Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Desember 22, 2008

Mahasiswa Protes karena Belum Tahu Versi Terakhir UU BHP

Mahasiswa Protes karena Belum Tahu Versi Terakhir UU BHP

YOGYAKARTA–MI: Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo menyatakan banyaknya protes dari masyarakat utamanya mahasiswa mengenai Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UUBHP) disebabkan ketidaktahuan mereka mengenai versi terakhir UU tersebut yang disahkan oleh DPR.

“Saya duga, banyak yang belum tahu mengenai versi terakhir UU yang disahkan, tetapi saya tidak akan mempermasalahkan itu terkait banyaknya protes mahasiswa,” katanya usai menghadiri seminar Serat Centhini di Yogyakarta, Senin (22/12).

Menurut dia, mahasiswa belum tahu versi yang disahkan, tetapi sudah terlanjur unjukrasa. “Selain itu, UU BHP yang disahkan DPR pada 17 Desember lalu tidak benar jika disebut melegalisasi komersialisasi pendidikan seperti yang dikhawatirkan selama ini,” katanya.

Dalam UU BHP, kata dia, telah dituliskan aturan yang pasti mengenai bentuk suatu institusi pendidikan, yaitu nirlaba, sehingga jika ada kelebihan sisa hasil usaha (SHU), maka kelebihan tersebut kembali ke institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu atau kapasitas pelayanan pendidikan.

“Sedangkan siapa yang memperkaya diri sendiri akan dikenai hukuman pidana lima tahun dan denda Rp500 juta. Begitu juga dengan pungutan maksimal yang dapat dikenakan kepada mahasiswa diatur secara jelas, utamanya untuk yang negeri,” katanya.

Terkait lamanya waktu pembahasan RUU BHP, kata menteri, tujuannya untuk mengakomodasi semua suara masyarakat dan mahasiswa agar tercakup dalam UU BHP tersebut.

Menyinggung keinginan untuk mengajukan judicial review kepada Mahkamah Konstitusi (MK), kata menteri, menjadi satu upaya yang dapat ditempuh untuk mengetahui apakah UU BHP tersebut merugikan masyarakat atau tidak.

“Saya tidak akan menghalang-halangi, karena semua UU bisa di judicial review kecuali UUD, silakan ajukan ke MK,” katanya. [Media Indonesia.com]

Baca juga artikel terkait berikut dan ikuti polling-nya :

BHP Penyebab Pendidikan Mahal ?

Iklan

Responses

  1. Mahasiswa memang seharusnya begitu, lantang menyuarakan kesalahan para pemimpin negara ini yang terlalu menurut dengan penjajahan barat.
    http://www.warnadunia.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: