Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 20, 2008

2.274 Siswa Ikuti O2SN dan FLS2N

2.274 Siswa Ikuti O2SN dan FLS2N

Padang, – Untuk menunjang nilai sportivitas, estetika dan kreatifitas siswa, Dinas Pendidikan Sumbar, pada tanggal 23 sampai 26 Juni akan menggelar Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SMP.

Kegiatan akan diikuti 2.147 peserta dari 19 kabupaten/kota yang ada di Sumbar. Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Burhasman Bur mengatakan secara substansi filosofis, pendidikan olahraga dan seni merupakan bagian dari kurikulum sekolah. Tapi selama ini banyak kegiatan olahraga dan seni yang dilakukan siswa belum terwadahi.

Karena itulah, lanjutnya Dinas Pendidikan akan menjadikan kegiatan ini sebagai kegiatan terencana dan berkesinambungan. “Even O2SN dan FLS2N ini akan kita jadikan barometer, pembinaan olahraga dan seni di sekolah. Tanpa adanya perlombaan-pelombaan seperti ini, akan sulit mencari potensi-potensi siswa, terutama dalam bidang olahraga dan seni,” jelas Burhasman sewaktu konferensi pers di Kantor Dinas Pendidikan Sumbar, kemarin.

Burhasman yang waktu itu didampingi Kabag Tata Usaha Drs Mulyatsyah MM, Kasubdin Pendidikan dan Pengajaran Drs H Amsir MPd, beserta panitia pelaksana acara mengatakan bahwa kedepannya kegiatan O2SN dan FLS2N akan dilaksanakan secara bertahap. Mulai tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai tingkat nasional.

Untuk selanjutnya, sekolah-sekolah akan didorong memiliki satu cabang olahraga yang jadi fokus pembinaan. Anak-anak yang mempunyai potensi terus didorong supaya berkembang, sampai dengan pembentukan karakter. “Jadi tidak sebatas petandingan saja,” ucapanya.

Dalam O2SN, akan dipertandingan 15 cabang olahraga (cabor), diantaranya atletik, renang, tenis meja, bulutangkis, bola voli, sepakbola, pencak silat, karate, catur, bridge, sepak takraw, senam, tenis, futsal, serta bola basket. Semua cabor yang dipelombakan untuk putra dan putir, kecuali bola voli, sepakbola, dan futsal hanya diperuntukkan bagi putra saja.

Sedangkan dalam FLS2N, cabang yang akan diperlombakan adalah, seni lukis, seni karya pahat, vokla group, seni tari, seni baca alquran, cipta cerita pendek, cipta puisi balada, seni musik karawitan, dan seni mendongeng bahasa inggris. 261 medali dan 39 tropi akan diperebutkan dalam kedua even itu. Kemudian setiap pemenang akan mendapatkan beasiswa Rp900 ribu tiap bulan selama setahun.

Pembukaan akan dilaksankan Senin (23) mendatang di Lapangan Imam Bonjol, yang akan dihadiri Gubenur Sumbar, unsur DPRD, Bupati dan Wali Kota Se-Sumbar, kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/kota, unsur Muspida serta ribuan peserta.

Dalam acara opening ceremony itu akan diramaikan marching band, 400 orang paduan suara dari siswa Kota Padang yang akan menyanyikanm lagu pejuangan, tarian kolosal yang melibatkan 600 siswa, serta parade dari masing-masing kabupaten/kota. [Padek, 21/06/08]

Iklan

Responses

  1. tolong kirimkan hasil lomba o2sn tahun 2008 khusus atletik

  2. Sayang untuk seleksi tingkat SMU di DKI diwarnai tindakan yang memalukan, baik dari perwasitan maupun karateka. seperti yang terjadi di Jakata Timur. tgl 29 Mei 2009
    Ada salah satu orang tua Karateka dari SMU 67 Jakarta Timur yang bertindak Arogan ( karateka bernama GALUH )dengan mengancam karateka lain dan wasit dengan pisau setelah kalah dalam seleksi pertama di Gedung Olahraga jakarta Timur dan berada di peringkat ke 2, tetapi anehnya karateka yang kalah tersebut bisa main lagi di seleksi tingkat DKI yang notabene dia sudah kalah. Karena Karateka yang terancam nyawanya oleh orang tua karateka GALUH, akhirnya kalah pada seleksi kedua. tapi bagaimana mungkin hal ini terjadi, wasit yang pengecut dan memalukan harusnya tidak mempertandingkan partai ini, karena karateka GALuh sudah jelas2 kalah pada seleksi di gedung GRJT kemarin, 28 mei 2009.
    mohon masukan dari semua sensei, sempay dan karateka Indonesia, agar hal ini tidak terjadi di kemudian hari

    Osh !

  3. kata panitia o2sn tingkat smp juara 1,2 dan 3 dki tidak ada berita piala hadiah / sertifikat dan biiaya siswa.
    apa benar atau omong doang, kalau benar ngurusnya kemana ?
    terima kasih.
    informasi juara 3 catur o2sn tingkat smp

  4. Pembukaan O2sn tingkat SMA kapan dilaksanakan??

  5. aku dulu ikut O2SN 2008 tingkat SMU.. tapi, kok 2010 ak gak d seleksi lg yaaa… aku ikut catur…

  6. apa saja yang dilombakan dalam FLS2N 2011 untuk tingkat SD/MI dan tempat lombanya dimana ? mohon dijawab !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: