Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 19, 2009

Prestasi Siswa Akan Dapat Dipantau Lewat Internet

Prestasi Siswa Akan Dapat Dipantau Lewat Internet

BANDUNG, KOMPAS.com – Sebanyak 22 dinas pendidikan daerah di Jawa Barat menandatangani nota kesepahaman dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Dinas pendidikan tingkat kabupaten/kota dan provinsi itu akan menerapkan sistem informasi dan aplikasi pendidikan (SIAP).

General Manager Unit Enterprise III Telkom Azis Sidqy di Bandung, Rabu (19/8), mengatakan, program diharapkan sudah dilakukan sebelum akhir tahun 2009. Bila telah diterapkan, SIAP dapat digunakan orangtua, guru, maupun siswa. Orangtua bisa memantau prestasi anaknya melalui internet, guru memantau kurikulum nasional, dan siswa melihat nilai.

“Fungsinya untuk pelaporan. Guru juga bisa melihat kurikulum sekolah lain. Program sesuai komitmen Pemerintah Provinsi Jabar yang pro pendidikan,” kata Azis. Di Jabar terdapat sekitar 33.000 sekolah. Sebanyak 2.252 sekolah sudah terakses dengan internet.

Sekolah-sekolah itulah yang potensial untuk diterapkan program SIAP. Diharapkan, semua sekolah tersebut dapat menggunakan SIAP namun realisasinya tergantung kepala sekolah terkait. Sekolah tidak memerlukan biaya karena Telkom meminjamkan fasilitas yang diperlukan.

Direktur Enterprise and Wholesale Telkom Arief Yahya mengatakan, aplikasi yang dikenal dengan Telkom SIAP Online itu dikembangkan sebagai solusi layanan di bidang pendidikan. Sistem itu juga dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan aplikasi pendukung proses pembelajaran dan pengelolaan data kependidikan untuk masyarakat dengan basis layanan teknologi informasi.

Iklan

Responses

  1. Sebagai salah satu sarana penunjang komunikasi memang bagus dan canggih. Namun yang perlu diperhitungkan adalah bahwa pemakainya tidak berhubungan lansung denga peningkatan kwalitas prestasi anak dan tidak pula meringankan beban pendidikan yang hrus dipikul oleh setiap orang tua murid dan pemerintah.
    Bagi kita yang penting dikedepan terlebih dahulu adalah penerapan teknologi yang lansung memacu kecerdasan anak kemudian yang bernilai ekonomis bagi semua pihak yang terkait dengan pengelolaan pendidikan.
    Artinya setiap pengadopsian produk teknologi khususnya dibidang pendidikan kita selalu berpedoman pada nilai “wajib” dan “sunat” , supaya kita terhindar dari ” minyak abih, samba indak lamak”. wassalam

  2. Saya setuju dengan pendapat Pak Jalius diatas, jika penerapan media internet tsb dijadikan beban tambahan bagi orang tua murid.

    Tapi, untuk dimaklumi bahwa seluruh sekolah dan kantor-kantor dinas pendidikan sejak tiga tahun terakhir ini sudah diakomodasi oleh pemerintah pusat dengan alat dan dana serta SDM, dengan kata lain biaya pulsa serta pelengkapannya telah dibayarkan. Sekolah dan kantor-kantor dinas pendidikan hanya tinggal mempergunakannya saja sebagai salah satu media atau sarana PELAYANAN PRIMA INFORMASI kepada masyarakat.

    Pelayanan prima informasi kepada masyarakt lewat internet tsb. diantaranya memberikan informasi dengan membuat website/blog, mailinglist, newsgroup dll.

    Sangat disayangkan pejabat-pejabat di kantor-kantor dinas pendidikan dan sekolah di Sumatera Barat belum memanfaatkan media ini secara maksimal.

    Pemda Jawa Barat arif dalam hal ini, sehingga mereka membuat kebijakkan yaitu memanfaatkan internet sebagai salah satu alat preventif bersama antara sekolah dengan orang tua. Orang tua dapat melihat laporan prestasi serta kehadiran anaknya di sekolah lewat internet di warnet, atau melalui blackberry dan HP. Jadi dengan adanya media ini kita sebagai orang tua tidak mudah dikelabui oleh anak kita apakan hari ini dia berada di sekolah atau tidak.

  3. wah sangat -sangat setuju apa lagi jika internet itu dapat masuk di SD biar lebih cepat mendapatkan informasi, memudahkan untuk mengoreksi data yang berkaitan dengan personil. karena kebanyakan di SD-SD tenaga TU digarap merangkap oleh kepala sekolah


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: