Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 16, 2007

Diknas Sumbar Buka Pendaftaran Ujian Paket C

[Padang-MIOL] Dinas Pendidikan (Diknas) Sumatra Barat (Sumbar) membuka pendaftaran peserta ujian paket C bagi siswa SMA yang tidak lulus Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Pendaftaran peserta ujian peserta ujian Paket C tahap pertama itu dilaksanakan mulai 14 hingga 18 Juni 2007. Pendaftaran ujian Paket C tersebut dibuka di masing-masing dinas pendidikan kabupaten dan kota se-Sumbar.

”Siswa yang tidak lulus UN tahun ini dapat mendaftar di sekolah atau dinas pendidikan dengan membawa bukti nomor ujian. Pelaksanaan ujian Paket C gratis,” kata Kepala Seksi Pendidikan Luar Biasa Diknas Sumbar Joni Nurdin, Sabtu (16/6).

Menurutnya, Diknas Sumbar akan mendistribusikan soal ujian pada 18 Juni. Adapun ujian Paket C untuk jurusan IPS akan dilaksanakan pada 19 hingga 21 Juni, sedangkan ujian Paket C untuk jurusan IPA akan dilaksanakan pada 19 hingga 22 Juni.

Ujian Paket C untuk jurusan IPS akan mengujikan enam mata pelajaran, yakni Pendidikan Kewarganeraan, Bahasa Inggris, Sosiologi, Tata Negara, Bahasa Indonesia dan Ekonomi. Sementara ujian Paket C untuk jurusan IPA akan mengujikan tujuh mata pelajaran, Pendidikan Kewarganeraan, Bahasa Inggris, Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, Fisika dan Matematika.

Ia mengatakan, siswa dinyatakan lulus ujian jika memperoleh nilai rata-rata 5 untuk semua mata pelajaran dan tidak ada nilai di bawah 4,25 atau jumlah rata-rata 5,33 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan. Apabila salah satu mata pelajaran yang diujikan bernilai 4,00, tidak ada nilai mata pelajaran lainnya di bawah 4,00.

“Peserta yang tidak lulus ujian Paket C tahap pertama dapat mengukiti ujian Paket C tahap selanjutnya pada 6 hingga 8 November mendatang untuk jurusan IPS dan 6 hingga 9 November untuk jurusan IPA,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Sumbar, tahun ini tercatat 4.216 peserta pendidikan informal yang akan mengikuti ujian Paket C. Namun belum diketahui berapa jumlah peserta dari 3.695 siswa tingkat SMA, SMK dan MA yang tidak lulus UN 2007.[AA/OL-03]

Responses

  1. Mohon kirim informasi tentang paket c selengkapnya, trutama proses kbm utk kelas 1,2,3 trimakasih atas bantuannya.

  2. Tolong kirim informasi tentang biaya pendidikan komputer untuk paket C

  3. kapan diadakan ujian paket c di lubuk basung
    dan tempat pendaftaran dimana..?apa bisa untuk yg putus sekolah..?

  4. Kpn ujian paket c tahap II dharmasraya diadakan?APA aja persyaratannya?n apa bisa untk anak yg blm pernah melalui bangku sma sama sekali?mohon jwbnya.

  5. di mana pendaftaran paket c di kta solok & kapan akan di adakan ?

  6. kapan orang mulai pendaftaran PSB OL..?

  7. makasih atas bantuanya

  8. dngn ada paket .banyak anak2 yang tertolong.kadang mereka putus sekolah karena bandel,malas dll.tapi jika ada anak pintar yang pengen sekolah atau melanjutkannya,gmn????sedangkan mereka tidak punya biaya lagi.apa yang akan di lakukan oleh pihak sekolah atau pun pemerintah.untuk menanggulangi sdm dan pengangguran?????
    saya anak pintar di sekolah.baik di SDSLTA.tetapi waktu menduduki kelas2 semester 2.orang tua saya tidak sanggup lg untuk membiayai sekolah.sedangkan waktu itu saya tidak mendapatkan biaya siswa.siapa yang salah?saya atau pemerintah?

  9. saya tidak menyalahkan pemerintah atau presiden.yang saya sayangkan adalah orang2 pemerintahan,mulai dari gubernur,bupati,camat,wali nagari dlll.dana yang turun makin lama semakin sedikit.untuk apa memakan hak orang lain.toh gaji sudah di naikkan oleh pemerintah.apa itu gak cukup.mana bukti dari sumpah anda waktu di angkat????kemana otak anda???saya akan menghubungi presiden untuk mengecek keuangan tiap2 daerah dan sekolahan????

  10. biaya p[aket c sebenarnya hanya 50000.mengapa anda meminta 700000.coba anda bayangkan,jika itu terjadi pada diri anda?pa yang akan anda lakukan>?
    tolong anda bekerja dengan jujur,allah akan membalasnya di dunia dan akhirat.

  11. di mana bisa diliat daftar nama2 peserta paket c bulan nopember 2010 kemaran
    mohon mantuannya…!

  12. bapak apakah saya saat ini masih bisa mendaftar ujian paket C
    saya minta konfirmasi nya secepatr nya k no hp saya..
    sms or call : 083187754486

  13. saya membutuhkan informasi lengkap tentang ujian paket c ini, saya berada didierah pariaman, dmn saya harus mendaftar??? apakah sekarang msh dibuka pendaftaran tahap kedua??? karena saya kemaren terlambat mendapatkan informasi ttg paket c ini……….. saya sangat memerlukan infonya…………… tolong ya pak…………….. please kirimkan informasinya secepatnya..terima kasih…………:)

  14. saya membutuhkan informasi lengkap tentang ujian paket c ini, saya berada didierah pariaman, dmn saya harus mendaftar??? apakah sekarang msh dibuka pendaftaran tahap kedua??? karena saya kemaren terlambat mendapatkan informasi ttg paket c ini……….. saya sangat memerlukan infonya…………… tolong ya pak…………….. please kirimkan informasinya secepatnya..terima kasih…………:) saya membutuhkan informasi untuk paket C 2011 bKAN 2007

  15. mau tanya tempat mendaftar ujian paketC dikota padang

  16. saya sangat membutuhkn ujian paket c di solok,jadi tlg kpda bpak/ibu yg bersangkutan untk memberitahukn dmana tempat mendaftar dan berapa biaya yg dibutuhkn,?? Trim’s

  17. usia sy sdh 31 th bagaimana cara saya ikut paket c, dan apa saja persyaratanya…?

    • ass buk pak bisa kah saya mendaftar sekarang paket c mohon buk bapak tolong aku
      081947630464

  18. ass buk pak bisa kah saya mendaftar sekarang paket c mohon buk bapak tolong aku
    087895156420

  19. bagaimana caranya untuk mengurus paket C untuk daerah Batusangkar kab. tanah datar??? mohon infonya….. trima kasih

  20. kapan di adakannya ujian paket a,b,c di kampung kalawi kota padang khususnya,saya mav daftar saya pengen sekolah lagi

  21. tempat dan lokasi pendaftaran sekolah paket kota padang dimana ya.
    bantu info ya agan2 :D

  22. Pak,saya mau tanya untuk tahun ajaran 2016/2017 paket c nya kapan ya pak…mohon jawabannya


Tinggalkan Balasan

Kategori

