Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 3, 2008

Dinda Nauli Nasution, Guru Terinovatif 2008

YOGYAKARTA, JUMAT – Dari 30 peserta, Dinda Nauli Nasution terpilih sebagai juara I Lomba Guru Inovatif 2008 yang diselenggarakan Microsoft Indonesia di Yogyakarta, 23-25 Juli. Dinda mempresentasikan inovasinya mengajarkan topik Possesive Pronouns untuk anak didiknya kelas I SD.

Dinda yang sehari-harinya mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Binakheir School Depok Jawa Barat ini mengatakan memiliki kendala dalam mengajarkan Possesive Pronouns. “Anak-anak gampang lupa, susah ingat ketika ditanya seminggu kemudian,” ujar Dinda usai menerima hadiah laptop di Yogyakarta, Jumat (25/7).

Oleh karena itu Dinda mencari akar masalahnya dan menemukan bahwa metode penyampaian materinya yang konvensional menyebabkan anak didik merasa tidak tertarik mengikuti, padahal cuma mempelajari dan mengingat my, yours his, her, our dan sebagainya.

“Saya coba menggunakan multimedia, anak didik jadi lebih ingat, tapi tetap saja ada follow-up yang harus dilakukan melalui games dan tindakan interaktif, seperti menunjukkan sesuatu dan bertanya langsung,” ujar Dinda.

Ia mengatakan dalam zaman yang bergerak digital, guru juga harus dinamis. Tidak boleh stagnan dalam metode konvensional.Teknologi semakin berkembang dan masuk ke rumah-rumah. “Guru tidak boleh tutup mata terhadap fenomena ini,” tandas Dinda.

Menurut ketua dewan juri Ahmad Ridwan, Dinda unggul dalam kesederhanaan dan penguasaan akan materi yang disampaikannya. Dinda menggunakan banyak aplikasi secara sederhana sehingga mudah dimengerti, seperti kalimat singkat, animasi, dan video.

“Sebenarnya seperti itu yang akan mudah diingat oleh murid. Ibu Dinda memakai kata-kata sederhana, positioning dan pewarnaan yang tepat,” ujar Ridwan.

Sembilan guru pemenang lainnya adalah Herfen Suryani (Bontang, Kaltim), Sesmon Butar-Butar (Balige, Sumut), Setiyana (Bandongan, Magelang), Priyono Hadi Saputra (Kuala Kencana, Papua), Made Nuryadi (Singkole, Sulsel), Arief Wahyu Purwito (Pasuruan, Jatim), Syahriyati (Alor, NTT), Yusbiyanti Susiharyani (Pangkal Pinang, Babel) dan Reni Juwita (Gresik, Jatim).

Dinda dan sembilan guru ini akan mewakili Indonesia ke Regional Innovative Teacher Conference di tingkat Asia Pasifik pada Maret 2009 mendatang [Kompas, 25/07/08]

Iklan

Responses

  1. CONGRATULATION, IT’S VERY GREAT MOMENT. SELAMAT KEPADA DINDA NAULI, SEMOGA BERMANFAAT BAGI DUNI APENDIDIKAN INDONESIA.

  2. Congratulation..untuk ibu Dinda Nauli Nasution dan para guru2 lainnya yang dapet juara.. terus semangat memajukan pendidikan kita.. saya sungguh tertarik dengan ide2 yang inovatifnya, saya juga guru bidang studi IPA Biologi. boleh dong para juara ini bagi2 pengalaman, tips2 nya..thanks. ditunggu…
    (aangsubhan@gmail.com)

  3. Salam sejahtera kami perwakilan dari Crayonpedia mohon bantuan rekan2 untuk mensosialisasikan web http://www.crayonpedia.org ini merupakan situs multimedia pendidikan yg diberikan secara gratis yg dapat digunakan semua guru, murid bagi pembelajaran secara multimedia di Indonesia. Atas partisipasi rekan2 kamim ucapkan terima kasih

    NB: Kami siap membantu rekan2 apabila perlu bantuan dan kami juga memberikan pelatihan secara gratis Thanks

  4. Congratulation..for you, Mrs.Dinda Nauli Nasution
    above you got a ward. I am english teacher at elementary school, but I have problem how to make children like to learn english plaese y give me solution.

  5. Acungan jempol buat kamu ibu Dinda Nauli Nasution dan rekan-rekannya yang telah berhasil sebagai guru inovatif. saya sebagai guru Agma ingin juga seperti Ibu Dinda, ajari kita dong atau bagi-bagi pengalamannya! mungkin ini bisa saya terapkan dalam PBM Pendidikan Agama Islam. Thank You!

  6. Tahniah Dinda.. Keep it up..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: