Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 7, 2009

UN Belum jadi Acuan Lulus SNM-PTN

UN Belum jadi Acuan Lulus SNM-PTN

Padang, Pengawasan Ujian Nasional tahun 2009 berbeda dengan tahun lalu. Jika pengawasan UN tahun 2008 kepanitiaannya hanya melibatkan jajaran dinas pendidikan, tahun ini perguruan tinggi juga diikutsertakan sebagai penyelenggara. Namun, hasilnya pada tahun ini belum bisa dijadikan acuan untuk lulus di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNM-PTN).
“Sebenarnya perguruan tinggi sudah terlibat dari awal, mulai dari penggandaan soal sampai pada penyelenggaraan UN,” ujar Rektor Universitas Negeri Padang, Z Mawardi Effendi, MPd, Jumat (6/3). Secara teknis, mekanisme UN untuk jenjang pendidikan SMA/MA juga melibatkan perguruan tinggi yang ada di daerah. Dalam hal ini selain UNP dan Unand, kepanitiaan juga berkoordinasi dengan perguruan tinggi di daerah.

“Untuk pengawasan pada saat pelaksanaan UN, dikerahkan dua orang dari perguruan tinggi pada setiap sekolah,” tambah Didi. UN tahun sebelumnya, pihak perguruan tinggi hanya sebagai tim pemantau pada pelaksanaan UN, dan keterlibatannya hanya pada hari berlangsungnya UN. Sedangkan tahun ini, Tim Pemantau Independen UN SMA/MA ditiadakan.

Kebijakan dari Mendiknas, perguruan tinggi telah diikutsertakan mulai dari penggandaan soal, pengawasan, mengevaluasi dan melaporkan pelaksanaan ujian yang akan berlangsung 20-24 April. Saat ditanya tentang kesiapan, Didi mengatakan saat ini masih dalam proses tender untuk soal. Sementara efektifitas adanya mekanisme seperti tahun ini diharapkan penyelenggaraan UN bisa lebih baik dari tahun sebelumnya.

Di tempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Sumbar, Burhasman menyebutkan peserta yang akan mengikuti UN SMA/MA sejumlah 43.864 orang. Soal total jumlah pengawas, ia mengatakan belum mendapat data-datanya. “Panitia penyelenggara UN sedang melakukan pendataan berapa ruang yang akan dipakai untuk UN. ekanismenya masih sama dengan tahun kemarin, satu ruangan ditempatkan dua orang pengawas,” tambah Burhasman.

Kata Burhasman, ditetapkannya perguruan tinggi sebagai pihak yang ikut dalam penyelenggara UN karena Hasil UN nantinya juga akan digunakan oleh perguruan tinggi sebagai bahan pertimbangan bagi siswa untuk memasuki perguruan tinggi negeri.

Menanggapi hal itu, rektor UNP menuturkan untuk tahun ini, mereka belum bisa menjadikan nilai UN sebagai dasar lulus penerimaan mahasiswa baru melalui SNM-PTN.

“Nanti kalau UN memang benar-benar sudah bisa dilaksanakan dengan baik, dan perguruan tinggi sudah yakin hasil UN sudah bisa menjadi landasannya, baru kita respons. Untuk tahun ini belum,” kata Didi.

Didi mengungkapkan sistem penerimaan mahasiswa baru di UNP masih seperti tahun 2008, mekanisme tidak berubah. Jalur yang di buka adalah, SNM-PTN, jalur PMDK, Jalur tersendiri seperti program D-3 dan non reguler, dan penerimaan melalui jalur prestasi. Saat ini pihaknya sedang dalam tahap penyusunan soal SMPTN [Padek, 07/03/09]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: