Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Juli 16, 2009

Dua Anak Hebat dari Solok Selatan

Dua Anak Hebat dari Solok Selatan

PADANG- Keharuan begitu membuncah tatkala dua tamatan Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Solok Selatan, Agung Pramudio dan Miftahul Khairi diumumkan diterima di sekolah unggul bebas biaya SMART Ekselensia Indonesia.

Kedua bocah laki-laki dari keluarga kurang mampu ini berhasil lulus dalam tes akademik dan bakat yang dilakukan Lembaga Pendidikan Insani (LPI), jejaring Dompet Dhuafa Republika yang menaungi sekolah SMART Ekselensia di Parung Bogor.

Agung dan Miftahul benar-benar tidak menyangka mereka bisa masuk dalam sekolah itu. Kepintaran kedua langganan juara kelas ini tidak perlu diragukan, keduanya memang pantas mendapatkan pendidikan bebas biaya itu.

“Kami mau sekolah tinggi,” begitu tekad yang disampaikan kedua bocah laki-laki itu kepada tim Dompet Dhuafa Singgalang (DDS) yang mengabarkan keberhasilan, sekaligus berpamitan dengan Pemkab Solok Selatan di ruang kerja Asisten I Setdakab Solok Selatan, Bakri Bakar, Senin (13/7).

Agung adalah siswa lulusan SDN 04 Sungai Aro. Dia anak ketiga dari tiga bersaudara pasangan Erman dan Yenti Nila yang sehari-hari bekerja sebagai tukang cuci. Kenestapaan hidup yang dialami kedua orangtuanya yang papa hampir saja memupuskan asanya.

Begitu juga dengan Miftahul, tamatan SDN 01 Pakan Rabaa. Putra bungsu dari tiga bersaudara ini juga bernasib serupa. Malah ayahanda Miftahul, Supriyadi buta. Kehidupan mereka selama ini hanya ditopang oleh ibundanya, Misrawati yang juga bekerja sebagai tukang cuci di rumah orang mampu di kabupaten itu.

Walau hidup dalam serba kekurangan, kedua anak hebat ini ternyata tidak pernah berputus asa. Mereka tetap tidak kalah dengan anak-anak berada. Malah selalu langganan juara kelas.

Kini doa-doa dan harapan keduanya ingin sekolah tinggi dan mengubah kehidupan ke arah lebih baik seolah terkabulkan dengan keberhasilan masuk dalam SMART Ekselensia lewat perantara Dompet Dhuafa Singgalang (DDS). Akhirnya asa itu bisa digapai dengan indah.
Keharuan juga dirasakan Asisten I Setdakab Solok, Bakri Bakar. Dengan mata berkaca-kaca, dia mengaku bangga dengan kelulusan kedua putra daerah Solsel itu. Ini adalah kesempatan besar bagi keduanya untuk mengubah nasib. Bakri Bakar berpesan agar keduanya bisa menjadi tauladan bagi Solsel dan Sumbar umumnya.

“Kami benar-benar bangga, karena kalian bisa melewati seleksi yang ekstra ketat. Kalianlah yang diharapkan menjadi generasi penerus Solok Selatan masa depan. Jangan pulang sebelum jadi sarjana,” pesannya.
Sementara itu, General Manager Dompet Dhuafa Singgalang, Adel Wahidi mengatakan, Agung dan Miftahul adalah dua dari 35 anak yang berhasil masuk SMART Ekselensia yang diseleksi LPI. Keduanya akan sekolah di sana selama lima tahun. “Keberhasilan mereka melewati tes ini membuktikan ke excellent-annya,” sebut Adel. Kedua anak hebat Solok Selatan itu, akan diberangkatkan dan diantar tim DDS pada 27 Juli 2009.

“Tim DDS juga akan menyaksikan wisuda pertama siswa SMA SMART yang juga berhasil melewati seleksi yang dilakukan lima tahun lalu,” jelasnya.

Bila dalam perjalanan pendidikan mereka di sana, keduanya terus menunjukkan prestasi yang gemilang, akan diupayakan untuk melanjutkan pendidikan mereka sampai ke jenjang Perguruan Tinggi (PT).

Dari 10 orang yang dikirimkan terdahulu, dua orang telah lulus dan kini tengah menunggu hasil Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Rangkaiaan pamitan dimulai dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Kampung Parit yang diterima Pengawas Sekolah, Reflina Wati, SPd., didampingi Kepala Sekolah SD 04 Sungai Aro, Susmala Dewi Murni, SPdI. Kemudian dilanjutkan di Kantor Dinas Pendidikan Kab. Solok Selatan yang diterima Kadinas, Fidel Effendi, SPd.MM. [Harian Singgalang Online]

Iklan

Responses

  1. Congratulations for both of you….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: