Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Mei 5, 2009

Robot UBH Juara I Design di KCRI dan KRI

Robot UBH Juara I Design di KCRI dan KRI

Tim Robot UBH meraih juara I dalam Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) dan Kontes Robot Indonesia (KRI), yang digelar Sabtu (2/5) lalu digelar Politeknik Caltex Riau di gedung basket Rumbai.

Menurut Eddy Soesillo, salah seorang dosen pendamping dari UBH, meskipun UKM ICT-UBH baru mendapat undangan mengenai kontes tersebut seminggu sebelum kontes dimulai. Namun para anggota UKM ICT tidak pantang menyerah. Mereka terus berupaya untuk menciptakan Robot Line Tracer secepat mungkin dan akhirnya terciptalah 4 Robot dengan 4 Team.

Dalam lomba yang di ikuti sekitar 30 Perguruan Tinggi se-Sumatera itu, tim robot UBH menampilkan Robot Line Tracer, robot penjejak garis putih, robot itu dapat mengikuti garis putih. Aplikasi dari robot itu bisa sebagai pengganti Rel Kereta Api dimasa yang akan datang. Pada perlombaan ini robot line tracer dibuat tanpa menggunakan Bahasa pemograman

Selama lomba, robot-robot cerdas yang ditampilkan kontestan itu, terbagi ke dalam empat devisi. Yaitu, divisi senior beroda, divisi senior berkaki, divisi expres single, serta divisi expert betel. Dari masing-masing divisi ini, robot cerdas tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam pertandingan tersebut, robot cerdas berjalan menelusuri arena yang dibuat dari papan, untuk mencari dan memadamkan api api lilin, tanpa harus dipandu kontestan. Bahkan uniknya lagi, robot itu dapat memadamkan lilin.

Tim Robot UBH I yang tampil yaitu Andre Muhardika Putra, Tirta Andus, Delvi Nando
Defrizal Zubir, dengan Pembimbing : Dr. Ir. Saiful Jamaan, M.Eng, sedang UBH II di wakili oleh : Miftah Malay, Handi LAnd Rovero,Ades Lora Pratama, yang dibimbing oleh Ir. Eddy Soesilo, M.Eng

Eddy Susilo, menambahkan, bahwa kontes robot unik telah empat kali UKM ICT Universitas Bung Hatta, “dari empat kali kontes itu, UBH pernah satu kali jadi Juara I” tegasnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: