Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Februari 25, 2009

Guru MIPA Dimagangkan ke Australia

Guru MIPA Dimagangkan ke Australia

Sebanyak 170 orang guru MIPA (SMP, SMA dan SMK) se-Sumbar direncanakan akan ikut seleksi calon peserta Program Magang Guru MIPA SBI Sumbar di Perth, Australia Barat Juli 2009. Pejabat penanggungjawab teknis kegiatan (PPTK) Bidang SMP SMA SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbar, Helmiza mengatakan, seleksi diadakan di Padang 2-4 Maret mendatang.

“Tahun ini kita akan memilih sebanyak 35 orang guru SMP, SMA, SMK yang akan diberangkatkan magang ke beberapa sekolah di Perth. Jumlah peserta tahun ini meningkat dari jumlah peserta program magang tahun lalu, yang hanya 19 orang saja,” jelas Helmiza.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sumbar Burhasman Bur berharap guru terpilih hendaknya mendapat bantuan yang memadai dari pemerintah kabupaten dan kota masing-masing. Bantuan itu diperlukan karena dana APBD Provinsi, untuk program magang ini, kemungkinan hanya kuat untuk meng-cover biaya penerbangan, pengurusan dokumen perjalanan (paspor dan visa) ongkos kursus Bahasa Inggris dan bayaran nara sumber serta akomodasi penginapan para peserta selama di Australia saja. Sedangkan untuk ongkos lain seperti biaya makan–minum dan transportasi lokal selama magang, masing-masing peserta, satu bulan di benua kangguru tersebut harus ditutup sendiri oleh peserta.

Program magang ini adalah salah satu usaha untuk meningkatkan kemampuan guru MIPA dalam mengelola proses belajar mengajar di sekolah bertaraf internasional (SBI) rintisan yang ada, atau yang akan diadakan, di masing-masing kabupaten-kota. Oleh sebab itu diharapkan masing-masing kabupaten– kota dapat mengirim calon peserta seleksi dari SBI yang ada, dan atau paling tidak mereka yang telah kembali dari program magang ini nantinya ditugaskan di SBI yang ada, di kabupaten – kotanya masing-masing. Dengan begitu, guru dapat membantu pembelajaran, menggunakan dwi-bahasa (Indonesia dan Inggris) lebih ditingkatkan, salah satu ciri SBI.

Dampak lain dari program magang guru MIPA, perbaikan mutu atau percepatan penguasaan bahasa Inggris oleh siswa SBI. Ini lebih memungkinkan terjadi karena akan semakin tingginya intensitas penggunaan bahasa asing tersebut di sekolah. Tadinya, hanya guru bahasa Inggris yang didengar pakai bahasa itu, sekarang dipakai juga dengan baik, oleh guru Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika, di kelas dan dalam berbagai penugasan oleh masing-masing guru tersebut. Ini akan menjadi pendorong kuat untuk siswa belajar bahasa lebih baik.

Calon, lolos seleksi, akan segera diproses dokumen perjalanannya, melalui Depdiknas, dibantu oleh Ms. Ngaire Young, dari DET (Department of Education and Training) Perth dan pihak Kedubes Australia, di Jakarta [Padang Today]

Iklan

Responses

  1. I am interest for joint to ausie. because can be a profesional teacher. conngratulation magang to ausie


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: