Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | September 11, 2007

Pelajar Kota Solok Raih Emas OSN

Pelajar Kota Solok Raih Emas Olimpiade Sains Nasional “Malam Belajar, Sore Mengaji”

Padek, 11/9/07] Kota Solok kembali meraih prestasi mengagumkan dalam bidang pendidikan. Melalui dua orang siswanya Amirul Ihsan dan Alief Moulana dari SD Negeri 05 Kelurahan VI Suku serta seorang siswa SMA Negeri 1 Solok Yogi, Kota Solok berhasil memboyong 1 medali emas dan 2 perunggu pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional VI di Surabaya 2-8 September 2007 lalu. Amirul Ihsan mempersembahkan medali emas OSN bidang IPA, sementara Alief Moulana mendapatkan medali perunggu bidang Matematika, dan Yogi medali perunggu bidang Astronomi. Tak hanya itu. 

Dalam kegiatan OSN kali ini, Kota Solok juga berhasil meraih prestasi The Best Eksplorasi bidang Matematika melalui Alief Moulana. Keberhasilan Amirul Ihsan patut diberikan apresiasi, karena dia berhasil menyelamatkan wajah pendidikan Sumbar di pentas nasional. Buktinya, dari 36 peserta dari Sumbar yang diutus ke olimpiade bergengsi itu, Sumbar hanya memperoleh satu emas. Emas itu diraih Amirul, siswa asal Kota Solok. Meski belum ada kepastian apa bentuk reward (penghargaan) dari Pemerintah Provinsi, tapi yang jelas prestasi membanggakan itu mendapat perhatian khusus Walikota Solok Syamsu Rahim. Apresiasi luar biasa itu ditunjukkan Wali Kota dengan mengundang secara khusus siswa-siswa berjasa itu mengikuti upacara bendera menyambut bulan Ramadhan di Kantor Balaikota Solok, Senin (10/9).

Pada kesempatan itu, Wali Kota juga memberikan reward. Bagi siswa peraih medali emas, Syamsu Rahim memberikan hadiah uang sebesar Rp 5 juta, peraih perunggu dan The Best Eksplorasi masing-masing diberikan uang sebesar Rp 2,5 juta. “Prestasi ini merupakan Rahmat dari Allah SWT sebagai buah dari keikhlasan dan keseriusan kita dalam mengelola dan memajukan pendidikan di Kota Solok,” jelasnya. Tentunya, tambah Syamsu, prestasi ini tidak didapat dengan mudah oleh tim OSN VI asal Solok. “Ini sudah melalui sejumlah proses dan tahapan penjaringan dan pembinaan siswa secara dini,” tandasnya. Bagaimana rahasia Amirul Ihsan dan Alief Moulana sehingga berhasil di OSN VI? kepada Padang Ekspres keduanya mengaku setiap malam hari sekitar pukul 19.00-20.00 WIB mereka selalu mengulangi pelajaran yang mereka peroleh di sekolah pagi harinya. Usaha mereka juga dibarengi dengan doa, disertai mengaji di MDA setiap hari pukul 16.00-18.00 WIB.

“Rutinitas kita hanya belajar dan belajar, dibarengi doa,” jelas Amirul Ihsan yang bercita-cita menjadi ilmuwan dan menabungkan uang pemberian Wali Kota untuk cadangan biaya sekolah jika sewaktu-wakktu diperlukan. Kepala SDN 05 VI Suku Kota Solok Janawir kepada Padang Ekspres menyebutkan, sebelum ini pihaknya telah melakukan berbagai persiapan secara matang untuk menuju berlaga di iven bergengsi itu. Mulai dari pemetaan kemampuan anak didik, kemudian disaring sesuai kemampuan masing-masing siswa dan pembekalan melalui guru bidang studi masing-masing. “Bahkan, untuk pembekalan Dinas Pendidikan Kota Solok mendatangkan pembimbing bidang studi khusus dari Bogor, Jawa Barat. Hasilnya sangat membanggakan, Amirul Ikhsan dan Alief berhasil meraih medali emas dan perunggu,” beber Janawir.

Sebelumnya, Amirul juga berhasil meraih medali emas OSN tingkat Kota Solok dan Provinsi Sumbar. Sedangkan Alief Moulana berhasil dapat emas di OSN tingkat Kota Solok, dan medali perunggu OSN di tingkat Provinsi. Dua orang guru pembimbing Amirul dan Ihsan yang ikut mendampingi bertarung ke Surabaya, Ermalinda dan Nikmawati mengatakan kedua siswanya itu memang terkenal rajin belajar. “Tak hanya disekolah dan dirumah, mereka juga tidak segan-segan untuk mendatangi rumah gurunya untuk belajar,” ungkap Ermalinda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: