Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 15, 2009

Disdikpora Sumbar Siapkan Beasiswa 842 Guru

Disdikpora Sumbar Siapkan Beasiswa 842 Guru

Guru non sarjana berkesempatan meraih gelar sarjana. Yang tidak puas dengan strata 1 (S1) juga bisa mendapatkan pendidikan gratis ke strata 2 (S2). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sumbar, tahun 2009 ini, sudah menyiapkan dana Rp7,79 miliar untuk peningkatan kualifikasi pendidikan bagi 841 guru. Jatah S1 sebanyak 709 orang dan S2 lebih sedikit hanya 132 orang.

Beasiswa tersebut merupakan program untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dalam mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sumbar yakni terkemuka di bidang sumber daya manusia. Namun diluar itu, terselip misi kesejahteraan guru yang selama ini selalu menjadi sorotan publik. Guru yang bergelar sarjana bisa ikut sertifikasi. Yang lulus mendapatkan tunjangan profesi satu bulan gaji setiap bulannya.

Kepala Disdikpora Sumbar Burhasman Bur mengatakan saat ini tim sedang melakukan penjaringan calon guru yang akan memperoleh bantuan beasiswa tersebut. Menurutnya program tersebut akan terus digenjot tiap tahun terutama untuk guru SD. Sebab, guru SD yang bergelar sarjana baru sekitar 30 persen. Untuk SMP/SMA sudah cukup menggembirakan karena persentasi yang S1 sudah mencapai 80 persen.

Beasiswa untuk guru SD/TK hanya ditujukan untuk mereka yang berpendidikan D2 PGSD dan D3 bagi guru SMP. Yang berpendidikan Sekolah Pendidikan Guru (SPG) tidak dapat jatah karena program tersebut sudah tidak dikenal di UNP. Jatah guru SD yang D2 sekitar 200 kursi dan guru SMP yang D3 sekitar 100 kursi. Untuk guru SMP diprioritaskan guru mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Sementara, jatah S2 khusus untuk guru di sekolah berstandar nasional dan sekolah berstandar internasional dengan prioritas guru yang menangani satu di antara enam mata pelajaran. Di antaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia dan Kejuruan. “Yang ditanggung hanya SPP dan langsung dibayarkan ke UNP. Jadi mereka tidak terima dalam bentuk uang,” terang Burhasman.

Burhasman menegaskan setiap penerima beasiswa baik S1 dan S2 lama studinya dijatah 2 tahun. Untuk SPP yang akan dibayarkan sebesar Rp2,5 juta per semester, sementara S1 sebesar Rp4 juta per semester. Lewat dari batas waktu tersebut apapun alasannya termasuk sakit menjadi tanggung jawab penerima beasiswa. Selain menyediakan dana bagi penerima beasiswa baru, Disdikpora juga menyediakan dana lanjutan beasiswa S1 tahun 2008 untuk 1555 guru.

Program beasiswa sudah berlangsung sejak tahun 2006. Untuk S1 sebanyak 487 orang dan S2 sebanyak 473 orang. Tahun 2007 hanya dialokasikan untuk S2 sebanyak 381 orang dan bisa mengambil kuliah di UNP dan Unand. Namun mulai tahun 2009, semuanya difokuskan di UNP. Sebab kuliah di Unand masih harus penyesuaian ijazah, kredit dan pangkat. Yang mengambil kuliah 2006 dan 2007 sudah lulus 80 persen. Hanya ada 20 persen yang melewati limit waktu yang sudah ditetapkan dinas.

Untuk informasi jadwal dan persyaratan yang harus dilengkapi guru calon penerima beasiswa, Disdikpora Sumbar akan mengirimkan surat ke Dinas Pendidikan di kabupaten/kota. Berkasi dikirim ke dinas provinsi untuk diteruskan ke Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai tim penyeleksi akademik. “Disdik tidak ikut seleksi karena UNP lebih berkompeten dan independen,” tukas Kepala Bidang SMP/SMA Muliardi.

Jadwal seleksi akan mengikuti jadwal akademik di UNP yakni sebelum Juni atau Desember. Urgensi pengumpulan berkas di provinsi merupakan strategi untuk up dating data guru S1 dan non S1 disetiap satuan pendidikan. Sebab selama ini permintaan data dari provinsi ke kabupaten/kota jarang direspons. Akibatnya Disdik di provinsi tidak memiliki data terbaru perkembangan kualifikasi pendidikan tenaga pendidik di sumbar. [Padang Today]

Iklan

Responses

  1. assalmualaikum wr.wrb
    bpk zulfikri yth,
    saya punya keingin, tapi saya tidak diberi kesempatan, setiap kali ada informasi yang masuk ke-email saya selalu menjadi angan2 belaka. tapi pak saya tdk kecewa dan tdk putus asa mungkin ini belum ditakdirkan oleh Allah swt. saya menyadari pak karena saya mengajar di smp n 23 padang yg letaknya jauh di pinggir kota dan juga sekolah kami itu belum berstatus SBI/SSN.kesempatan2 itu seperti beasiswa, magang, pelatihan2, tot IT baik tingkat kota/kab, prov,maupun nas dsb. kalau demikian tentu pemerataan kesempatan guru berarti tidak adil. sementara output yang diharapkan dari semua ini sama. maaf pak agak lancang sedikit mudah2an tanggapan ini menjadi perhatian bagi kita semua.
    wassalam

  2. Assalammualaikum wr. wbr
    Membaca informasi beasiswa utk. S2, merupakan harapan yang sangat besar dan seperti angin penyejuk bagi kami guru-guru smk, sayang informasi yang kami peroleh belum sampai kesekolah tempat bertugas padahal di Jln. Sudirman lokasi sekolahnya. Kami mohon Dinas Kota/Kabupaten secepatnya menginformasikan ke msg2 sekolah,Thanks

  3. Thanks Pak, sudah Kami dapatkan informasi S2

  4. i am so interested to joint graduate program (S2). i am pns, teacher of english at the primary school. but the problem is diknas always give the opportunity to teacher who are teaching at the SMP or SMA. could you give me the chance to the teacher like me who teaches at elementary school, please?

  5. Yth. Bpk. Andi Feri.

    Formasi guru yang dapat beasiswa pada tahun ini bukan guru SMP dan SMA saja (read more please) tapi juga untuk guru-guru SD yang belum S1. Permasalahan mungkin timbul adalah di Dinas-dinas Pendidikan Kab/Kota Ybs. Nah, silahkan dikonfirmasikan kepada Dinas Pendidikan setempat

    Wassalam,
    Redaksi.

  6. saya adalah seorang guru smp. saya begitu bahagia ketika mendengar dinas mau memberi beasiswa s2 untuk guru, namun say begitu kecewa ketika ada kriteria sekolahnya. saya ingin menenyakan mengapa hanya untuk sekolah SSN atau SBI saja? apakah sekolah yang tidak SSN atau SBI tidak perlu guru yang bergelar Master? sedang tuntutan dunia pendidikan antara sekolag biasa, SSN atau SBI sama?

  7. saya guru BIOLOGI SMA PARIAMAN .MENGAPA PROGRAM BEASISWA UTK GURU BIOLOGI TIDAK ADA ? SAYA BERHARAP ADA KEBIJAKSANAAN PEMDA/DINAS PENDDKAN PROPINSI MEMPERHATIKAN JUGA KEBERADAAN KAMI SEANDAINYA DI UNP BELUM ADA PENDIDIKAN KONSENTRASI BIOLOGI ,BAGAIMANA KALAU KAMI GURU BIOLOGI SSN/SBI DIIKUTSERTAKAN UTK PROGRAM S 2 MISAL S2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN

  8. Sekolah kami telah menerima surat pemberitahuan kesempatan S2 bagi guru SMK. Tapi disitu tertulis “burden sharing 20%”, apa maksudnya?

  9. Pak Ediruslan Yth,
    Semua persyaratan dan ketentuan mengenai Beasiswa yang dimaksud silahkan ditanyakan atau dikonfirmasikan langsung pada satker ybs.

    Terima kasih wassalam,

  10. mengapa sih yang dapat beasiswa itu guru-guru pns. guru swasta yang gajinya dibawah UMR buruh pabrik tidak diberi kesempatan ikut program beasiswa. Kita juga guru yang ikut andil dalam mencerdaskan bangsa. Tidak hanya yang sudah PNS kok.

  11. Salah satu syarat sekolah RSBI menuju SBI adalah min.30% Guru sudah kualifikasi S2, sesuai dengan Renstra Dikdasmen Pusat yang juga pernah disampaikan Bapak Kepala Disdikpora Prop.Sumbar Burhasman Bur di Talk Show Padang TV pada Awal April 2009 kemaren, jadi memang prioritas dulu untuk Rintisan SBI…

  12. dear e newsletter Disdik

    only 132 teachers that could have scholarship for post graduate this year (based on your information above) but those 132 teachers are from different subjects such as kimia, fisika, etc. so could you give me details about the teachers allowed for the scholarship per its subjects, please. how many percent 0f 132 for English teachers to study S2 at UNP for this year?. thanks

    • For furthermore information please confirm or contact DISDIKPORA Prov. Sumbar or DISDIK Kab/kota in your district.

  13. pengumuman nya kapan nih pak????? gak pakai KKN kan???

  14. kapan pengumuman beasiswa guru di umumkan pak???

  15. saya guru non S1, kapan keluarnya daftar panggilan untuk SERTIFIKASInya pak…….?????

  16. Assalammualaikum wr. wbr
    Membaca informasi beasiswa utk. S2, merupakan harapan yang sangat besar dan seperti angin penyejuk bagi kami guru-guru smkn 2 solok, tetapi harapan saya sirna karena sangat sulit mendapatkannya ditambah informasi yang kami dapat kadang terlambat sampai disekolah mohon kiranya Bapak yth bisa membuka kembali pendaftaran untuk s2,Thanks

  17. saya ingin mendapatkan beasiswa s2 khususnya MKOM, tapi sampai saat ini saya belum mendapatkannya, bagaimana caranya ya pak ?

  18. Dapat kesempatan beasiswa pendidikan S2 sangat menantang semangat mengajar saya di unit kerja Taman Kanak-kanak. Apakah ada kesempatan untuk guru TK berpendidikan S1 Umum?

  19. ass. sebelumnya mohon maaf..saya fikir info ini masih belum lengkap.tidak ada salahnya mengenai jadwal dan syarat juga disertakan..karena hal tersebut akan memperjelas pemberitaan.terimakasih banyak

  20. sebagai guru mata pelajaran PKn saya berharap sekali mendapat kesempatan menerima beasiswa untuk S2, mengapa Pemerintah hanya memberi kesempatan dan peluang yang lebih dalam segala hal hanya untuk guru mata pelajaran yang di UN kan saja !.Alasan sebenarnya apa ya pak ?. salam hangat dari Firdaus, S,Pd. Guru SMA Negeri 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok

  21. saya guru biologi di SMKN 1 Koto Baru, sudah lama sekali menginginkan beasiswa ini pak..tapi tahun dulu tidak ada jurusan tersebut keluar untk itu..
    kata bapak dr dispora dulu janji bahwa akan ada untuk tahun ini…tp dr kitipan pak burhasman di atas tidk ada untk jur biologi lai tahu ini..mohon konfirmasi pak..
    saya juga sudah kembali dr pertukaran guru ke australi tahun 2009 kemaren..dan dalam perbincangan tersbt ada wacan bahwa untuk guru tersbt di prioritaskan untk ikut..gimana t pak?

  22. kenapa program beasiswa penjaringannya tidak melalui tes saja, kenapa harus pakai sarat-sarat yang sekolahnya harus sbi/ssn, kalau di tes kan jelas bagaimana kualitasnya.

  23. sy gru SD di kt Bukittinggi dan telh menamatkan jenjg s1 di UNP dg IPK yg sgt memuaskan. sy sgt berharap dpt melanjutkan ke jenjg S2 namun terkendala dna. ada gak Pak beasiswa s2 untk gru SD alokasi 2011? kl ad, tlg beri kesempatan dong Pak. termaksih

  24. saya seorang guru SMK Di Kab. Pesisir Selatan,..apabila program diatas ada lagi tolong diksdih info lewat email ya pak…trims

  25. Assalaamu’alaikum wr wb.

    Kalo guru yang diterima kuliah S2 di Universittas Indonesia bukan di UNP ada beasiswanya pak?? Terima kasih

    wassalam

  26. Alhamdulillah mudah2an informasi tersebut sudah diketahui oleh guru-guru dan yang tersaring untk kuliah betul-betul demi pengembangan pendidikan di sumbar ke depan.trims

  27. aslam, perkenalkan nama saya Sri Wahyu, guru SMKN 1 Sutera, yg sedang menempuh Pendidikan S2 kjuruan pendd tknik elektronika, dalam pengumuman beasiswa hanya slalu angin segar, tetapi tuk mendapatkanny sngatlah sulit, bhkan cenderung hny impian sja bagi guru kjuruan teknik elektronika,telah dtanyakan juga k dinas provinsi, bhw beasiswa hny untk guru produktif TIK, n Otomotif sja, bisakah bapak mmbuka ksmpatan untuk saya mnrima beasiswa ini, terima kasih kpd bapak


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: