Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Maret 22, 2009

Wakasek MTsN Model Padang Mareta Sari SPd Kembalikan Percaya Diri Siswa

Wakasek MTsN Model Padang Mareta Sari SPd Kembalikan Percaya Diri Siswa

Sekulerisasi pendidikan, membuat sekolah agama dianggap sebagai sekolah alternatif, tidak menjadi prioritas bagi calon siswa baru. Padahal, diperlukan intelegensi tinggi untuk sekolah agama, sebab dari segi mata pelajaran, sekolah agama lebih banyak dibandingkan sekolah umum.
Namun paradigma tersebut terlanjur melekat di kalangan masyarakat, sehingga tidak ayal sebagian siswa sekolah agama juga memiliki pemikiran yang sama. Hal tersebut merusuhkan pikiran Mareta, sebagian besar siswanya tidak percaya diri.

Hal tersebut terlihat dari bahasa tubuh mereka, saat berjalan kepala cenderung tertunduk, apalagi kalau bertemu dengan siswa sekolah umum. Dalam setiap pertemuan dengan siswa, Mareta yang mengawali profesi sebagai guru 21 tahun lalu, selalu menganjurkan siswa untuk berdiri dengan kepala tegak, menatap masa depan lebih cerah, tidak perlu minder, sebaliknya justru harus bangga mereka mendapatkan pendidikan agama.

“ Rupanya selama ini mereka salah persepsi, selain memang cenderung tidak percaya diri, mereka menganggap berjalan dengan kepala tegak, merupakan bentuk kesombongan diri. Setelah saya jelaskan bahwa berjalan dengan kepala dan leher tegak namun menundukan dagu, merupakan bahasa tubuh yang harus dilakukan siswa, sebab tingkah seperti itu sekaligus memupuk rasa percaya diri,” ujarnya.

Tentunya bahasa tubuh tersebut tidak hanya cukup untuk memupuk rasa percaya diri, Mareta bersama majelis guru berupaya meningkatkan kepercayaan diri siswa lewat peningkatan intelegensi. Ide cemerlangnya kembali muncul saat melihat siswa yang memiliki intelegensi tinggi menyatu dalam satu kelas bersama siswa dengan intelegensi standar dan sedikit dibawah standart.

Siswa cerdas tersebut, biasanya cenderung bosan dengan materi pembelajaran yang menurut mereka hal yang biasa, namun bagi siswa lainnya sangat sulit. Kondisi tersebut menurutnya yang membuat bakat-bakat siswa cerdas tidak terasah, sebaliknya siswa dengan intelegensi dibawah standart cederung malu bertanya, sebab mereka melihat teman-teman lainnya sudah mengerti.

Alumni Pendidikan Kimia IKIP inipun mengusulkan kepada kepala sekolah, agar siswa dikelompokan berdasarkan tingkat intelegensi siswa, agar sistim pembelajaran lebih optimal. Usu lannya disambut baik sang kasek, bahkan kasek pun menyatakan dukungan terhadap usulannya.

Maka setiap kelas pun dibagi berdasarkan tingkat intelegensi siswa, siswa cerdas disatukan kedalam dua lokal, siswa standar juga dimasukan ke dalam dua lokal, hal yang sama juga direalisasikan bagi siswa yang memiliki kemampuan di bawah standar atau kelas remedial. Guru pun dikelompokan berdasarkan tingkat kesabaran dan strategi cara mengajar. Guru-guru yang memiliki kesabaran tinggi dengan intelegensi yang tinggi ditempatkan di kelas remedial.

Sehingga guru tersebut dapat sabar menerangkan kepada siswa hingga siswa mengerti dengan materi pembelajaran. Sebaliknya guru dengan tingkat profesionalismenya tinggi serta selalu haus ilmu ditempatkan di kelas unggul, sehingga mampu menuntaskan keingintahuan siswa yang memang cara berfikirnya cenderung kritis. Untuk kelas standar, guru yang dipilih memiliki motivasi dan semangat tinggi serta memiliki komitmen untuk memajukan siswa, agar mereka dapat mencapai kelas unggul.

Agar siswa kelas remedial tidak merasa minder dengan status kelas mereka, Mareta menempatkan kelas siswa tersebut secara acak. Tidak selalu kelas nomor awal merupakan milik kelas unggul, seperti kelas IX 2, biasanya di sekolah lain merupakan kelas unggul tetapi di MTsN Model justru kelas standar.

“Berkat bantuan teman-teman majelis guru, ide tersebut ternyata cukup efektif, akhirnya kami dengan mudah menemukan siswa berbakat dengan mudah. Biasanya siswa kelas unggul selalu terpilih mewakili sekolah untuk lomba bidang akademik, sedangkan kelas standar biasanya mereka memiliki kemampuan bidang ekstrakurikuler. Mereka juga mewakili sekolah untuk lomba-lomba ekstrakurikuler. Sedangkan siswa standar saat ini sudah mulai dapat melompati untuk memasuki kelas unggul, saya yakin semua siswa memiliki kelebihan, tinggal cara kita mengapresiasi mereka” ujarnya.

Tidak ayal, sejak beberapa tahun terakhir, MTsN Model Padang mewakili Kota Padang bahkan Sumbar, untuk berbagai lomba dan mendapatkan juara. Seperti juara umum Lomba MIPA Se Sumatera yang diselenggarakan UNP. Juara 2 Lomba Fisika Se Sumatera serta juara II Lomba Fikih se Sumbar dan beragam prestasi lainnya. “Ini berkat kerjasam tim guru, saya hanya menfasilitasi” ujarnya merendah [Padang Ekspres]

Iklan

Responses

  1. tRm ksh,,tRm ksih,,tRm ksih…
    hany i2 yg dpt aq ucpkn kpd klwrg bsr MTsN MODEL PADANG.
    brkat guru2 yg sll sbar menghdpi smw tingkh laku qmi..baek yg brksan atopn yg krang brknan d hti guru2..aq prwkilan tmand2 mengcpkan mhon maaf sbsar-bsarnya..mdah2n d thun ne lu2z 100%
    amin y robbal alamin

  2. thanks for all buat MTsN Model Padang yg th3 b3st..

  3. I Like that MTSN model, tapi ada satu yg gak bisa ku terima sejak dulu,,, muridnya diluar kebanyakan yang cuek

  4. Assalamulaikum w.w.
    Salamuntuk seluruh guru-guru MTsN Model Padang. Seluruh keluarga besar MTsN Model di Indonesia, harus dapat membuktikan bahwa guru dan siswa MTsN Model tidak kalah dengan guru dan Siswa SMTP. Sukses selalu untuk MTsNModel Padang

  5. Luar biasa situs yang sudah dikembangkan di madrasah semoga kita terus berusahan mengembangkan madrasah kita kita lebih maju di indonesia. diisam,ping itu kami keluarga besar MAN Rukoh Kota Banda Aceh turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara kami di dunia pendidikan di kota padang beberapa minggu yang lalu. harapan kami semua agara seluruh civitas MTsN model Padang dapat tegara mengahadapi musibah ini dan tetap bersemangan mengemban tugas sebagai pendidik dalam usaha mencerdaskan anak-anak bangsa khususnya dari kota Padang. salam saya selaku kepala MAN Rukoh Kota Banda Aceh ke seluruh civitas MTsn Model Padang. di MTsN Model ada teman saya guru Matematika bu Rita samapaikan salam saya, trims

  6. assalamualaikum w.w
    thanks for alll teachers in mtsn model padang especially for mrs.rusmadiniarita…

    i hope mtsn model padang better than school at whereever..thanks

  7. assalammualaikum w.w
    terimakasikmtsn model padang
    kususnya pada bp.tata usaha :)

  8. my great school..

  9. Alhamdulillah, Paradigma masyarakat terhdp madrasah sudah berubah. Pendidikan agama sejak dini, pendidikan umum dan pengembangan diri melalui berbagai layanan termasuk berbagai ekskul sdh dipahami masy akan membentuk generasi islam yg smart. Sehingga sgt diperlukam penambahan MTsN-MTsN lain khususnya dikota Padang. Krn MTsN yg ada sudah tidak sanggup lagi menampung siswa yg ingin belajar di madrasah. Selain itu jk suatu madrasah terlalu byk jml siswanya kualitas sulit dijaga, krn tdk akan terlayani. 10 rombel tiap tingkat dgn jml anggota rombel maks 32 itu sudah sangat maksimal. Jk lebih akan menurunkan kualitas.
    Salam untuk semua anak-anakku dimana pun kalian berada, jg nama baik almamater, Bunda dan seluruh keluarga MTsN Model Padang akan selalu mengiringi langkah kalian walau dari jauh.. dengan doa kepada Allah semoga kalian selalu dilindungi Allah, di beri kemudahan dlm setiap kesulitan, diberi petunjuk dalan mengambil keputusan dan diberi kesehatan prima …Amin
    “Selalu tegakkan leher kalian namun jgn sekalipun kalian pernah mengangkat dagu ” Ok salam untuk Ortu dan orang-orang yg kalian kasihi….

  10. ASSALAMU’ALAIKUM.WR.WB
    Salam untuk seluruh keluarga besar MTsN MODEL PADANG…..
    Semoga MTsN MODEL PADANG lebih maju dan sukses untuk ke depan nya…
    Dan siswanya makin kuat iman nya… :)
    Hidup MTsN MODEL PADANG…

  11. ASSALAMUALAIKIUM”
    Semoga mtsn model tetap mnjadi sekolah agama terbaik se-sumbar
    semoga prestasi model ditingkatkan lagi

    Amiin………….

    • amin…
      dan mtsn model mnjadi sklh yg muridnya brprilaku yg sesuai dngan aturan agama

      amien…..

  12. bguss tw,…
    MTsN mophank nie mmg yg terbaik,,…
    dan juga dpt mobil lg dri GEDUS (gerakan dua ratus) yg d kmpulin tiap hrinya,,..
    minimal 200 lo,,..
    mkanya,,,…bayar gedus bnyak2 ya teman,,…{supaya d tmbah mobil nya,,..^_^}

    MTsN IS THE BEST

  13. semoga sekolah berstandar internasional dalam bidang imtaq dan iptek serta adiwiyata bisa ter-realisasikan… amin

  14. MTsN Model Padang Raih Adiwiyata Nasional 2011

    Jakarta (Pinmas)–Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Model Padang berhasil meraih penghargaan Adiwiyata nasional tahun 2011, bersama 66 sekolah lain tingkat SD, SLTP, dan SLTA di Indonesia. Penghargaan untuk sekolah berbudaya lingkungan itu diserahkan langsung oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta.

    “Alhamdulillah, ini madrasah pertama di Indonesia yang menerima penghargaan lingkungan hidup tingkat nasional,” kata Kepala MTs N Model Padang, Akhri Meinhardi disela acara bertajuk Anugerah Lingkungan 2011 di Balai Kartini Jakarta, Selasa (7/6) malam.

    Menurut dia, keberhasilan madrasah yang dia pimpin tidak lepas dari kerjasama semua pihak baik guru, siswa maupun pembinaan dari aparat Kementerian Agama. “Ini berkat pembinaan pimpinan Kemenag,” ujar Akhri yang hadir didampingi Kepala Kantor Kemenag kota Padang, Syamsul Bahri.

    Pada tahun 2010, kata Akhri, MTs N Model Padang juga meraih penghargaan Adiwiyata tingkat provinsi Sumatera Barat. “Mudah-mudahan pada tahun depan dapat meningkatkan prestasi sehingga memperoleh penghargaan langsung dari Presiden dalam bentuk Adiwiyata Mandiri,” ujarnya

    Deputi VI Menteri Lingkungan Hidup Bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat, Ir. Ilyas Asaad, MP mengatakan program sekolah Adiwiyata sebagai salah satu bentuk pendidikan lingkungan hidup melalui jalur sekolah terus dikembangkan.

    “Tujuannya agar menjangkau sekolah-sekolah yang ada di pelosok. Karena itu pola seleksi Adiwiyata sedapat mungkin secara berjenjang. Artinya, perlu diadakan sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten/Kota, tingkat Provinsi, dan terakhir tingkat Nasional.” ujar Ilyas Asaad.

    Ia juga mengakui baru tahun 2011 ini madrasah memperoleh penghargaan Adiwiyata tingkat nasional. “Madrasah juga sekolah, dan ini juga terkait merupakan program ecopesantren,” kata Ilyas Asaad selaku penanggung jawab pemilihan Adiwiyata.

    Sementara Kepala Kantor Kemenag Padang Syamsul Bahri mengaku bangga dengan penghargaan yang diperoleh madrasah yang berlokasi di Gunung Pangilun Padang ini. “Kami berharap prestasi ini menjadi contoh bagi madrasah lain sehingga berupaya menciptakan lingkungan madrasah yang bersih dan sehat,” katanya.

    Kepala Kanwil Kemenag Sumbar H. Darwas melalui telepon mengatakan, perolehan yang dicapai MTs N Model Padang sebagai madrasah yang pertama kali mendapat penghargaan Adiwiyata sangat membanggakan khususnya bagi masyarakat Sumbar, sehingga Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berkenan menyambut kedatangan peraih Adiwiyata ini. “Begitu tiba di Padang langsung disambut, dikalungkan bunga oleh pak Gubernur,” ujar Darwas, Rabu pagi.

    Seperti diketahui, terkait Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2011, Pemerintah RI memberikan penghargaan bidang lingkungan hidup. Penghargaan utama diserahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, Selasa siang (7/6). Adapun bentuk penghargaan yang diberikan, antara lain penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwiyata Mandiri dan Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) 2010 terbaik. Sedangkan penghargaan sertifikat adipura dan Adiwiyata sekolah berbudaya lingkungan diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup.

    “Sejalan dengan kegiatan Kementerian Lingkungan Hidup, maka semua upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup selalu dengan melibatkan masyarakat,” kata Menteri LH Gusti Muhammad Hatta. (ks)

  15. mtsn model memng paling terbaik..
    aq bangga jd alumni mtsn model padang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: