Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 1, 2007

Diklat BOS

PELATIHAN DAN PENATARAN INSTRUKTUR TIM MANAJEMEN BOS KABUPATEN/KOTA TAHUN 2007 TANGGAL 23 S.D. 26 MEl 2007 DI DENAI HOTEL BUKITTINGGI 

Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat melalui kegiatan PKPS-BBM BidangPendidikan tahun 2007 melaksanakan pelatihan dan penataran instruktur tim manajemen.

BOS Kabupaten/Kota se Sumatera Barat tanggal 23 s.d. 26 Mei 2007 di Denai Hotel Bukittinggi.  

Kegiatan ini bertujuan untuk: 1) mensosialisasikan arah kebijakan umum Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat dan kebijakan pembangunan pendidikan tahun 2007, 2) mensinkronkan dan menyelaraskan program-program kerja di tingkat propinsi dan Kabupaten/Kota, 3) peserta mampu mensosialisasikan dan mengimplementasikan hasil kesepakatan pelatihan pada kegiatan-kegiatan BOS dan BOS buku di Kabupaten/Kota dan di sekolah, dan 4) peserta mampu memberikan arahan, pengawasan dan pemantauan terhadap program BOS dan BOS buku. 

Peserta pelatihan adalah Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota, terdiri dan: Manajer, Seksi Pendataan, Pengawas Sekolah, Seksi Publikasi/Humas, Bawasda, Monitoring evaluasi/Pelaporan, dan Seksi BOS dan BOS buku. 

Hasil yang diharapkan dan pelatiban ini adalah:

  1. Kesepakatan pembagian tugas dan fungsi Tim Manajemen BOS tingkat Kabupaten/Kota dan sekolah,
  2. Program keija Tim Manajemen BOS di tingkat Kabupaten/Kota, sekolah sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing,
  3. Para peserta latihan dapat pula mensosialisasikan ke sekolah-sekolah di Kabupaten/Kota masing-masing, dan
  4. Para peserta masing-masing Kabupaten/Kota sesuai dengan tugas dan fungsinya dapat membuat Action Plan. Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat dalam arahannya pada pembukaan pelatihan ini secara resmi mengharapkan agar program BOS dapat memberikan kontribusi yang berarti dalam peningkatan akses dan perluasan kesempatan belajar bagi peserta didik pada tingkat pendidikan dasar.

Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota untuk dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan petunjuk/buku panduan BOS. Rambu-rambu yang harus dilaksanakan berkenaan dengan program BOS adalah:

  1. Menetapkan alokasi dana setiap sekolah,
  2. Melakukan sosialisasi dan pelatihan kepada sekolah penerima,
  3. Pendataan sekolah,
  4. Melakukan koordinasi dengan Tim Manajemen Propinsi,
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi,
  6. Melaporkan pelaksanaan program kepada Tim Manajemen Propinsi,
  7. Mengumpulkan data dan laporan dan sekolah,
  8. Mmberikan pelayanan dan penanganan pengaduan masyarakat,
  9. Bertanggung jawab terhadap kasus penyalahgunaan dana di tingkat KabupatenlKota, dan
  10. Melaporkan setiap kegiatan yang dilakukan kepada Tim Manajemen BOS Propinsi dan Instansi terkait. Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Barat mengharapkan dengan telah tersalurnya dana BOS Reguler periode Januari – Maret dan April – Juni 2007 dan dana BOS Buku ke rekening sekolah, Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota dapat mengawasi sekolah dalam mengelola dana BOS secara bertanggung jawab dan transparan. Sekolah harus mengumumkan komponen yang boleh dan tidak boleh didanai oleh BOS serta penggunaan dana BOS di sekolah menurut komponen dan besar dananya di papan pengumuman sekolah. 

Mudah-mudahan kegiatan pelatihan ini tidak hanya sebatas memahami konsep penyelenggaraan dana BOS, tetapi yang terpenting adalah bagaimana program ini terimplementasi dengan baik sehingga dapat mempercepat peningkatan akses dan pemerataan kesempatan belajar bagi anak usia sekolah tingkat pendidikan dasar dalam rangka meujudkan tuntas wajib belajar 9 tahun pada tahun 2008 yang akan datang. [Satgas KINFOD]

Iklan

Responses

  1. Pak, Ibuk Yth. kalau ibuk-bapak mengetahui tentang honor guru magang (guru honor), berapa besarnya?. soalnya adik saya sudah satu bulan honor di SMPN di Pesisir selatan, kata beliau dia belum dapat gaji/honor apa benar?. kalau ini benar setiap sekolah itukan dapat dana BOS. na ini apa gunanya? terimakasih atas jawabannya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: