Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 26, 2007

5.600 Guru akan terima tunjangan

5.600 Guru akan Terima Tunjangan  

[Padang, Singgalang-25/8] Ini masalah kesejahteraan guru yang menetes bagai kran kehabisan air. Lambat, tapi kalau sabar dan tawakal, dapat juga akhirnya. Syaratnya mereka harus lulus verifikasi. Jika lulus, maka tunjan­gan profesi sebesar gaji pokok akan dikucurkan pemerintah tiap bulannya. Paling lambat Pebruari 2008, sebanyak 5.600 guru di Sumbar akan menikmati tunjangan itu. Malah, 750 orang di antaran­ya bisa mencicipinya pada Oktober 2007. Jumlah guru di Sumbar tercatat sebanyak 76 ribu. Untuk verifikasi ke 76 ribu itu diperlukan waktu 10 tahun. Jadi guru dengan nomor urut ke 76 ribu, baru bisa menerima tunjangan profesi pada tahun 2017 mendatang. Jika seorang guru tak mau diverifikasi, tak soal, tapi mereka tak akan dapat tunjangan profesi. Verifikasi guru itu, diatur lewat UU No 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen.

Tunjangan yang akan diterima tersebut, merupakan aplikasi dari pelaksanaan sertifikasi guru, yang pelaksanaannya akan dimulai bulan September 2007. Kepastian pelaksanaan sertifikasi tersebut, karena telah sele­sainya pelaksanaan pembekalan assesor (tukang nilai). Selanjutnya akan menilai portofolio guru, yang menjadi salah satu syarat untuk menentukan lulus atau tidaknya guru dalam menjalani proses sertifikasi. Demikian disampaikan Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. Z. Mawardi Effendi, didampingi Purek III UNP Drs, Alizamar, M.Pd.Kons kepada Singgalang, Jumat (24/8) di Padang.

Assesor yang ditugaskan untuk memverifikasi guru, berjumlah sebanyak 130 orang, yang terdiri dari 118 orang dari UNP, 5 orang dari STKIP PGRI dan 10 orang dari Universitas Bung Hatta. Para assesor tersebut, diterangkan Alizamar, telah menerima beberapa tahap pembekalan berkenaan dengan pelaksanaan tugas mereka, tahap pertama diadakan di Jakarta beberapa waktu yang lalu yang diikuti oleh 64 orang peserta dari Sumatra Barat. Tahap kedua diadakan di Padang , dengan pesertanya keseluruhan assesor , sebanyak 130 orang. “Siang kemarin (Jumat, 24/8) telah dilakukan penutupan pembekalan tahap dua di Universitas Negeri Padang , yang dilakukan oleh Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti, Prof.Dr. Supeno Janali,” terang Alizmar.

Dengan selesainya pembekalan tahap kedua ini, maka paling lambat Oktober mendatang, 750 orang guru yang ditargetkan selesai diver­ifikasi bulan September ini, akan bisa menerima tunjangan profesi guru sesuai dengan hak mereka yang telah diatur dalam undang-undang. Sedangkan sisanya sebanyak 4.850 guru lagi, sesuai target verifikasi untuk tahun 2007. Sebanyak 5.600 guru, akan selesai diverifikasi pada Desember 2007. “Selaku lembaga yang ditunjuk untuk melaksanakan ferifikasi guru ini, kita akan melaksanakannya seoptimal mungkin, karena pelaksa­naan ferifikasi ini, bukan hanya menyangkut peningkatan kesejah­Steraan guru saja, tapi juga menyangkut citra dan profesionalisme dari profesi guru itu sendiri,” tegas Mawardi. Wakil Ketua PGRI Sumbar, Hasan Basri Hosen di tempat terpisah menyebutkan, ada tiga hal yang dibutuhkan guru. Pertama kesejah­teraan, kedua perlindungan dan ketiga citra. Kebutuhan pertama dan ketiga bisa didapat jika sudah lolos verifikasi, sedang kebutuhan kedua didapat guru lewat PGRI. rif

Catatan : Berikut adalah dokumen Panduan Sertifikasi dalam format pdf. Silahkan download untuk di pedomani :

Iklan

Responses

  1. Ah, mana buktinya?Pebruari tahun kapan? itulah kalau kita sudah mendahului yang di atas?
    saya sebenarnya sudah dari dulu-dulu tak terlalu mempercayai omongan pejabat kita. saya berpendapat kalau percaya kepada manusia tujuh rukun iman kita jadinya. makanya jangan terlalu mempercayai pejabat kita.
    hari ini kita sudah betul-betul kehilangan segalanya termasuk kehilangan kepercayaan terhadap pimpinan kita. yang banyak hari talk show bukan action

  2. kenapa verifikasi tidak diutamakan kepada para guru yg sudah lama mengapdi????
    menurut saya merekalah yg lebih berhak.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: