Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | November 15, 2007

Depdiknas Bakal Borong Komputer Rp 1 Triliun

Depdiknas Bakal Borong Komputer Rp 1 Triliun


Komputer (ash/inet)

Denpasar – Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) pada 2008 akan membeli komputer dalam jumlah besar untuk disalurkan ke sekolah-sekolah di Indonesia. Dana yang dianggarkan bahkan mencapai Rp 1 triliun.

Kepala Pustekom Depdiknas Lilik Gani mengatakan, dari jumlah Rp 1 triliun tersebut, Rp 500 miliar di antaranya dianggarkan untuk SMA dan SMK sedangkan Rp 500 miliar sisanya untuk SMP.

“Dana tersebut digunakan untuk membuat pusat sumber belajar (PSB) atau semacam lab komputer di sekolah,” ujarnya, kepada beberapa wartawan di sela-sela acara ISODEL 2007 yang berlangsung di Hotel Kartika Plaza Discovery, Denpasar, Bali, Rabu (15/11/2007).

Sementara untuk penyaluran, lanjut Lilik, akan dilakukan dengan strategi top down. Artinya untuk sekolah-sekolah yang siap akan menjadi prioritas untuk disalurkan perangkat ini. Sedangkan bagi sekolah yang jauh tertinggal akan dipersiapkan terlebih dahulu, mulai dari segi infrastruktur dan lainnya. Hal ini dilakukan agar komputer-komputer tersebut tidak mubazir.

“Misalnya untuk di Indonesia bagian Timur, kita tidak mungkin memberikan komputer kalau infrastruktur dan jaringannya tidak kita bangun. Sehingga biar tidak menjadi garbage (sampah-red), makanya nanti ada Palapa Ring untuk penyediaan infrastruktur,” jelasnya.

Program PSB ini sekaligus untuk mengejar target perbandingan antara jumlah komputer dengan jumlah penduduk Indonesia menjadi 1:20, sedangkan saat ini perbandingannya masih sebesar 1:50.

“Untuk 1 set lab PSB diperkirakan bakal menghabiskan dana sekitar Rp 120 juta dengan memiliki 20 komputer di dalamnya,” imbuh Lilik.

Sementara itu dari data yang dimiliki Depdiknas, tercatat bahwa 70% SMK di Indonesia sudah memiliki laboratorium komputer sendiri, untuk SMA 30%, sedangkan SMP 20%. “Sedangkan untuk perguruan tinggi tidak dibantu karena mereka telah swasembada dan mandiri, namun untuk perguruan tinggi negeri semuanya sudah memiliki lab komputer,” tandasnya.

Sumber : Detik.net

Iklan

Responses

  1. Bagaimana prosedur permohonan dana untuk pengembangan laboratorium komputer tersebut
    (SMA Mandiri Kabupaten Cirebon – Jawa Barat)

  2. Yaa.., Sama-sama kita tunggulah, karena ini kan baru wacana dari Depdiknas (Kepala Pustekom Depdiknas Lilik Gani)

  3. mohon info mengenai permohonan bantuan pengadaan komputer untuk lab.komputer

    SMKN10 malang.. lembaga baru dengan semangat dan karya nyata

  4. Pak Wahyu Yth.

    Menurut hemat kami dari Sumatera Barat, kiranya Pak Wahyu dapat mencari info di Dinas Pendidikan setempat atau di Kota Malang, karena disinilah di tetapkan sekolah mana yang patut atau di prioritaskan untuk mendapat bantuan terlebih dahulu.

    Walaupun demikian bagi Bapak dan Ibu di yang mendapat info, silahkan di informasikan.

    Trims,
    Redaksi

  5. Pusat sumber belajar dengan media IT memang sudah menjadi kebutuhan masyarakat sekarang yang ingin mengikuti perkembangan global. Rencana Pustekom untuk membeli komputer dengan menghabiskan dana 1 Triliun cukup menyenangkan kita semua, bagi masyarakat pendidikan. Tinggal bagaimana program tersebut betul2 tepat sasaran dan mempunyai nilai effisiensi cukup tinggi.
    Kita harus bantu pengambil kebijakan agar program tersebut dapat berjalan dengan prosedur yang benar dan effisien, salah cara adalah gunakan media IT yang dapat diakses masyarakat banyak.
    Kita tunggu program tersebut dengan rasa optimis………………..guna membangun anak bangsa, tanpa didahului rasa tidak percaya.

    Trims.
    Wajiran (Lampung)

  6. Bagaimana untuk MA (swasta)?, apakah MA juga dapat mengajukan permohonan bantuan Lab Komputer melalui diknas. Mohon Informasinya. terima kasih

    Syarif
    MAS Grogol penatus Kebumen Jateng

  7. Pak Lilik, kebetulan kami adalah salah satu corporate Dealer untuk IT Solution dan Kami memiliki Devisi Education. Apa bisa kami mendapatkan informasi mengenai pengadaan ini? apakah bisa menjadi Partner untuk men-yuplai kebutuhan tersebut :) Terimakasih sebelumnya

  8. Untuk menorong peningkatan mutu pendidikan memang tidak akan bisa dilakukan apabila dengan swadana, permasalahan pokok – terutama untuk sekolah smk swasta- adalah keterbatasan dana untuk pengadaan alat praktek berupa komputer. Hal ini sangat dipengaruhi oleh keadaan sosial ekonomi dari siswa yang ada. kami SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk memiliki jurusan multimedia yang sedang berjuang untuk mengembangkan diri secara kualitas masih terseok-seok karena keterbatasan prasarana yang ada. Lewat media ini, kami mohon informasi untuk pengajuan bantuan prasarana praktek multimedia dan KKPI SMK swasta, khususnya di Jawa Timur. trima kasih sebelumnya dan pihak terkait yang membaca tulisan ini kami mengharap respon positifnya.

  9. mohon info mengenai permohonan bantuan pengadaan komputer untuk lab.komputer kami kebetulan guru smk n 1 gianyar bali yang memiliki Bidang keahlian TI dengan 3 program keahlian ,lab komputernya belum lengkap terutama pada bidang keahlian TI

    (trim)

  10. Mohon info bagaimana cara atau prosedur permohonan bantuan pengadaan komputer untuk lab. komputer kami, soalnya sekolah kami sekolah swasta mengadakana sendiri juga sulit dan lambat. Tolonglah untuk diperhatikan “MTs Surban Pacet Mojokerto Jatim”

  11. mohon informasi tentang pengajuan bantuan pengadaan laboratorium komputer untuk sekolah dan madrasah.

  12. Bagaimana untuk Pendidikan Nonformal terutama kesetaraan Paket C…apakah dapat jatah…???? dan bagaimana prosedurnya

  13. alangkah gembiranya jika diknas membantu sekolah kami smp n 44 palembang guru-guru siswa-siswa yang yang mengidam-idamkan belajar praktik mengetik, praktik internet yang saat ini terpaksa ke telkom untuk belajar internet maklum disekitar smp n 44 banyak yang kurang mampu kami mengharapkan agar kami di palembang kebagian karena apa yang di bantu seperti televisi sudah di gunakan untuk belajar bahasa inggris dan matematika dan pelajaran lain

  14. mudah-mudahan moderasi cepat dilakukan karena dari tahun 2003 kami menunggu

  15. kami di daerah sangat mengharapkan bantuan nya bisa sampai ke tempatkami
    http://www.sman1bs.sch.id/

  16. Salam dari Irwan setiawan Van Kamang
    http://keretaunto.blogspot.com/
    mAIN ke blog saya pak…. saya dari kamang mudiak,,, sekarang ngajar di bengkulu
    dan web sekolah saya.
    http://www.sman1bs.sch.id/
    kasih kimentar dan masukan..pak…tarimo kasihbanyak….
    ambo alumni kegiatan jardikan di bengkulu
    ” pengembangan konten jardiknas 2009″

  17. sekolah kami sangat membutuhkan bantuan untuk pengadaan lab komputer. bisa di bantu secepatnya??? caranya tolong dijelaskan sedetil-detilnya!!!

  18. wah…jangan informasi doang, aplikasinya mana kami man kotabakti sangat-sangat butuh computer lab nya sudah lumayan bagus tepi isinya kosong

  19. pak saya dari MTs Karyabakti, mksih banget tas informsi ya. Skolah kami sangat membutuhkn prangkat komputer, kami menyadari nama ya sekolah dikampung pst jauh beda dgn yang dikota yg serba ada. Dgn itu kami mohon bntuan ya pak, mksh tas sgl perhatiannya

  20. apakah bisa perangkat komputer tsb ditempatkan di perpustakaan, sekolah kami sudah menerapkan perpustakaan digital tetapi kekurangan komputer untuk mengakses internet apalagi perpustakaan merupakan pusat sumber belajar. infrastruktur dan sdm di perpustakaan kami sudah siap(Sudah mengikuti workshop PSB di Makassar). terima kasih
    dari. M, Ardi, S.Sos
    Kepala Perpustakaan SMAN 17 Makassar

  21. Tolong upload buku2 TIK SMP& SMA yang open source. TKs

    • Untuk buku gratis BSE tingkat SD sampai SLTA sudah kami sediakan link download di kolom sebelah kanan halaman ini

  22. apa msih ada pengadaan komputer (LAB) untuk MTs-MA???
    mohon informasi’a…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: