Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Februari 9, 2008

Video Hari Ini : Sarwono Bangga Ibu Pertiwi

Video Hari Ini : Sarwono Bangga Akan Ibu Pertiwi 

Tentang Video ini :
——————
Pemberitaan tentang dibukanya sekolah gratis bagi anak-anak kurang mampu di salah satu surat kabar nasional mengundang perhatian anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Provinsi DKI Jakarta Sarwono Kusumaatmadja. Kamis, 3 September 2007, Sarwono mengunjungi Sekolah Menengah Pertama Terbuka (SMPT) Tempat Kegiatan Belajar Mengajar (TKBM) Ibu Pertiwi di Pancoran Timur VIII no. 4B, Komplek Perdatam, Pancoran, Jakarta Selatan.
Dalam kunjungannya Sarwono mengamati kegiatan belajar mengajar yang diadakan di teras kediaman Ade Pujiati (41), seorang guru piano yang juga penggagas sekolah gratis ini. Saat itu puluhan anak peserta didik sedang mengikuti pelajaran matematika.Sarwono mengungkapkan pemerintah saat ini memang menerapkan wajib belajar 9 tahun bagi anak-anak Indonesia. Namun, Sarwono berharap jangan sampai ada anak yang tidak bisa menikmati pendidikan hanya karena kondisi keuangan.“Dengan adanya sekolah gratis ini saya salut dan bangga. Ada kepedulian yang sangat besar sehingga anak-anak putus sekolah dapat bersekolah lagi. Ini kerja sosial yang sangat mulia dan patut kita junjung,” ujar Sarwono ketika ditemui seusai kunjungan.

Menurut Sarwono, masalah pendidikan tidak hanya menjadi kewajiban pemerintah, namun juga hak masyarakat. Usaha untuk mengatasi masalah pendidikan, lanjut Sarwono, tidak cukup hanya dengan mengandalkan pemerintah, namun harus ada keleluasaan bagi semua orang untuk berpartisipasi di dalamnya.

“Semua anggota masyarakat yang merasa terpanggil juga bisa melakukan atas inisiatif di luar sistem formal dan inilah yang terjadi di sini,” ungkap Sarwono.

“Saya juga yakin kalau kita rajin memberitahukan ke khalayak luas akan lebih banyak lagi yang terpanggil. Misalnya, kalau kelas di sini tidak cukup, ajak saja tetangga untuk bikin kelas di situ,” lanjut Sarwono sambil menunjuk salah satu rumah di sekitar SMPT TKBM Ibu Pertiwi (You Tube)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: