau 41,9 persen yang memiliki ijazah S1. Padahal, sesuai Undang-Undang (UU) No 14/2005 tentang Guru dan Dosen disebutkan bahwa guru harus memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1/D-IV) dan memiliki sertifikat pendidik melalui pendidikan profesi guru (PPG).

Selain itu, berdasarkan data Kemendiknas, saat ini ada 2.607.311 guru yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah itu, guru merupakan tamatan SMA sebanyak 535.601 orang (20,54 persen), lulusan D-I sebanyak 49.763 orang (1,90 persen), lulusan D-II sebanyak 790.030 orang (30,30 persen) dan lulusan D-III 121.327 orang (4,65 persen).

Sedangkan untuk guru lulusan sarjana (S-1) tercatat sebanyak 1.092.912 orang(41,91 persen), lulusan magister (S-2) 17.619 orang (0,67 persen), dan lulusan doktor (S-3) sebanyak 59 orang. (cha/jpnn)

About these ads

Responses

  1. Niat baik pemerintah untuk memberikan beasiswa pd guru SDhendaknya disambut baik, gunakan kesempatan belajar dan jg hanya mengejar titel SPd namun tidak sungguh sungguh,dan gunakan ilmu untuk mencerdaskan dan mendidik anak

  2. bagaimana cara dapetin beasiswa itu?
    pa aja syarat-syaratnya?

  3. apa tidak ada beasiswa untuk S2?

  4. saya ingin sekali mengajar didaerah terpencil, apa ad roling mengjar di daerah terpencil itu?

  5. bagaimana cara mendapatkannya

  6. saya sangat senang membaca info ini . berikutnya saya ingin info tentang beasiswa sekolah S2 bagi guru SD apa ada ? n bagaimana cara mendapatkan kesempatan itu. saya ingin sekali sekolah S2 tetapi terbentur besarnya biaya. terima kasih atas perhatiannya.

  7. terima kasih atas beasiswa untuk guru,,krn beasiswa tsb sy bisa S1…kapan ada beasiswa S2 untuk guru SD??Terima kasih

  8. Guru atupun pemangku pendidikan adalah garda depan dalam membangun karakter bangsa, tapi alangkah eronisnya ketika pelaku-pelaku tersebut tidak mencerminkan ahlakul karimah dari segi pelayanan maupun dalam pribadi kehidupanya sendiri.dari hal ini alangkah sebaiknya fungsi control yang dilakukan pemerintah (BAWASDA ataupun yag lain)lebih tajam/tegas terhadap pelaku karena selama ini fungsi tersebut tidak berjalan.

  9. assalamu’alaikum..

    lalu bagaimana cara mendapatkannya..??

  10. saya tidak sengaja jalan2 kedaerah transmigrasi di sulawesi barat. disini masih banyak tenaga kontrak guru yang telah mengabdi kurang lebih 5 tahun dengan sk kontrak daerah tetapi belum menjadi guru tetap. sedang sekolah tempat mereka mengajar berada jauh di pedesaan, kebanyakan dari guru ini strata d3 dan lulusan SMA. mereka ingin melanjutkan pendidikan di umur sekian tapi tidak mengerti prosedur mengurus beasiswa. sedang guru pegawai di kota sangat jarang ingin mengajar di pelosok. sedang pemerintah setempat tidak memberikan informasi secara terbuka. terima kasih atas tanggapannya.

  11. Sy seorang guru sd yg ingin mendapat beasiswa S1 bagaimana caranya?

  12. assalamualikum…
    banyak sekali beasiswa dimana-mana
    tapi saya tidak bisa mendapatkannya
    mungkin informasi bea siswa ini bisa membatu saya

  13. Asslkm Wr. Wb.
    Salam sejahtera untuk kita semua
    Saya Guru SD sudah 24 tahun, setelah mengikuti pelatihan guru ke Australia beberapa waktu lalu, jd termotivasi untuk melanjutkan kuliah di program pasca sarjana. Untuk mendapatkan Beasiswa ini bagaimana ya dan apa syaratnya ? Sy sangat membutuhkan informasi selanjutnya, Jika berkenan bisa email ke : marjukijuki68@rocketmail.com / 081382695607
    Terima kasih banyak sebeumnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 70 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: