Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Oktober 30, 2010

Disdik Sumbar: 10 Sekolah Rusak Berat

MUSIBAH MENTAWAI

Disdik Sumbar: 10 Sekolah Rusak Berat

Jumat, 29 Oktober 2010 | 13:20 WIB
 

KOMPAS/LUCKY PRANSISKA

Sejumlah bangunan di Kampung Bosuwa Desa Betumonga Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, hancur akibat gempa dan tsunami, Rabu (27/10/2010).

PADANG, KOMPAS.com – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Barat (Sumbar), mencatat sebanyak 10 sekolah di Kabupaten Kepulauan Mentawai dalam kondisi rusak parah akibat diguncang gempa berkekuatan 7,2 SR diiringi tsunami di daerah kepulauan tersebut Senin malam (25/10/2010) lalu. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Mentawai diharapkan segera mengambil langkah-langkah yang tepat untuk penanganan sekolah-sekolah yang rusak dan percepatan proses belajar mengajar pascagempa di kawasan itu.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur, di Padang, Jumat (29/10/2010), mengatakan, seluruh aktivitas bantuan kemanusian memang didahulukan terhadap evakuasi korban meninggal, luka-luka, dan sakit. Karenanya, kata dia, pelayanan bidang pendidikan khususnya untuk melaksanakan kembali proses belajar-mengajar tentu belum bisa dilakukan.”Sekarang Mentawai masih dalam masa tanggap darurat, sehingga Dinas Pendidikan baru mengirim tim ke Mentawai untuk melakukan pendataan lebih kongrit lagi tentang sekolah-sekolah yang rusak,” katanya.

Sekolah yang rusak, kata dia, jelas tidak bisa menggelar proses belajar-mengajar. Untuk itu perlu segera dibangun kelas darurat dan pusat pengendalian trauma untuk mengurangi tekanan psikologi agar anak tidak berlarut-larut mengalami guncangan jiwa akibat pascagempa.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumbar dari Posko Satkorlak PB Mentawai di Kecamatan Sikakap, tercatat sepuluh unit gedung sekolah rusak berat. Kerusakan itu terdiri dari sembilan unit gedung SD dan satu unit gedung SMP.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 71 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: