Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 23, 2007

SMK Kakao akan di dirikan di Pariaman

SMK Kakao akan dirikan di Pariaman

Departemen Perindustrian akan membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kakao di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatra Barat, tahun depan. bekerja sama dengan pemerintah setempat, SMK Kakao memakan biaya sekitar Rp 8 miliar.

Keberadaan SMK Kakao tersebut nantinya untuk mendukung program pengembangan kakao sebagai komoditi unggulan di kabupaten itu. Rencananya, sekolah itu akan ditempatkan di SMA 1 Enam Lingkung, Pariaman.

“Diharapkan, pada tahun ajaran 2008, SMK Kakao ini sudah dapat menerima siswa baru,” ujar Kepala Biro Perencanaan Departemen Perindustrian, Dedi Mulyadi, saat meninjau SMA 1 Enam Lingkung, Sabtu (23/6).

SMK itu nantinya dilengkapi berbagai peralatan mekanisasi pertanian, misalnya alat pengolahan biji kakao. Karena itu, Departemen Perindustrian meminta pemerintah setempat segera menyiapkan tenaga pengajar, yang selanjutnya akan dibekali di Pusat Pendidikan dan Latihan Kopi dan Kakao Indonesia, di Jember, Jawa Timur.

Menurut Wakil Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni, saat ini luas kebun kakao di Padang Pariaman sudah mencapai 5.000 hektare (ha). Pada 2010 ditargetkan luas kebun kakao mencapai 20.000 ha.

“Dengan adanya sekolah ini, kami mengharapkan lahir tenaga-tenaga profesional yang mampu mengembangkan kakao sebagai komoditi unggulan di daerah ini,” ujarnya. (Miol-23/06/2007).

Iklan

Responses

  1. Mestinnya dikaji dulu. Seberapa jauh kebutuhannya. Pengembangan sebuah daerah menjadi sebuah sentra saya pikir tak cukup hanya menyediakan sebuah sekolah. Tak perlu sekolah khusus. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan, mengratiskan sehingga kaum miskin bisa sekolah dengan baik hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk rencana sentra cukup dikembangkan diklat-diklat atau kursus-kursus aja. Untuk manajemen dan lain-lainnya cukup ambil dari Universitas yang ada. Janganlah membuat proyek atas nama pendidikan tetapi pendidikan yang sebenarnya tak tertangani dengan baik.

    dari rantau:
    Erlinus Thahar
    Fahmina Institutr
    Jalan Suratno 37
    Kota Cirebon

  2. Membangun atau mendirikan suatu lembaga pendidikan sejauh ini merupakan langkah yang sangat baik dan terpuji jika memilki target dan tujuan yang jelas,dlam artian capaian seperti apa nantinya yang akan diperoleh. Hal ini dikarenakan menyangkut penyebaran ilmu pengetahuan untuk khalayak banyak. Namun menurut saya tidak ada salahnya jika mencoba berpandangan lebih jauh kedepan. Tidak hanya memberikan manfaat bagi pelajar tapi juga bagi masyrakat secara umum. Bukan tidak mungkin dengan adanya SMK Kakao ini bisa membantu kehidupan masyrakat disekitarnya, khususnya petani kakao itu sendiri. Dalam pemikiran saya SMK Kakao ini akan memberikan pengetahuan tentang kakao secara keseluruhan baik dalam budidaya atau pengolahan kakao itu sendiri menjadi produk baik itu produk primer ataupun produk sekunder. Dengan adanya sekolah ini mungkin nantinya bisa mentransfer ilmu pengetahuannya kepada masyarakat khususnya petani kakao tentang budidaya kakao. Dan juga tidak menutup kemungkinan sekolah ini nanti kedepannya juga mampu mengembangkan usaha pengolahan kakao itu sendiri walaupun dimulai dari skala kecil. secara tidak langsung usaha ini akan menyerap bahan baku dari perkebunan rakyat juga dan juga akan menyerap tenaga kerja. tapi catatan penting yang harus diingat adalah kalaupun nanti mampu mngembangkan usaha pengolahan kakao jangan sampai melupakan tujuan utama dari pembangunan SMK itu sendiri.

    Sukses Selalu untuk pembangunan Piaman laweh.
    Rang Rantau
    Novrinaldi
    B2P TTG-LIPI
    Subang, Jawa Barat

  3. sekolahsmptalusangatmenyenagkan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: