Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 21, 2007

Persentase Kelulusan UN SMP dan MTs Tingkat Sumbar Meningkat 1,99 %

Persentase kelulusan Ujian Nasional (UN) SMP dan sederajat di Sumbar mengalami peningkatan. Tahun 2006, siswa yang lulus sebanyak 64.967 peserta dari 69.866 siswa atau 92,99 persen. Tahun ini, siswa yang lulus mencapai 67.501 peserta dari 71.067 peserta atau 94,98 persen.

Dari 19 kabupaten/kota, ternyata Kota Solok menjadi daerah paling sedikit siswa yang tidak lulus. Hanya 0,16 persen dari 1251 peserta. Menyusul Pasaman Barat yang hanya 0,58 persen tidak lulus. Kemudian Kota Bukittinggi sebanyak 0,98 persen. Sedangkan Kota Padang sendiri berada urutan ke sembilan dengan jumlah siswa tidak lulus 4,55 persen.

Sedangkan tiga daerah yang paling banyak siswa tidak lulus yakni, Kabupaten Tanahdatar dengan 9,47 persen, menyusul Kota Padangpanjang yang mencapai 11,98 persen serta Kabupaten Solok Selatan sebanyak 20,77 persen.Jika di lihat dari jumlah rata-rata tiga mata pelajaran (Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia), Kota Bukittinggi berada pada urutan pertama dengan total nilai 23,88, menyusul Kota Solok dengan 23,62 dan Dhamasraya dengan nilai 21,72.

Sedangkan Kota Padang berada di urutan ke lima dengan nilai rata-rata 21,63.Sekolah terbaik UN, untuk SMP yakni SMPN 1 Padang, SMPN I Bukittinggi, SMPN 2 Padang.Untuk MTsN, diraih MTsN Padang, MTS S Thawalib dan MTsN Padangpanjang.Sedangkan untuk SMP terbuka diraih SMP terbuka Lubukbasung. SMPT 9 Dharmasraya dan SMP T Pantaicermin.“Kita sempat khawatir dengan daerah yang terkena gempa yang berdampak pada penurunan persentase kelulusan.Namun, untuk Kota Solok justru tidak terpengaruh,” kata Wakil Kepala Dinas Pendidikan Sumbar Jasrial kepada Padang Ekspres.

Menurutnya, terjadi peningkatan yang cukup signifikan terhadap kelulusan siswa SMP. Karena ada peningkatan dua persen dari tahun lalu. “Kita memberikan penghargaan yang besar kepada guru, siswa, orangtua dan kepala sekolah yang telah berupaya optimal untuk meningkatkan kelulusan,” kata Jasrial.Upaya ini, lanjut Jasrial tidak terlepas dari strategi yang telah dilakukan Sumbar. Mulai dari pelaksanaan pra UN yang digelar dua kali dan tambahan belajar untuk siswa.

Iklan

Responses

  1. Banggakah dengan hasil UN yang tinggi?
    http://awan965.wordpress.com/2007/06/21/banggakah-dengan-nilai-un-tinggi/

  2. gimana hasilnya nggak bagus,jika para siswa yang mengikuti UN diberi jawaban oleh guru pengawas, sehingga tingkat kelulusan siswa jadi tinggi dan daerah mendapat pujian… SMK Dhuafa adalah contoh konkrit … seharusnya para petinggi bidang pendidikan di sumbar harus mencari formula yang bagus, sehingga kita menghasilkan generasi muda yang pintar dan bisa mengungguli daerah lain, tapi kalau cara yang dilakukan tetap seperti ini, maka pertanyaannya, akan kita majukan sumbar ini, atau kita tenggelamkan ????

  3. kenapa sech????klo orang pada g jujur klo belajar ajah pada bolos2 semua n pada waktu uan semua ny pake nyediain kunci jawaban yang mereka tulis di hp mereka n meminta kunci pada guru yang dapat di mintai hasil jawaban uan ny males g ttuch!!!!!!!!!1

    pade g adil semua ne……….

    oarng bego’ nilai uan ny tinggi…..!!!!

    g adil semua ……….

    pade g jujur

    paan ne namany demokratis…….

    masa’ kelulusan ny pade g murni semua……

    masa’ anak yg bisa malah dapet ny tempat yg trebuang

    sedangkan ank yang pade bego’ n males2 skul ny di skul favorit……

    nyebelin……….

    pade g jujur semua…….

    tolong donk pemerintah memerhatikan.!!!

  4. sdn 05 sawahan nilai un nya kok 10 & 9 smua!!!!!!!!!gimana tuch cara ngajarnya?????

  5. saya sangat berharap semoga smp padang panjang lulus 100% dan dengan nilai yang baik dan memuaskan.

  6. Knpa y orang bnxk blg,klo g ngsi contekan wktu un,kta bkal g lu2s…gni y crax un slm nee.ap’n tuch…bkn na un tu nilai na hrus murni,,,??klo kyk gni kpan tercpta prsaingan generasi muda yg sehat hat hat…

  7. UN g ‘ murni
    kapan majunya indonesia…
    generasi mudanya g’ ….

    • bukan un yang gak murni, tapi memang harus begitu semua sekolah dan para guru menghadapi un ini, karna semakin tingginya tingkat kelulusan yang diberi pemerintah yag tidak sebanding dengan kualitas anak indonesia

  8. Gmana ya cranya mjdikn UN ini tnpa da ank nytek. Low mzh gni kpn mjunya indonesia. Kpd depdiknas tlng tngktkn kualts pnddikn mlai krng.

  9. jgn buruk sangka dulu donk!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ngk semua siswa yang ngk jujur……………..
    contohnya saja saya……………waktu un kemaren saya tdk liat bocoran…………masalahnya bocoran ngk sampai ke sekolah saya……jd jgn asal ngomong y……….tp sekarang doain saja saya lulus y…dan saya juga mndoakan agar km lulus………….

  10. asslamu’alaikum…

    pak apakah sekolah kami lulus 100%?????//

    kami berharap agar sekolah kami lulus 100%…

    amin……

    From: SMP N 4 KOTA SOLOK

  11. Ass, Bpk Kepala Dinas Pendidikan kota padang, apakah siswa smp pertiwi 2 padang lu2s 100%???
    kirim sms di nomor 085274636122!!! nomor ujian saya 14-114-090-7 kalau bapak udah tau kasih tau saya ya pak, trims!!!

  12. ass, bpk kepala dinas pendidikan kota padang saya mau nanya, apakah siswa smp pertiwi 2 padang lu2s 100%?? dan apakah saya lu2s pak?? kalau udah tau kirim sms ke nomor saya di 085274636122
    nomor ujian saya 14-114-090-7, Trims!!!

    Zacky

  13. ass,,

    Pak aPakaH sek0lah kami lu2s 100%….???????
    den9an nilai yan9 ckup memuaskan?

    kami berharap ank SMPN 2 Padang Panjang Lu2s 100%

    amiiiiiiin………

  14. mm
    mungkin kllusan smkn mningktt.
    tp kunci trz bredar,,
    bgaimn t?

  15. emg sih tingkat kllusn meningkat ….
    tp bgimn dng hasil nx…..? apkh itu dr pkrn sndr tw pkrn org lain………? wlupn mngkt itu tdk bs mnjmn kmjuan sdm d ngri ini………?????
    bgimn touw…..???????????

  16. nilai yang UN di dapat, sangat tidak murni, bahkan guru yang sebagai panutan, malah sengaja memberikan isi (KUNCI UN). walaupun tak semuanya betul, tpi 80% adalah BENAR.
    Pokoknya, UN 2009, sudah GAGALL.
    orang yang rajin, malah dapat nilai 32.25,
    orang bloon, yang kerjanya hanya cabut, malah dapat nilai 37,25.

  17. sangat menyedihkan, psn tuk para guru dan kepsek. jgn bangga dgn tingginya angka kelulusan tp lbh lhtlah sbrpa bagus kualitas yg d hasilkan. gmn kualitas bs bgs klo gurunya sendiri bobrok membocorkan jwbn pd mrdnya khan sm jg melegalkan murid nyontek. tdk kah terpikir oleh oknum guru mental anak2 yg nilainya bgs sblm uan mlh lbh rndah sm mrd yg plg bego, namun krn d beri kunci jawaban mlh lbh tinggi. semoga nilai un tdk mnjdi patokan untuk mlanjtkn penddkn bg anak2 kt, tp dilakukan dgn test tertulis shgga sekolah dpt mrd2 berkualitas bkn mrd2 nyontek ala didikan oknum guru bobrok spt itu.

  18. IYA NIH KAPAN MAU MAJU NYA NEGARA INI..??

  19. menurut saya indonesia ini takkan maju coz generasi dan guru2 hanya mementingkan kelulusan saja.indonesia bisa maju jika guru,siswa dan pemerintahan bisa bersikap jujur.

  20. menurut saya alangkah baiknya kalau muridnya kerja sendiri sendiri saja dan kalau ada siswa yang mencontek atau yang memberi contekan dikeluarkan saja dari sekolah yang bersangkutan. jadi kalau semua sekolah menerapkan seperti ini maka insyaallah indonesia akan maju dan muridnya akan tambah rajin belajar dan banyak menambah wawasannya.

  21. smp pembangunan lab.unp apakah hasil kelulusannya memuaskan pak

  22. pak apakah saya lulus 100% smp pgri 1 padang dan saya no. ujian 01-101-118-3
    lau saya lulus sms ke 083182791527
    trims

  23. sekolahsmpsangatmeyenangkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: