Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 11, 2009

Absen Pesantren, Guru Dihukum

Absen Pesantren, Guru Dihukum

Sambut Ramadhan: Wako Padang Fauzi Bahar memberikan tausiah saat zikir dan doa bersama di Masjid Raya Ikua Koto, Kototangah, Minggu (9/8)

Padang, [Padek, 10/08/09], Seluruh guru di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang dikumpulkan Wali Kota Padang, Fauzi Bahar, Sabtu (8/8) di Gedung Bagindo Aziz Chan. Pertemuan silaturahmi itu dilakukan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, yang tinggal 12 hari lagi. Dalam kesempatan itu, Wako mewanti-wanti seluruh guru untuk mengikuti pesantren Ramadhan. ”Sama halnya siswa. Guru-guru juga harus hadir selama pesantren Ramadhan. Jika ada guru-guru yang kedapatan libur selama pesantren Ramadhan, akan saya berikan sanksi tegas. Pesantren Ramadhan bukan libur, tapi kegiatan belajar di sekolah dipindahkan ke masjid dan mushala,” terang Wali Kota Padang, Fauzi Bahar didampingi Kepala Disdik Kota Padang, M Nur Amin.

Fauzi juga mewanti-wanti, jangan sampai muncul lagi komentar miring terhadap pelaksanaan pesantren tidak serius diikuti siswa. “Disinilah peran guru selama Ramadhan nanti. Jika ada siswa yang tidak serius, berikan sanksi kepada siswa. Sebaliknya, jika guru tak serius mengikuti pesantren, gurunya yang akan diberi sanksi,” tambahnya.

Wako dalam hal ini, memberikan wewenang penuh kepada kepala sekolah untuk memberikan sanksi kepada guru yang malas datang selama pesantren nanti. ”Untuk guru, sanksinya bisa dipindah tugaskan ke Bungus, atau ditarik ke kantor Disdik, sebagai staf biasa,” ulasnya. Pesantren Ramadhan tahun ini dilaksanakan mulai 24 Agustus hingga 16 September. Pesantren dilaksanakan selama 20 hari selama Ramadhan yang akan diikuti 135 ribu siswa, mulai tingkat SD sampai SLTA. Jadwal pelaksanaan SMA/SMK/MA mulai pukul 04.30-09.00 WIB. Murid SD/MI pukul 09.00-12.30 WIB dan SMP/MTsN mulai pukul 13.00-14.00 WIB setiap harinya.

Materi yang diajarkan meliputi keimanan, ibadah, akhlak. Sedangkan materi tambahan meliputi tertib lalu lintas, BAM, narkoba, dan kesehatan lingkungan. Untuk buku panduan menggunakan buku panduan tahun 2008. Pesantren Ramadhan dilaksanakan di 1.000 masjid dan mushala se-Kota Padang. Bagi peserta pesantren yang lebih dari 60-100 orang di setiap masjid/mushala akan dibantu biaya operasional Rp1 juta. Sedangkan jumlah peserta 100 orang ke atas dibantu Rp15 ribu perorang.

Iklan

Responses

  1. salam, saya Agus Suhanto, posting yg bagus :) … lam kenal yee

  2. guru PNS gapapa tu di beri sanksi, apalagi yang udah di sertifikasi.. guru honor?????
    gajinya kan cuma 200 ribu… jadi mau kerja di luar… persiapan lebaran……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: