Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | November 30, 2008

Memanfaatkan ICT dalam Pembelajaran

Memanfaatkan ICT dalam Pembelajaran

(Aplikasi Integrated Studies, Project Based Learning, dan Classroom Exchange)

Oleh : Sopyan Maolana Kosasih, S.Pd.
http://www.sopyanmk.wordpress.com/
Guru SMPN 3 Bogor
Artikel ini telah disampaikan pada Seminar “Model Pembelajaran Inovatif di Era Global” Tanggal 27 November 2008 di Purwekerto, Banyumas

Abstraksi

Our homes will reemerge as vital centers of learning, work and entertainment. The impact of that sentence alone will transform our schools, our businesses, our shopping centers, our offices, our cities – in many ways our entire concept of work.

Melihat perkembangan siswa saat ini diberbagai sekolah, sepertinya semuanya sepakat bahwa motivasi anak di dalam belajar semakin hari semakin menurun. Tugas tidak dikerjakan maksimal, budaya mencontek merebak, serta sikap respek terhadap guru semakin rendah. Ini seolah menjadi titik balik dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Dalam kondisi ini kita harus melakukan reformasi dalam diri kita untuk menemukan kembali mile stone yang sudah kita tetapkan di awal ketika memilih sebagai profesi guru. Kesulitan, hambatan, serta beragam situasi dan kondisi yang secara pribadi akan berpengaruh mohon diabaikan. Kondisi yang harus kita hadapi saat ini harus disikapi dengan ketulusan. Jangan pernah menyalahkan siswa yang sering main telepon seluler ketika kita sedang mengajar, jangan menyalahkan siswa yang berbicara dengan temannya ketika kita sedang menerangkan, jangan merasa kecewa ketika tatakrama yang mereka tunjukkan tidak menunjukkan hormat kepada kita. Yang harus ditanyakan oleh kita adalah, seberapa maksimal kita melakukan metode pembelajaran untuk membuat mereka jatuh hati pada pelajaran yang kita sampaikan.

Baca selanjutnya di : Blog Pembelajaran Inovatif dan Kreatif, atau klik disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: