Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 16, 2007

Depdiknas Bentuk Konsorsium Sertifikasi Guru

Depdiknas Bentuk Konsorsium Sertifikasi Guru

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Kepmendiknas) Nomor 056/P/2007 tentang pembentukan Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). KSG bertugas merumuskan standardisasi proses dan hasil sertifikasi guru.

Jakarta, Senin (13 Agustus 2007) – Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mengeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional (Kepmendiknas) Nomor 056/P/2007 tentang pembentukan Konsorsium Sertifikasi Guru (KSG). KSG bertugas merumuskan standardisasi proses dan hasil sertifikasi guru, serta melaksanakan harmonisasi dan sinkronisasi kebijakan sertifikasi guru.
  
Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMPTK) Fasli Jalal menjelaskan keanggotaan KSG melibatkan unsur Dikti, PMPTK, wakil dari PTN, PTS, universitas eks IKIP dan Departemen Agama. “Konsorsium menjadi governing board untuk  mengawasi, mengontrol, dan melakukan pembuatan kebijakan agar proses sertifikasi berjalan dengan baik, transparan, akuntabel dan cost efficient,” kata Fasli pada acara Koordinasi Penyelenggaraan Sertifikasi Guru dalam Jabatan, di Depdiknas Jakarta kemarin (12/8).
  
Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Tujuannya untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran, meningkatkan profesionalisme guru, serta mengangkat harkat dan martabat guru. Proses sertifikasi dilaksanakan oleh perguruan tinggi yang memiliki program pengadaan tenaga kependidikan yang terakreditasi dan ditetapkan oleh pemerintah.
  
Aktivitas KSG lainnya adalah melakukan koordinasi antara Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Penyelenggara, LPTK dengan Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota, dan LPTK dengan KSG. KSG juga melaksanakan monitoring dan evaluasi serta merumuskan rekomendasi dalam rangka pengendalian proses dan hasil sertifikasi guru.
  
Tahun ini, sebanyak 200.450 guru kelas dan guru mata pelajaran untuk semua jenjang pendidikan baik PNS dan non PNS akan disertifikasi. “Mereka terdiri dari 20.000 guru yang sudah di daftarkan pada tahun 2006 dan 180.450 guru yang didaftar pada tahun 2007,” jelas Fasli. Kuota peserta dari berbagai kabupaten/kota ditetapkan sejak awal tahun dan telah dilakukan sosialisasi tatacara uji sertifikasi. Targetnya, guru yang sudah mendapat sertifikat pendidik akan mendapatkan tunjangan profesi mulai Oktober 2007.
  
Permendiknas Nomor 18 Tahun 2007 menyatakan sertifikasi guru dalam jabatan dilaksanakan melalui uji kompetensi dalam bentuk penilaian portofolio. Portofolio adalah bukti fisik (dokumen) yang menggambarkan pengalaman berkarya/prestasi yang dicapai dalam menjalankan tugas profesi sebagai guru dalam interval waktu tertentu. “Semua guru yang sudah ditetapkan dalam kuota, mengumpulkan data-data dirinya dalam portofolio, termasuk semua dokumen yang berhubungan dengan kualifikasinya, pengalaman,pendidikan,dan pelatihan,” kata Fasli.
  
Lebih lanjut, Fasli menjelaskan terdapat 10 komponen portofolio yang meliputi (1) kualifikasi akademik, (2) pendidikan dan pelatihan, (3) pengalaman mengajar, (4) perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, (5) penilaian dari atasan dan pengawas, (6) prestasi akademik, (7) karya pengembangan profesi, (8) keikutsertaan dalam forum ilmiah, (9) pengalaman organisasi dibidang kependidikan dan sosial, dan (10) penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan. Informasi selengkapnya mengenai sertifikasi guru dapat diakses melalui http://www.sertifikasiguru.org atau menghubungi Direktorat Profesi Pendidik, Ditjen PMPTK dengan nomor telpon 021 75913561.***

http://www.setjen.depdiknas.go.id

Iklan

Responses

  1. Menyikapi hasil sertifikasi guru 2006 dan 2007, dimana mereka yang belum memenuhi nilai kumulatif minimal 850 diberikan jalan keluar melalui Diklat Profesional.
    Diipertanyakan oleh banyak guru yang usia 50+ tahun dan masa kerja 20+ tahun, tetapi kurang beruntung dalam proses perekrutan kandidat peserta oleh Kantor Dinas Pendidikan Kab/Kota: “apakah mereka yang usia di bawah 35 tahun dengan masa kerja kurang dari 10 tahun termasuk yang ikut diklat profesi dan dijamin 80% lulus?” Komentar mereka yang jealous: PMPTK Depdiknas harus tegas membatasi usia dan masa kerja guru yang layak ikut sertifikasi.

    Terima kasih
    Guru SMAN 1 Ciparay
    Kab. Bandung

  2. kapan hasil sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2007 akan keluar?

  3. sharusnya sertifikasidi tujukan kepada guru yang masa kerjanya sudah lama…karena tdk adil yang sdah mempunyai masa kerja di atas 20 thn ketika sertifikasi bersamaan dng yg masa kerjanya 10 thn.sebaiknya sertifikasi di berikan secara otomatis baagi guru yg sudah memiliki masa kerja tertentu.misalnya ketika seorang guru dengan masa kerja 25 thn,otomatis akan tersertifikasi.terima kasih mohon tanggapan

  4. saya ingin bertanya, ayah saya sudah mengikuti ujian setifikasi tahun 2006, dan ayah saya sudah lulus dengan nilai yang baik, tapi sampai sekarang kenapa uang sertifikasi tersebut belum cair hingga sekarang, ayah saya ingin bertanya dimana beliau dapat mengetahui informasi tentang pencairan data tersebut, mohon bantuannya jika ada yang mengetahui mohon responder saya ini dibalas segara, anda bisa mengirim melalui email saya di alfa_imura@yahoo.com atau hubungi no. tlp. ini 031 71621619 atau 031 8410417 dengan bapak sauqi

  5. Mohon penjelasan, kapan keluar pengumuman hasil seleksi forto folio untuk Sertifikasi Guru tahun 2007, yang dikirim sekitar bulan Maret 2008

  6. Kapan hasil sertifikasi guru 2008 diumumkan?

  7. kapan pengumuman penilaian sertifikasi guru tahun 2008

  8. sumpah pemuda merupakan momentum yang baik untuk kita (guru) berjuang mendapatkan hidup layak da APBN 20%.

  9. kapan hasil sertifikasi 2008 bagi guru diumumkan, terlalu lama untuk melihat hasil yang diperiksa, mohon efisiensi dan efektifitasnya dalam bekerja diperbaiki lagi

  10. Kelulusan portofolio a.n.sdri. Umroh Aeni, guru smp negeri 3 kersana, brebes, jateng menjadi tanda tanya besar bagi rekan2 seangkatan. Mohon perhatian pihak terkait.

  11. Kelulusan portofolio kuota 2008 a.n.sdri. Umroh Aeni, guru smp negeri 3 kersana, brebes, jateng menjadi tanda tanya besar bagi rekan2 seangkatan. Mohon perhatian pihak terkait.

  12. sebenarnya yah kalo difikir2 ga niat banget sie pemerintah meningkatkan taraf hidup seorang guru yang jasanya luar biasa. Kalo emang pemerintah berniat untuk mensejahterakan guru, dari dulu donk pemerintah memberikan hal itu. Kalo berbicara motivasi seharusnya dari dulu, bukannya membuat para guru itu nasibnya tak menentu dulu….. sertifikasi itu bikin repot dan membuat para guru ga sehat dalam mengajar dan mendidik.

    salam untuk guru2 SMAN 1 CIPARAY

    Aku CUPI adalah murid yang senentiasa mendoakan para guruku disana supaya tidak termotivasi dengan sertifikasi ini dalam mengajar, tapi memang berniat untuk ibadah dalam hal memberikan ilmu,,,dan semoga ilmu yang diberikan tidak hanya sebatas teori tapi dapat diamalkan…kalo konsep Islam kan gitu hehehe

  13. saya ingin validasi data peserta sertifikasi guru dalam jabatan kuota 2008 rayon 10 jawa barat melalui Email

  14. Sertifikasi guru agama boleh saja dinilai oleh LPTK STAIN atau UIN Bandung untuk Rayon X tetapi pengusulan pencairan dtunjangan propesi guru nip.13 sebaiknya diurus oleh Diknas sehingga tidak ada kesenjangan dalam mengurus pencairan tunjangan propesi antara guru umum dan guru agama NIP. 13

  15. apakah masih ada sertifikasi jalur pendidikan pada tahun 2009. mohon bantuan informasinya. atas bantuannya diucapakan terima kasih.

  16. terima kasih kepada pemerintah melalui depdiknas, dg pelaksanaan program sertifikasi guru dan dosen kami berharap dapat meningkatkan profesional guru dan kesejahteraan guru dosen di indonesia, sehingga peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan mutu thd masyarakat dpt terwujud.

  17. terima kasih kepada pemerintah melalui depdiknas, dg pelaksanaan program sertifikasi guru dan dosen kami berharap dapat meningkatkan profesional guru dan kesejahteraan guru dosen di indonesia, sehingga peningkatan mutu pendidikan dan pelayanan mutu thd masyarakat dpt terwujud.

    Saya ingin menanyakan mengapa GTT di negeri yang sudah lulus disertifikasi per tahun 2009 harus mengajar disekolah swasta untuk inpassingnya padahal di sekolah negeri tersebut jam mengajarnya sudah lebih dari 24 jam, katanya kalau prosedurnya tidak demikian maka tunj. fungsionalnya tidak akan diberikan. jadi harus ada sk dari sekolah swasta. Mohon Kebijakannya & kejelasnya. Terima kasih

  18. Setifikat Sk sudah keluar/turun untuk tahun 2008, tapi ko’ banyak terdapat kesalahan dalam penulisan nama dan gelar? apa yang harus saya lakukan?, Terima kasih. Guru SLB-B/YKDW Tangerang Banten

  19. Saya ingin menanyakan, berapa kuota Sertifikasi untuk guru SLB Banten pada tahgunh 2009 ini?

  20. wah, yg ngirim eletter komplain si Umroh A koq banyak. berarti jadi kasus besar donk harusnya. semoga tunjangan yg diterima dia tidak akan memberi berkah dunia akhirat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: