Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 2, 2009

SMK SBI Harus Dilengkapi ISO

SMK SBI Harus Dilengkapi ISO

Padang, SMKN 4 Padang berhasil memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu ISO 9001- 2000 dari badan sertifikasi SAI Global Indonesia, Sabtu lalu (28/2). Dengan adanya ISO tersebut diharapkan memuluskan langkah SMKN 4 Padang untuk menjadi SMK berstandar SBI (Sekolah Berstandar Internasional). Pasalnya untuk menjadi SBI harus dilengkapi persyaratan ISO 9001-2000.
“Alhamdulillah, sertifikat ISO itu sudah kita dapatkan hari ini. Dengan ISO ini tanggungjawab kami menjadi lebih besar lagi. Mudah- mudahan dengan ISO ini membuat kami menjadi lebih baik lagi,” ujar Kepala SMKN 4 Padang, Jamaris di sela- sela acara penyerahan sertifikat SMM ISO 9001:2000 di SMKN 4 Padang.

SMKN 4 Padang memiliki sejarah yang panjang sebelum mendapatkan ISO tersebut. Pada Agustus, kepala SMKN 4 dipanggil P4TK Yogyakarta bersama SMKN 8 Padang mengikuti sosialisasi selama 1 minggu. Tanggal 17 januari 2008 segenap warga SMKN 4 Padang mengucapkan ikrar yaitu berkomitmen untuk melaksanakan ISO. Akhirnya bulan Oktober dilaksanakan audit internal di bawah konsultan SMKN 6 Padang.

Pada 23-25 November 2008 dilaksanakan audit eksternal oleh PT SAI Global Indonesia. Tidak terlalu lama menunggu, akhirnya SMKN 4 Padang mendapat kabar yang menyebutkan SMKN 4 Padang berhasil mendapatkan ISO 9001:2000. “Akhirnya pada hari ini kita saksikan bersama- sama penyerahan ISO 9001:2000 dari PT SAI Global Indonesia kepada SMKN 4 Padang,” ujarnya.

Sementara itu, PT SAI Global Indonesia yang diwakili Reni Tobing meminta agar SMKN 4 tidak berbesar hati dengan dikeluarkannya sertifikat ISO tersebut. PT SAI Global akan tetap melakukan monitor kepada SMKN 4 Padang. Jika dalam perjalanannya nanti ternyata SMKN 4 Padang tidak bisa mempertahankan ISO, maka tidak mustahil PT SAI Global Indonesia akan mencabut kembali ISO itu.

“Saya ingatkan jangan berbesar hati dengan ISO itu, dituntut tanggungjawab yang besar dengan dikeluarkannya ISO tersebut. Kami akan terus memonitor SMKN 4 Padang. Jika dalam perjalanannya tidak sesuai lagi, maka ISO itu akan kami cabut,” katanya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Nur Amin mengatakan SMKN 4 adalah SMK keenam di Kota Padang yang berhasil mendapatkan ISO 9001:2000. Sebelumnya SMKN 5 Padang, SMKN 9 Padang, SMKN 3 Padang, SMKN 1 Padang sudah mendapatkan ISO tersebut. Selanjutnya menyusul SMAN 1 Padang dan SMAN 10 Padang serta SMPN 1 Padang.

Dikti mensyaratkan syarat tambahan bagi sekolah yang ingin menuju SBI dengan sertifikat ISO 9001:2000. Saat ini di Kota Padang, sekolah-sekolah yang bertaraf internasional untuk tingkat SMA adalah SMAN 1 Padang dan SMAN 10 Padang, SMPN 1 Padang dan SMPN 8 Padang dan SMP 12 sedangkan untuk SD adalah SD Percobaan.

“Setelah dua SMA dan 1 SMP yang direncanakan untuk mendapatkan ISO itu, mudah- mudahan sekolah SBI lainnya juga akan diaudit ekternal untuk mendapatkan ISO. Ke depan, kami harapkan tidak hanya ISO mutu manajemen saja [Padek, Senin, 02 Maret 2009]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: