Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Desember 4, 2007

11 Anak Minang Bertolak ke Mesir

11 Anak Minang Bertolak ke Mesir


Padang , [Singgalang, 4/12/07] Sebanyak 11 orang putra-putri Sumbar dan satu orang dari Curup, berangkat ke Universitas Al-Azhar, Cairo Mesir, kemarin melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Mereka akan menuntut ilmu di sana , selama empat tahun. Ke-12 orang itu, Miftahul Hayati (Supayang/Tanah Datar), Vitria Irwanita (Kota Sawahlunto), Sri Wahyuni (Sumaniak, Tanah Datar), Hafiz Rahmat (Curup/Bengklu), Dedi Afdhal (Simabur/Tanah Datar), Reymond (Sei Tarab/Tanah Datar), Burhanuddin (Lintau/Tanah Datar), Yusfit Helmi (Bukittinggi), Ardi Wandana (Bukittinggi), Sayuti (Bukittinggi), Devi Aulia (Bukittinggi) serta Radia Busra (Bukittinggi). Mereka berangkat di bawah bimbingan H.Ridwan Suhaili, yang saat ini tengah kuliah S2 di Universitas Al-Azhar tersebut.
 

Mereka bertolak ke Mesir, setelah berhasil menyisihkan lebih dari 500 orang pesaingnya dalam ujian masuk ke Universitas Al-Azhar, Mesir. Ujian itu diadakan Kanwil Departemen Agama (Depag) Sumbar beberapa waktu lalu. Rombongan kecil itu, kemarin siang bertolak dari BIM menggunakan AirAsia dan transit di Bandara Soekarno Hatta, Jakarta . Tadi malam pukul 22.00 WIB, mereka bertolak menuju Cairo menggunakan pesawat Emirat.

Bantuan

Salah seorang dari mereka, yaitu Miftah ketika ditemui Singgalang sebelum naik pesawat kemarin, menuturkan, ia bisa berangkat berkat doa dan keyakinan yang tinggi. “Alhamdulillah, Allah mengabulkan doa saya dan orangtua saya. Saya bisa berangkat ke Mesir berkat pertolongan berbagai pihak. Seperti Pak Yohanes Dahlan, Pak Gubernur, Pak Bupati Tanah Datar, Etek Rusda Khairati, Pak Syamsuir Syam, BAZ, Semen Padang dan guru-guru saya serta pihak lainnya. Saya mengucapkan terima kasih kepada mereka semua, tanpa mereka saya tidak mungkin sekolah ke luar negeri,” kata Miftahul. Dikatakannya, keberangkatannya ke Mesir untuk melanjutkan pendi­dikannya adalah anugrah terbesar dalam hidupnya, sebab tanpa bantuan berbagai pihak tidak mungkin dia bisa menginjakkan kaki di negeri yang menjadi impiannya sejak kecil.
“Sekarang saya tidak bisa berbuat apa-apa untuk mereka yang berjasa dalam hidup saya. Tapi saya bertekad akan belajar sung­guh-sungguh agar bisa berguna bagi orang banyak terutama bagi daerah saya kelak,” sebut Miftah lulusan dari MTsN Situmbuk Batusangkar ini. Keberangkatan Miftahul, diiringi ibunda tercintanya Nurul Irwani beserta sanak saudaranya. Isak tangis bahagia menyertai keberang­katan Miftahul menuntut ilmu ke kampus yang yang diidam-idam­kannya sejak kecil. Selama di BIM, mulut Miftah, tak hentinya ia mengucap syukur pada Allah SWT. Sambil menyebut-nyebut nama orang-orang yang telah memberikan dukungan moril dan materil kepadanya selama ini. Diceritakannya, untuk bisa kuliah di Al-Azhar, seseorang harus hafal Al-Quran minimal 2 juz, fasih berbahasa Arab dan memiliki keuangan yang cukup.

Sementara itu, ibunda Miftahul, Nurul Irwani, kepada Singgalang mengungkapkan rasa bangganya bercampur haru melepas anak gadisnya itu ke Mesir. “Hanya doa yang saya miliki untuk melepas Miftah ke Mesir, sebab kami hanyalah petani kecil di kampung. Semoga kelak ia bisa mambangkik batang tarandam dan menjadi manusia yang berguna. Kami sekeluarga mengucapkan ribuan terima kasih kepada bapak, ibu yang telah memudahkan langkah Miftah berangkat ke Mesir,” ujar Nurul..

Iklan

Responses

  1. sekali lagi semoga Koran Singgalang, tetap menyuarakan harapan-harapan anak negeri yang tiada berdaya, tapi justru ingin menggapai cita-citanya tentu untuk membangun dirinya sendiri lebih dulu, baru keluarga, lingkungannya dan kalau mungkin bangsanya. ya kan?

  2. bagi saya membantu proses pengurusan calon mahasiswa al-Azhar dari minang memberi kebahagiaan tersendiri, semoga tuhan senantiasa memberi saya keikhlasan. amin. meski terlambat saya ingin mengoreksi bahwa saya kuliah di Jami’ah Dual Arabiyah dan sedang menulis tesis “Daur at-Tarbawiy lil Jam’iyatil Ahliyah fi Indonesia” (Dirasah Taqwimiyah) terimakasih atas dukungan dan doanya.

    • yth. bapak ridwan suhaili
      mohon saya diberi no. hp penjenengan atau email. saya ada rencana untuk melanjutkan studi ke dual arabi pada tahun ini. terima kasih.

  3. Selamat teruntuk buat Miftahul Hayati alumni MTs.N Situmbuk Tanah Datar, mudah-mudahan sukses dalam menuntut ilmu di Universitas Al Azhar Mesir dan Allah Swt meridhaimu. Amin


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: