Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 16, 2009

Nilai Matematika-Fisika Anjlok, Hasil Pra-UN SMA-SMK Melejit

Nilai Matematika-Fisika Anjlok, Hasil Pra-UN SMA-SMK Melejit

Hasil pelaksanaan Pra-Ujian Nasional (UN) tahun 2009 tingkat SMA dan SMK di Sumbar, cukup memuaskan dibanding tahun sebelumnya. Namun, lagi-lagi nilai siswa anjlok pada mata pelajaran matematika dan fisika. Untuk itu, Disdikpora akan mengadakan program remedial.

“Secara nasional untuk pelajaran matematika dan fisika hasilnya masih di bawah standar. Memang matematika ada kaitannya dengan fisika. Kalau anak lemah pada mata pelajaran matematika tidak tertutup kemungkinan fisikanya juga sulit,” ujar Kabid SD, SMP, SMA Disdikpora Sumbar, Muliardi, kepada Padang Ekspres (Group Padang-Today).

Evaluasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olaharaga mencatat, persentase jumlah siswa yang lulus Pra-UN untuk SMA jurusan IPA 69,12 persen. Angka tersebut jauh melejit jika dilihat data tahun 2008, kelulusan hanya 20 persen. Begitupula dengan siswa jurusan IPS.

Mereka yang lulus pada pra-UN mencapai 58,21 persen. Padahal pra-UN tahun sebelumnya kelulusan hanya berkisar 12 persen. Sedangkan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tingkat kelulusan siswanya, baru berada di angka 48,7 persen. “Hasil tersebut sudah dianalisis dan telah diserahkan ke pemerintah kabupaten dan kota,” kata Muliardi.

Hasil pra-UN terlihat sampai dimana kemampuan siswa. Untuk itu diharapkan sekolah-sekolah mampu menyikapinya dan melakukan tindak lanjut, dengan membuat langkah-langkah strategis. Dalam hal ini Disdikpora akan menerapkan program remedial. Memang, pelajaran matematika dan fisika masih menakutkan. Sudah rahasia umum, siswa masih banyak yang lemah pada dua mata pelajaran tersebut.

Teknik yang diberikan misalnya, menyiapkan kisi-kisi soal lalu diserahkan kepada siswa. Dari hasilnya akan ketahuan dimana letak kelemahan siswa, atau soal mana yang anak memang lemah. Selanjutnya guru menentukan langkah prepentif dan taktik bagaimana supaya anak lebih memahami pada soal yang dianggapnya sulit. “Kita akan alokasikan anggaran remedial untuk mengejar ketertinggalan itu,” tegas Muliardi.

Remedial Ujian

Ia mengungkapkan, untuk pelaksanaan remedial sudah Disdikpora telah menyediakan anggaran sebesar Rp2,9 miliar. Jumlah itu akan digunakan untuk kegiatan remedial di SMA dan SMK. Penekanannya, lebih diperuntukkan bagi belanja tambahan dan transpor bagi guru yang ditugaskan.

Dinas akan melakukan monitoring ke sekolah-sekolah, tentang bagaimana pelaksanaan remedial yang telah mereka lakukan. Mulai minggu depan, jajaran disdikpora akan melaksanakan monitoring.

Jika ditentukan peringkat, hasil pra-UN yang berlangsung 23-25 Februari 2009, Bukittinggi merupakan kota dengan tingkat kelulusan tertinggi di Sumbar. Jenjang SMA maupun SMK diraih oleh kota yang sempat menjadi ibukota RI itu. Jumlah kelulusan siswa jurusan IPA 98 persen, IPS 94 persen, dan siswa SMK perolehan kelulusan mencapai 73 persen. (lihat grafis peringkat 5 besar).

“Sebenarnya, peringkat tergantung pada jumlah sekolah secara kumulatif di kab/kota. Jika ada yang berada di urutan bawah, bukan berarti kemampuannya tidak bagus. Bisa saja karena jumlah sekolahnya banyak, sehingga mempengaruhi pada perolehan rata-rata. Begitu sebaliknya, kota yang sekolahnya sedikit, yah bisa saja di urutan pertama. Lagipula tujuan pra-UN kita ingin melihat dimana kemampuan siswa,” ujar Muliardi.

Sementara itu, hasil pra-UN SMP masih dalam tahap analisis. Ia mengatakan kemungkinan 17 Maret 2009, hasilnya akan ke luar. Sedikitnya 2,7 miliar telah dianggarkan Disdikpora untuk program remedial. [Padang Today]

Iklan

Responses

  1. Cara mengajar Fisika tidak sama dengan cara mengajar matematika. Sering terjadi pada rekan guru kita mengajar Fisika sama dengan mengajar matematika, akibatnya anak-anak jadi stress. Mulailah mengajar Fisika dengan fenomena fisika, seperti yang dicontohkan oleh pelatih olimpiade fisika Pak Yohanes Surya.
    Terima kasih.

    DIWARMAN
    Guru SMAN 2 Batusangkar
    dewe_diwarman@yahoo.com
    http://diwarman64.blogspot.com

  2. Salah satu faktor yang dpt mempengaruhi tinggi rendahnya nilai seseorang pada saat ujian adalah masalah MENTAL. Beberapa efek dari hal tersebut menyebabkan banyak siswa yang mengalami stress dan bahkan ada yang sampai jatuh sakit.

    Untuk mengatasi kesiapan Mental dan Strategi siswa dalam menghadapi UN, salah satu solusi yang paling efektif saat ini adalah dengan melakukan latihan yang berulang-ulang baik dalam bentuk try out maupun drilling soal-soal yang mengacu kepada SKL dan Kisi-kisi terbaru.

    “Semua Ada Ilmunya” Penerbit Erlangga sebagai salah satu perusahaan yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap kemajuan pendidikan telah menyiapkan “Soal-soal Khusus” yang siap diujikan untuk membantu para siswa/i SMA/MA kota Padang dalam menghadapi UN 2009.
    Penerbit Erlangga bekerjasama dengan ILUNI UNP, LBB Sony Sugema College dan Forum MK2S SMA/MA Kota Padang telah bersepakat untuk mengadakan try out “SUKSES UN 2009” sebagai persiapan akhir siswa/i dalam menghadapi UN.

    Acara ini akan dilaksanakan pada;
    Hari/tanggal; Sabtu – Minggu / 4-5 April 2009
    Pukul ; 08.00 – selesai
    Lokasi ; GOR UNP
    Pendaftaran; Disekolah masing2 (Dlm Kota) Untuk luar kota dapat langsung Contact ke; 0751-8210500 (Winner), 0813 6301 5088 (Hendra), 0815 1054 5031 (Agus TS)

    Disamping untuk memantapkan persiapan siswa/i, panitia juga telah menyediakan hadiah 10 unit handphone dan 10 bingkisan menarik dari para sponsor. Ikuti ujiannya dan dapatkan hadiahnya….

    SUKSES UN 100%, Masuk SEPULUH BESAR SECARA NASIONAL…inilah yang menjadi target kami.

    Terima kasih.

    PENERBIT ERLANGGA
    ILUNI UNP
    LBB SONY SUGEMA COLLEGE
    FORUM MK2S SMA/MA KOTA PADANG

  3. Pak,, kLo di Pra Ujian’y bnyk yng anjlok,,
    Bagaimana dengan hasil Ujian Nasional’y…???

  4. Waktu plaksanaan try out un saja yang lulus cuma sedikt,gmn dengan hasil nilai un nya?

    • Mas,klw setahu saya sih klw try out kita nggak lulus belum tentu un tidak lulus.Pengalaman saya sih banya orang y sering gagal try out lulus di ujian sebenarnya,jadi gunanya try out hanya untuk mengetahui kemampuan kita saja.Bukan jadi acuan(tapi klu try out un lulus pasti lebih optimis dalam ujian sebenarnya)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: