Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 25, 2008

Pramuka Bukan Sekadar Baju Seragam

Pramuka Bukan Sekadar Baju Seragam

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Sumbar Gamawan Fauzi menegaskan, Pramuka bukanlah sekadar baju seragam dan umbul-umbul saja. Tetapi Pramuka adalah sebuah gerakan yang dapat menyentuh generasi muda secara menyeluruh. “Kompleksitas permasalahan yang mendera bangsa saat ini, merupakan tantangan bagi gerakan Pramuka untuk menyikapinya.

Pramuka selayaknya membina generasi muda dengan kegiatan yang kreatif, edukatif, dan inovatif,” jelas Gamawan ketika dimintai komentarnya sehabis acara pelantikan Pengurus Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar Masa Bakti 2007-2012 di aula Kantor Gubernur kemarin. Gamawan Fauzi yang juga melakukan pelantikan secara resmi Pengurus Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar mengatakan, Pramuka bukanlah satu-satunya obat penawar terhadap permasalahan yang menimpa generasi muda.

Tapi setidak-tidaknya gerakan Pramuka bisa melakukan pembinaa karakter, watak, kepribadian serta mampu memberikan life skill pada anak-anak muda. “Misi utama gerakan Pramuka adalah pendidikan pada generasi muda. Dengan berdasarkan sistem nilai dan berlandaskan Tri Satya dan Dasa Darma, Pramuka merupakan solusi handal bagi masalah kaum muda,” terang Gubernur. Dari Keputusan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2008, Marlis Rahman ditetapkan sebagai ketua Kwarda menggantikan Fachri Ahmad yang telah habis masa jabatannya.

Ketua Harian dijabat Burhasman Bur (Kadis Pendidikan Sumbar). Lima orang Wakil Ketua ditempati Sultani Wirman, Armyn, Nizwardi Azka, Yulisman dan Wahidul Basri. Sekretaris dijabat Isril Berd, Wakil Sekretaris dipegang Kafrawi Bakhtiar dan Alwis. Sedangkan bendahara dipegang Abdul Gafar, serta wakilnya Indarefis. Sementara Ketua Kwarda terpilih, Marlis Rahman dalam pidato sambutannya menjelaskan bahwa lahirnya gerakan Pramuka melalui proses yang cukup panjang. Seragam, kacu merah putih merupakan simbol ketangguhan gerakan Pramuka. “Jadi setiap anak Indonesia yang berpakaian seragam Pramuka adalah generasi muda yang siap menyongsong masa depan. Atribut adalah simbol tanggung jawab, sekaligus merupakan komitmen moral generasi muda Indonesia menjadi barisan terdepan dalam bangsa ini,” ujar Marlis yang hari ini bertolak ke tanah suci melaksanakan Umrah selama 10 hari.

Selain itu, Marlis juga melaporkan bahwa Kwarda Pramuka Sumbar sudah lama memiliki Lemdika Daerah dan Bumi Perkemahan Pramuka seluas 10,5 hektar yang terletak di Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan. Bumi perkemahan tersebut diharapkan dapat menjadi tempat latihan Kepramukaan yang presentatif di masa mendatang. Dalam kesempatan itu hadir Wakil Ketua DPRD Sumbar Mahyeldi Ansharullah, unsur Muspida Sumbar, bupati/walikota se-Sumbar, kepala dinas, badan dan kantor, pimpinan Saka tingkat daerah dan kepala Kwarcab Gerakan Pramuka se-Sumbar, pimpinan ormas dan organisasi kepemudaan, serta sejumlah unsur lainnya. [Padang Ekspres Online]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: