Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 24, 2007

Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar

UPTD BALAI TEKNOLOGI KOMUNIKASI PENDIDIKAN (BALTEkKOMDIK) PROP. SUMBAR SELENGGARAKAN PELATIHAN PEMANFAATAN  DAN  PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ICT BAGI GURU SMA/MA SEDERAJAT

UPTD Balai Teknologi Komunikasi Pendidikan, sebagai salah satu unit pelaksana teknis Dinas Pendidikan Prop. Sumatera Barat yang salahsatu tugasnya adalah mengembangkan penggunaan teknologi komunikasi di dalam pembelajaran di sekolah, baik sebagai media pembelajaran di dalam kelas maupun sebagai media pembelajaran mandiri dan jarak jauh atau yang sering disebut dengan e-learning.

Melalui dukungan dana “blockgrand” Pustekkom Depdiknas RI, UPTD Baltekkomdik Prop. Sumatera Barat akan melakukan Pelatihan Pemanfaatan dan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ICT bagi Guru SMA/MA sederajat se Sumatera Barat. Pelatihan ini diselenggarakan melalui dua angkatan, masing-masing angkatan akan diikuti sebanyak 20 orang guru. InsyaAllah angkatan pertama akan dibuka hari Selasa tanggal 28 Agustus 2007 dan akan dilaksanakan sampai dengan tanggal 1 September 2007. Sedangkan angkatan kedua akan dilaksanakan tanggal 4 sd 8 September 2007. Pelatihan ini untuk kedua angkatannya dilaksanakan atau bertempat di MAN 1 (MAN Model) Bukittinggi.

Drs. Yunirwan, M.Pd Kepala UPTD Baltekkomdik menyampaikan bahwa dengan telah terlaksananya pelatihan ini diharapkan kemampuan guru untuk dapat :

  1. Mengintegrasikan ICT ke dalam pembelejaran.
  2. Dapat memenfaatkan Internet untuk pembelajaran.
  3. Menyusun strategi pembelajaran dan lesson plan berbasis ICT
  4. Menulis naskah untuk media presentasi.
  5. Membuat bahan presentasi untuk pembelajaran baik yang sederhanan maupun yang lebih kompleks (termasuk animasi di dalamnya).

Materi pelatihan yang diberikan terdiri dati teori dan praktek masing-masing berjumlah 24 jam sehingga jumlah jam pelatihan adalah sebanyak 48 jam, lanjut Pak Oyong, panggilan sehari-hari dari Drs. Yunirwan, M.Pd Kepala Baltekkomdik Prop. Sumatera Barat yang di dampingi oleh Drs. Ibrahim salah seorang pejabat esselon IV di UPTD Baltekkomdik Prop. Sumbar. [Kinfod]

Iklan

Responses

  1. Pak beritanya koq baru sebatas di kota Padang saja, Kabupaten dan Kota lain kapan ya pak ? Kami juga ingin mengikuti palatihan ini

  2. Pak Baharuddin Yth.
    Pelatihan tersebut diatas adalah untuk sebanyak 40 orang guru SMA dan MA sederajat se Sumatera Barat, jadi bukan untuk Kota Padang saja.

    Karena dananya terbatas untuk pertahunnya tentunya pesertanya juga terbatas, adapun pengiriman peserta dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kab/Kota ybs. Sesuai jumlah kuota yang ditentukan untuk masing-masing Kab/Kota.

    Terima kasih atas respon Bapak.

    Wassalam
    Redaksi

  3. ass. bagaimana ketentuan untuk dapat mendaftar menjadi peserta pelatihan pengembangan bahan ajar. wassalam

  4. Pak Agus Rindo Yth.

    Kalau kami tidak salah, peserta pelatihan-pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Propinsi adalah berdasarkan pengiriman dari Dinas Pendidikan Kab/Kota ybs berdasarkan informasi atau surat permintaan yang dikirimkan oleh Dinas Pendidikan Prop. Sumbar kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota melalui Bupati/Wali Kota ybs.

    Wassalam,
    Redaksi

  5. menurut saya web ini masih banyak kekurangan, usul saya bagaimana kalau web ini di buat librarynya, yang mana semua informasi yang berhubungan tentang pendidikan bisa di cari para user di sana, dan kalau bisa tambah juga dengan search engine biar gampang dalam pencarian data. salam saya Oki Darma Guru SDn 01 Tanah Garam Kota Solok

  6. Pak Oki Darma Yth,

    Terima kasih atas penilian Pak Guru atas website ini. Tidak salah penilai Bapak bahwa situs ini belum pantas disebut website remi Dinas Pendidikan Prop. Sumbar karena website ini adalah sebuah blog gratis dari WORDPRESS.COM, jadi kita hanya mempergunakan fasilitas yang disediakan oleh WORDPRESS.COM.

    Mudahan-mudahan TIM ICT Diknas Sumbar berhasil membangun website Resmi Dinas Pendidikan Prop. Sumbar, semoga kita doakan, amiin ya rabbal alamiin

    Wassalam,
    Redaksi

  7. assalamualaikum.
    terima kasih atas balasan e-mail saya terdahulu. Saya sangat kecewa dengan cara sepeti ini birokrasinya pak. saya tak tau upaya apa yang dapat saya lakukan. Nampaknya bagi saya sekarang kita harus jemput bola.jika itu kita lakukan selalu saja bolanya terus sudah bergulir ke yang lain. apa tidak ada pemberitahuan ke sekolah-sekolah. Jika benar terbatas lakukan lah secara adil kapan perlu di seleksi untuk merebutkan koutanya. mohon saran dari bapak, saya memang sangat menharapkan pelatihan -pelatihan berbasih IT seperti ini mohon maaf-terimakasih.

  8. Waalaikumussalam, wr. wbr.
    Pak Rindo Yth.

    Kami maklumi kekecewaan Pak Rindo, sebab sejak otonomi daerah Dinas Pendidikan Propinsi tidak mempunyai akses langsung kesekolah, karena yang berwenang siapa yang mau dikirim atau apa indikator perioritas untuk peserta pelatihan sepenuhnya adalah wewenang Bupati/Wali Kota cq Dinas Pendidikan Kab/Kota.

    Wassalam.
    Redaksi

  9. Assalamu’alaikum wa rahatullahi wa barakatuh
    Salam perkenalan. Saya Ariasdi, staf pengajar di SMAN 1 X Koto Singkarak – Kab.Solok, peraih medali perak terbaik, pembuatan Software Pembelajaran Mandiri (SPM) tingkat Nasional 2006 yang diadakan oleh Depdiknas. Senang sekali ada situs e-Newsletter yang langsung menjurus ke pemecahan masalah metoda didaktik untuk masa yang akan datang, menjawab tantangan kemajuan IT di bidang pendidikan Nasional pada umumnya dan Sumatera Barat pada khususnya. Mudah-mudahan saya diundang sebagai peserta pelatihan pengembangan bahan ajar yang sedang berlangsung ini, entah untuk gelombang ke berapa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wa Rahmatullahi wa Barakatuh.

  10. Waalaikumussalam, wr. wbr.

    Pak Ariasdi Yth.
    Menurut hemat kami Pak Ariasdi diundang bukan lagi sebagai peserta pelatihan, tetapi adalah sebagai narasumber atau instruktur, saya akan coba mengusulkannya sama Pak Oyong (Pak Drs. Yunirwan, M.Pd. Ka. Baltekkomdik Prop. Sumatera Barat) untuk mengundang atau melibatkan Pak Ariasdi sebagai narasumber/instruktur pelatihan pemanfaatan dan pengembangan bahan ajar berbasisi ICT untuk angkatan kedua atau paling tidak untuk tahun depan.

    Pak Ariasdi, kami di Dinas Pendidikan Prop. Sumbar membangun media komunikasi interaktif di internet berupa maling list, ada tiga malinglist, yaitu :

    (1) Mailinglist PakGuruOnLine [bukan hanya untuk Pak Guru saja tapi ibuk guru juga di harapkan untuk dpt bergabung], url : http://groups.yahoo.com/group/pakguruonline/

    (2) Mailinglist APSI-Sumbar, khusus untuk para guru, pengawas kab/kota dan propinsi yang masih dinas (belum pensiun), dalam rangka diskusi permasalahan dinas. url : http://groups.yahoo.com/group/apsi_sumbar/

    (3) Mailinglist Tim ICT Diknas Sumbar, dimaksudkan sebagai media diskusi tentang ICT, seperti teknik komputer dan jaringan, serta website dan pengembangan media pembelajaran berbasis ICT, url : http://tech.groups.yahoo.com/group/tim_ict_sumbar/

    Kiranya kalau Pak Ariasdi tidak berkeberatan, kami harapkan sangat untuk bergabung di mailinglist tersebut daiatas terutama sekali di Mailinglist Tim ICT, sebagai nara sumber bagi kami khusus dalam pengembangan bahan ajar berbasis ICT.

    Demikianlah respon kami, atas perhatian dan perkenan Pak Ariasdi, terlebih dahulu kami ucapkan terima kasih.

    Wassalam,
    Moderator

  11. kenalkan saya pendatang baru..mau saran bagaimana kalau di buat kolom tersendiri yg isinya adalah bahan ajar dari berbagai mata pelajaran dan bisa di download oleh siapapun serta dibuat oleh guru guru yang berkenan…membuat dan mengupload nya..

  12. Yth Ibuk Mariana, Guru SMUN 1 Tarakan Kalimantan Timur, Terima kasih atas respon serta sarannya.

    Untuk diketahui keberadaan dari situs kami ini baru dalam rangka memberikan informasi singkat kegiatan dilingkungan Dinas Pendidikan Prop. Sumatera Barat. Saran yang bagus dari ibuk akan kami usulkan kepada Tim ICT Dinas Pendidikan Prop. Sumbar untuk ditindaklanjuti. Sehingga SDM beserta Konsultan ICT dan fasilitas ICT yang telah disediakan oleh Depdiknas (pusat) dapat bermanfaat bagi para guru serta bagi masyarakat yang membutuhkan informasi.

    Oo.. ya, kami telah kunjungi website ibuk [ http://senduku.org ] bagus dan menarik sekali, semoga para guru-guru di Sumatera Barat terpicu dan dapat mengikuti langkah Ibuk untuk membuat website pribadi seperti website Ibuk. Sehingga anak didik akan dapat mendownload sendiri bahan-bahan ajar yang mereka butuhkan.

    Selamat Ibuk Mariana, semoga sukses selalu.

    Wassalam,
    Dwn Redaksi.

  13. Sekadar informasi, bagi bapak dan ibuk guru yang ingin mendapatkan bahan ajar berbasis ICT (audio dan vidio) dapat melihat/mendownload di situs : http://media.jardiknas.org/

    Situs media jardiknas tersebut diatas juga mengharapkan bapak dan ibuk guru yang telah mampu membuat/telah mempunyai bahan ajar dalam bentuk atau berbasis ICT (audio dan vidio) untuk dapat meuploadnya disitus tersebut dalam rangka sharing.

    Wassalam.

  14. Terima kasih buat dewan redaksi web.saya masih banyak kekurangan nya tapi saya akan terus belajar demi kesempurnaan web.senduku..oh iya buat teman teman guru yang berminat membuat bahan ajar saya banyak program yang bagus yang bisa menunjang pembuatan bahan ajar agar tampilannya lebih menarik…saya juga menjual paket hosting murah juga menerima desain web. kalo berminat bisa email saya…

    terima kasih..

  15. Hallo, Bapak-bapak dan Ibu-ibu guru, boleh gabung dong di sini. Saya tetangganya Pak Ariasdi (tetangga propinsi). Saya senang guru-guru kita bisa mengikuti perkembangan teknologi.

  16. Hallo juga Pak Ahmad Syukri

    Merupakan kebanggaan bagi kami di Sumatera Barat Bapak Ahmad Syukri sebagai Guru TIK SMA Negeri 1 Siabu Mandailing Natal, Sumatera Utara mau bergabung dengan kami di Sumatera Barat.

    Wassalam,
    Redaksi.

  17. Pak Ahmad Syukri yang terhormat,

    Saya berbahagia sekali Pak Syukri (Lubis) ikut serta dalam forum ini. Semoga keakraban tim TIK di Sumatera pada umumnya menjadi lebih baik lagi untuk melangkah ke depan, mengembangkan apa yang telah kita miliki menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anak cucu kita kelak, khususnya dalam pengembangan bahan ajar berbasis TIK.

    Selamat berkarya Pak Syukri
    Wassalam,
    Ariasdi


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: