Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | April 25, 2008

Wapres: Hukum Berat yang Nodai UN

Wapres: Hukum Berat yang Nodai UN

Makassar-RoL [25/04/08] – Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan agar kepada pelaku yang telah menodai pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA, diberikan hukuman berat.

“Yang menodai UN harus dihukum berat, apalagi jika itu dilakukan oleh pendidik,” ujar Kalla kepada pers di Masjid Al Markaz Al Islami, Jumat (25/4), menanggapi adanya lima tersangka yang di antaranya adalah Kepala Sekolah (Kepsek) SMA Cokroaminto, Makassar, yang telah mendistribusikan kunci jawaban kepada siswanya.

Menurut Kalla, apa yang dilakukan Kepsek tersebut sangai menodai kemurnian UN yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mengukur kualitas siswa. “Perbuatan para tersangka termasuk merusak masa depan bangsa dan harus mendapatkan hukuman berat.”

Diakui, motif pendisitribusian kunci jawaban itu memang untuk meringankan siswanya, karena menilai soal UN cukup sulit, namun apa yang dilakukan itu salah.

“Tentu Profesor akan marah dan tidak setuju tindakan itu,” katanya sambil meminta persetujuan kepada Prof Dr Anwar Arifin, anggota DPR RI yang membidangi masalah pendidikan dan kebudayaan di DPR RI yang berada di sampingnya.

Menanggapi hal tersebut, Anwar tersenyum dan menggagukkan kepalanya. Pada keterangan terpisah, Anwar yang juga kader Golkar asal Sulsel ini mengatakan sangat menyesalkan perbuatan Kepsek yang telah memberikan kunci jawaban kepada siswa-siswanya.

Dikatakan, yang harus dilakukan Kepsek untuk membantu siswa-siswanya adalah memberikan materi pelajaran yang berbobot dan sebelum ujian mengintensifkan mengerjakan soal-soal ujian, sehingga pada saat pelaksanaan UN, semua siswa sudah memiliki bekal dan tidak perlu ragu menghadapi UN tersebut.

“Itulah yang seharusnya dilakukan, bukan membeli kunci jawaban yang juga kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan, kemudian mendistribusikannya kepada siswa-siswanya,” kuncinya.

Iklan

Responses

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://sulawesi.infogue.com/wapres_hukum_berat_yang_nodai_un


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: