Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juni 14, 2009

Pemprov Alokasikan 111 Paket Beasiswa

Pemprov Alokasikan 111 Paket Beasiswa

burhasmanmm

Drs. Burhasman MM. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Prov. Sumatera Barat

Alokasi beasiswa bagi mahasiswa berprestasi dari keluarga tak mampu dalam APBD Sumbar masih terbatas. Tahun ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga menyediakan 111 paket beasiswa dengan besaran Rp12 juta per tahun untuk setiap mahasiswa. Namun dari segi jumlah, meningkat dibanding tahun lalu, hanya 75 beasiswa. Program ini sudah berlangsung sejak tahun 2006.

Kepala Dinas Dikpora Sumbar, Burhasman Bur menyebutkan mahasiswa yang berhak atas beasiswa tersebut harus lulus di salah satu dari enam perguruan tinggi (PT) ternama di Indonesia. Di antaranya UI, ITB, IPB, UGM, UIN Syarif Hidayatullah dan Unand. Beasiswa tersebut ditransfer ke rekening mahasiswa agar lebih transparan.

”Mereka juga harus peringkat 10 besar selama di SMA. Untuk mengukur tingkat kemiskinan, dibuktikan surat keterangan dari wali nagari. Namun agar lebih valid, tim dari provinsi akan turun ke lapangan, melakukan verifikasi mulai dari sekolah sampai ke rumah calon penerima beasiswa,” ujarnya. Mahasiswa calon penerima beasiswa juga harus menujukkan bukti lulus Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) atau lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Saat ini, kata Burhasman, pihaknya sudah menyampaikan Surat Edaran No 740/2014/SMP.A.K-2009 tentang Beasiswa Mahasiswa Miskin ke semua dinas kabupaten/kota 28 Mei 2009. Kuota calon penerima setiap daerah juga sudah ditetapkan secara proporsional sesuai jumlah lulusan SMA. Tiga daerah penerima beasiswa terbanyak di antaranya Padang sebanyak 25 orang, Padangpariaman dan Agam masing-masing 15 orang.

Disdik juga memberikan tenggat waktu pengiriman calon penerima beasiswa tersebut paling lama seminggu setelah SNMPTN. Hingga kini belum satu daerah pun yang mengirmkan berkas persyaratan, termasuk mahasiswa yang sudah lulus PMDK. Wakil Ketua DPRD Sumbar, Apris Yaman meminta Dikpora memperhatikan semua aspek dalam pengelolaan beasiswa dalam anggaran 2009, sehingga betul-betul tepat sasaran. [Padek]

Responses

  1. kepada bapak kepala dinas PEMPROV SUMATERA BARAT, sebagai mahasiswa asal sumatera barat yang sekarang ini kuliah di universitas abdurrab pekanbaru dengan jurusan hubungan internasional, saya memberikan sedikit masukan kepada bapak kepala dinas PEMPROV, apakah yang diberi beasiswa itu hanya mahasiswa yang berhasil masuk universitas negeri terkemuka saja, bagai mana nasib para mahasiswa yang kuliah di universitas swasta, apakah PEMPROV hanya melihat universitas nya saja dan tidak melihat nilai IPK atau ketidak mampuan ekonomi mahasiswa asal sumatera barat yang sedang menimba ilmu di universitas lain dalam arti kata universitas swasta, kepada bapak kepala dinas tolonglah kami di beri bantuan supaya kami lebih giat belajar, dan bisa menerapkan semau ilmu kami di ranah minang, agar ranah kita bisa maju di dunia pendidikan untuk masa yang akan datang.

  2. Syarat syarat untuk dapat beasiwa itu apa pak??? kemana harus dikirim persyaratannya????
    Saya rencananya tidak akan kuliah,,tapi begitu tau ada beasiswa saya langsung daftar SNMPTN…secara finansial orangtua saya tidak mampu pak…beasiswa ini sangat saya harapkan…..

    • Pak,apa cuma untuk tamatan tahun 2009? apakah tamatan 2008 yang ikut SNMPTN sekarang bisa ikut?Terima kasih
      ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

  3. Bpak diNas pROpinSi yG saYa hoRMaTi..saYa iRFAN jULianTo..saLAh saTu siSWa yG LULUS PMDK..d UNAND..dg juR.ILMU POLITIK..dasi SMA 1 BATUSANGKAR..sE Tau saya..SekoLah saYa suDAh mENgirimkan berkas persyaratan tersebut..lebih kurang sudah 2 minggu yg lalu..
    Trma kasih..

  4. Kepada Bapak Kepala Dinas Pemprov Sumatera Barat
    saya, saat ini sedang mengambil kuliah S2 Kebidanan di Universitas Padjadjaran Bandung…sekarang akan memasuki semester 2 dan saya bukan PNS…yang ingin saya tanyakan, apakah ada peluang bagi saya untuk mendapatkan beasiswa dari pemprov Sumatera Barat? kalau ada, bagian apa yg bisa saya hubungi atau situs apa yang bisa saya lihat dan bagaimana caranya….saya tunggu informasi dari Bapak…atas informasi yang Bapak berikan, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Kategori

