Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 23, 2008

Lomba Sadar Hukum

SMA Se-Sumbar Perebutkan Penghargaan Sadar Hukum

Padang, [Padek-24/01/08], Sekolah menengah dan media massa yang berjasa dan memiliki kesadaran hukum akan memperoleh penghargaan yang diberikan Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (Depkum HAM). Dari masing-masing provinsi akan dipilih satu wakil untuk tiap kategori yang dipilih melalui Kantor Wilayah Depkumham masing-masing provinsinya.

Para peserta yang ditunjuk, menurut Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Depkumham Sumbar, Subendi sebelum 29 Februari akan ditunjuk satu utusan untuk mengikuti lomba tingkat nasional dan bahan-bahannya diserahkan ke Badan Pembinaan Hukum Nasional Depkumham. “Penganugerahannya sendiri akan berlangsung sekitar triwulan II 2008 ini,” ujar Subendi. Peserta yang berhak mengikuti penganugerahan ini adalah seluruh SMA/SMK sederajat dan seluruh media massa daerah mulai dari media cetak, elektronik maupun cyber. Kriteria yang dinilai untuk media massa menurut Subendi meliputi ada tidaknya rubrik atau program yang berhubungan dengan hukum dan HAM. Kemudian rubrik atau program tersebut mendapat perhatian masyarakat. ”Perhatian tersebut tentunya harus memberikan pengaruh masyarakat sebagai konsumen yang berhubungan langsung dengan pembinaan hukum nasional,” tambahnya.

Sementara untuk SMA/SMK, persyaratannya mudah saja sangat mudah. “Dimana sekolah tersebut tidak pernah terlibat tawuran, tindak kekerasan dalam sekolah dan tidak tercatat adanya penggnunaan narkoba. Tentunya sekolah yang ditunjuk juga memiliki prestasi akademik dan memiliki program sekolah yang menunjang kesadaran hukum masyarakat lingkungan sekolah,” jelasnya. Dalam seleksi di Sumbar, Kanwil Depkumham akan melibatkan, LSM, perguruan tinggi, pengamat hukum dan PWI untuk media massa. Disamping itu juga akan dilibatkan Dinas Pendidikan dan Badan Narkoba Kabupaten dan Kota (BNK) untuk seleksi sekolah. Untuk informasi lebih lanjut, peserta dapat mengambil formulir isiannya di Kanwil Depkumham Sumbar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: