Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Februari 2, 2009

Kini Ada Mobil Genius Masuk Kampung

Kini Ada Mobil Genius Masuk Kampung

Perpustakaan keliling berupa mobil box yang memuat banyak buku dan majalah, itu namanya mobil pintar. Kemudian perpustakaan keliling masuk ke pelosok-pelosok nagari menemui masyarakat atau ke sekolah-sekolah mendatangi para siswa untuk menumbuhkan minat baca. Itu suatu hal yang sudah biasa dan sudah ada di mana-mana sejak beberapa tahun yang lalu.
Tapi di Batusangkar sejak beberapa hari ini ada yang luar biasa, yakni bukan hanya sekadar mobil pintar, tapi ada mobil genius! Apa pula makhluknya itu?

Yang dimaksud dengan mobil genius itu adalah sebuah mobil box yang dinamakan dengan Mobile Community Access Point (MCAP), yaitu fasilitas pelayanan masyarakat yang bergerak. Pelayanan yang diberikan adalah berupa informasi, pengetahuan umum dan hiburan dengan menggunakan alat canggih teknologi informasi. Maka di atas mobil ini terdapat komputer, telepon, televisi, VCD player dan faximile. Kemudian dilengkapi pula dengan internet, alat pencetak digital, wireless access point, printer multifungsi, modem CDMA, sound system, generator listrik, UPS dan lain sebagainya. Oleh sebab itu wajar disebut dengan mobil genius bukan hanya sekadar mobil pintar.

Mobil ini berkeliling ke kecamatan dan nagari-nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar untuk mengantarkan teknologi informasi kepada masyarakat, dan para siswa secara lansung sehingga masyarakat juga tahu perkembangan tekhnologi informasi serta cara menggunakannya.

Kenapa mobil genius yang bernilai sekitar Rp500 juta itu bisa ada di Batusangkar? Ternyata mobil itu adalah hibah dari pemerintah Jepang bekerja sama dengan Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) RI.

Kabupaten Tanah Datar beruntung dan menjadi satu-satunya daerah penerima hibah senilai US $130.000 (sekitar satu setengah miliar rupiah) di Sumatra Barat.

Kamis, akhir Januari 2009 Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Depkominfo RI, Drs. Aizirman Djusan lansung menyerahkan mobil MCAP itu kepada Bupati M.Shadiq Pasadigoe. Pada kesempatan itu juga hadir President dan CEO The Telecommunication Technology Committee (TTC) Japang, Mr.Yuji INOUE beserta 10 orang anggotanya. Menurut Mr.Yuji INOUE, tekhnologi informasi sangat dibutuhkan saat ini karena akan membuat pekerjaan lebih cepat, lebih hemat dan lebih mencapai sasaran. Maka melalui program ini komputer dan internet akan masuk ke nagari-nagari membantu masyarakat untuk mengakses informasi serta meningkatkan pelayanan kesehatan, pertanian dan pendidikan.

Mobil genius ini selain untuk pengenalan teknologi informasi kepada siswa dan masyarakat, juga digunakan untuk kegiatan Promotion of e-local Community with ICT Solution in-Indonesia yang tergabung dalam Project Asia Pacific Technology (APT). Proyek ini dilaksanakan pada empat negara —Indonesia, Malaysia, Filipina dan Thailand —. Khusus untuk Indonesia atau di Tanah Datar kodenya J3 (Japan 3) berbentuk pelayanan kesehatan masyarakat (Current Medical Situation).

Sedangkan di negara lain berbentuk program Tekhnologi Pertanian dan Tekhnologi Pendidikan. Dalam hal ini dapat dilakukan pendataan kesehatan masyarakat dengan menggunakan alat ini dan kemudian dapat ditentukan solusinya.

Data kesehatan masyarakat akan terekam di komputer dan dapat diakses setiap saat. Maka mobil genius ini juga akan berkeliling menemui masyarakat untuk memberikan pelayanan dan pendataan kesehatannya.

Sebenarnya tahun 2004 yang lalu Depkominfo RI juga telah memberikan bantuan tekhnologi informasi kepada Kabupaten Tanah Datar. Waktu itu Tanah Datar ditunjuk sebagai pilot project bersama enam kabupaten lainnya di Indonesia untuk membangun Local Area Network (LAN) dan Computer Literacy.

Kemudian juga menggulirkan program One School One Computer Lab (OSOL), yaitu memasyarakatkan komputer kepada siswa melalui pembentukan labor komputer di sekolah-sekolah. Maka sejak saat itu bertumbuhan labor komputer di sekolah-sekolah SLTP dan SLTA di Kabupaten Tanah Datar.

Bahkan tiga orang staf Kantor Inforkom dan PDE Kabupaten Tanah Datar juga dikirim ke New Delhi India untuk mengikuti kursus Tekhnologi Informasi atas kerjasama dengan Kedutaan Besar India di Indonesia.

Pada lounching mobil genius MCAP di gedung Indo Jolito Batusangkar tersebut para siswa lansung menyerbu mobil itu untuk mencoba internet gratis.

Ada enam buah Personal Computer (PC) yang disediakan sehingga para siswa cukup puas membuka internet, mengirim email dan chatting. Mereka selalu ingin mencobanya lagi.

Menurut Fajri, SSi. Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Dinas Perhubungan dan Inforkom Kabupaten Tanah Datar, akan dibuatkan jadwal keliling mobil MCAP ini ke berbagai kecamatan dan nagari di Tanah Datar.

Kemudian bagi siswa dan masyarakat yang ingin belajar juga dapat menghubungi kantornya di Pagaruyung Batusangkar. Nampaknya mobil genius seperti ini tidak cukup satu di setiap kabupaten/kota karena peminatnya cukup banyak.

Mungkin pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Sumatra Barat bisa memprogramkan untuk penyediaan yang lebih banyak lagi. Bila masyarakat kita telah melek komputer maka tentu akan lebih cepat maju.

Batusangkar maju selangkah lagi melalui mobil geniusnya. Diharapakan agar anak-anak di Tanah Datar juga bisa lebih pintar, tidak gagap tekhnologi dan menjadi genius. [Singgalang]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: