Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 21, 2009

Kuota Sertifikasi Guru Non S-1 Belum Keluar

Kuota Sertifikasi Guru Non S-1 Belum Keluar

Padang, Para guru senior yang belum mengantongi ijazah S-1 (strata satu) bisa mengikuti ujian sertifikasi. Hal ini mengacu pada PP No 74 Tahun 2008 tentang Guru dengan syarat usia para tenaga pendidik tersebut telah mencapai 50 tahun dan memiliki masa kerja 20 tahun.

Namun demikian Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Sumbar belum menerima kuota sertifikasi guru Non S-1 2009 untuk wilayah Sumbar dari Departemen Pendidikan Nasional. “Aturannya memang seperti itu.Tetapi kami belum menerima kuota sertifikasi guru Non S-1 2009 untuk Sumbar,” kata Kadis Dikpora Burhasman Bur, ketika dihubungi Padang Ekspres, kemarin.
Burhasman mengatakan persyaratan mengikuti sertifikasi guru non S-1 ini sama dengan sertifikasi guru S-1 namun bedanya terletak pada ijazah S-1. Kemudian, berusia 50 tahun, memiliki masa kerja 20 tahun dan memiliki golongan IV-a atau memiliki kredit akumulatif setara IV-a. “Mereka diberi waktu lima tahun untuk mengikuti uji kompetensi itu sejak diberlakukannya aturan tersebut,” jelasnya.

Berdasar data Disdikpora hingga November 2008, jumlah guru di Sumbar 73.171 guru. Sekitar 46.999 guru belum berkualifikasi S-1. Masih banyak mereka yang hanya mempunyai kualifikasi D-2, bahkan hanya tamatan sekolah pendidikan guru (SPG), yang setara dengan tamatan SMA. Sertifikasi guru ini diadakan bertujuan untuk menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai agen pembelajaran dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional, meningkatkan proses dan mutu hasil pendidikan, meningkatkan martabat guru dan profesionalitas guru.

Setiap guru yang lulus sertifikasi mendapat tambahan tunjangan profesi sebesar satu bulan gaji, di luar gaji pokok dan tunjangan fungsional. Itu semua berlaku bagi guru PNS ataupun yang guru honorer. “Kita berharap dengan tingginya tuntutan akan pendidikan saat ini, guru bisa meningkatkan kompetensinya, salah satunya dengan peningkatan kualifikasi, serta melakukan sertifikasi,” tukas Burhasman seraya menyebutkan tahun 2008 sekitar 5.357 guru yang telah disertifikasi [Padek, Kamis 22-01-09]

Iklan

Responses

  1. Bapak Kadinas Pendidikan Dan Olah Sumbar kami mau tanya. Di Kabupaten Agam Dinas pendidikan mewajibkan guru sertifikasi mengajar 24 jam tatap muka (masuk Kelas). Apakah benar team teaching tidak berlaku dalam beban kerja, guru

  2. Bapak Kadinas Penddikan Dan Olah Sumbar , kami mau tanya, daftar nama guru yg lulus setifikasi non S1,kpan keluarnya?

  3. pak, mau tanya saya sudah mengabdi di TK selama 25 tahun namun ijazah saya SMA apa bisa ikut sertifikasi??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: