Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | September 27, 2007

Pemerintah Kembangkan SMK

Pemerintah Kembangkan SMK Agroindustri  

[ JAKARTA–MIOL 28/07/07] : Pemerintah akan mengembangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bidang Agroindustri di sejumlah daerah. Sedikitnya, 15 SMK Agroindustri unggulan akan dibangun tahun depan.

Direktur Pembinaan SMK Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) Depdiknas Joko Sutrisno, Rabu (26/9) mengatakan hal ini dilakukan untuk menjawab tantangan dan peluang pengembangan bidang pertanian yang selama ini menjadi ciri khas Indonesia.

Menurutnya sekolah itu akan dibangun antara lain tersebar di Tangerang, Cibadak, Subang, Kali Bagor, Klaten, Boyolali, Sragen, dan Jember, serta di Kupang (NTT), Aceh, dan Sumatra Utara.

“Pertimbangannya, cukup signifikannya pertumbuhan SMK pada beberapa waktu terakhir. Juga, untuk optimalisasi lahan. Saat ini, paling tidak tersedia sekitar 20 hektar lahan untuk praktik di setiap SMK Agroindustri,” katanya.

Joko mengharapkan, minat kalangan siswa terhadap bidang agroindustri ini meningkat, seperti halnya dalam bidang-bidang kejuruan lain.

Lebih jauh ia mengingatkan perekonomian Indonesia masih bertumpu pada bidang pertanian. Indonesia memiliki lahan pertanian yang sangat luas, tetapi sampai saat ini masih menjadi pengimpor sejumlah bahan makanan.

Pihaknya ingin mengubah imej terhadap pertanian dengan mengenalkan konsep-konsep produksi yaitu mencitrakan konsep pertanian modern. “Misalnya dengan mengenalkan teknologi pengolahan hasil pertanian,” katanya.

Perihal pertumbuhan SMK sendiri, Joko mengungkapkan yang sangat signifikan. Saat ini terdapat sekitar 6.600 SMK, negeri dan swasta, dengan berbagai bidang keahlian tersebar di Tanah Air. Jumlah ini meningkat dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 6.400 buah.

Sementara itu, peningkatan persentase jumlah siswa SMK sejak 2006 mencapai sekitar 30 persen, atau dari sekitar 900 ribu siswa menjadi 1.270.000 siswa.

Peningkatan tersebut membuat anggaran Direktorat Pembinaan SMK meningkat dari Rp1,618 triliun menjadi Rp1,9 triliun. Anggaran tersebut digunakan untuk membangun gedung SMK baru. (Win/OL-06)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: