Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | November 10, 2009

Sekolah Tahan Gempa Dibangun di Padang

Sekolah Tahan Gempa Dibangun di Padang
BIAYANYA RP17 MILIAR

sman1pdg

Gbr. Maket Gedung SMAN 1 Padang, Tahan gempa

Padang, Singgalang, Gedung SMA Negeri Padang bertaraf internasional dan mampu menahan goncangan gempa 10 Skala Richter sekalipun, Selasa (10/11) ini dilakukan peletakan batu pertamanya. Gedung yang terletak di Jl. Belanti Raya Lolong ini, hingga selesai menghabikan biaya Rp17 miliar. Gedung ini juga berfungsi sebagai shelter (tempat penampungan) dari ancaman tsunami, serta mempunyai helly pad (landasan helikopter).

Kepala Sekolah SMA 1 Padang, Jufril Siry kepada Singgalang di di Padang, Senin (9/11) mengatakan, gedung sekolah itu bantuan dari Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia bekerjasama dengan Pemko Padang. Pembangunan ditargetkan selesai paling lambat pada tahun ajaran baru 2010/2011, Juni atau Juli tahun depan. Dengan demikian siswa baru sudah bisa langsung belajar di gedung baru tersebut.

Gedung tersebut dibangun di atas tanah seluas 1,4 hektare, terdiri tiga lantai. Masing-masing lantai memiliki delapan kelas serta ditambah ruang lainnya. Artinya, dengan tiga lantai memiliki 24 ruang kelas.

Luas bangunan 6.600 meter persegi dengan desain konstruksi memadukan konsep modern dan gaya bangunan tradisional cirikhas Minangkabau. Bangunan ini juga disiapkan menjadi cagar budaya atau museum bidang pendidikan.

Selain itu, bangunan ini juga dapat digunakan untuk kegiatan lain, khususnya dalam bidang pendidikan. Pada tempat yang sama, arsitektur dari kontraktornya PT Pulau Intan, Andra Arie Anto menjelaskan, bangunan itu membujur dari Barat-Timur yang pada setiap lantainya dipisahkan oleh jenjang dengan lebar empat meter, yang memudahkan siswa dan para guru untuk lari ke atas atau shelter bila terjadi tsunami.

Setiap lantai pada ruang bagian Timur diperuntukan untuk ruang kelas, sedangkan pada bagian Barat untuk ruang lain. Seperti lantai satu, selain ruang kelas terdapat ruang administrasi, ruang majelis guru, ruang PMR dan ruang koperasi.

Lantai dua, selain ruang kelas ditambah dengan ruang laboratorium komputer, laboratorium fisika dan kimia, perpustakaan dan labor bahasa.

Pada lantai tiga, selain ruang kelas juga terdapat ruang kesenian baik seni gambar maupun musik. Kemudian, gedung ini juga memiliki tangga besar dengan lebar tiga meter, tinggi anak tangga 15-17 sentimeter dan lebar 40 sentimeter sehingga memudahkan cepat naik ke areal shelter.

Tangga ini dari bawah, langsung naik ke atas atau shelter dan tak berhubungan dengan ruang kelas. Jumlahnya ada dua, arah barat dan arah timur. Satu lagi, kelebihan gedung ini tak pakai plafon, sehingga bila terjadi gempa tak ada yang menciderai atau memakan korban orang yang berada di bawahnya.

Menurut Kepala Diknas Kota Padang Drs. H. Nur Amin, MM gedung SMA yang akan dibangun oleh Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia, nantinya akan diperuntukkan untuk SMA 1 Padang, karena tidak layak pakai lagi. Rencana bangunan SMA 1 sekarang akan diruntuhkan dan dibangun untuk pengembangan SMP 1 Padang.

Gedung SMA yang akan dibangun di Belanti Raya Lolong Kecamatan Padang Utara tersebut, tidak hanya terdiri 30 lokal, juga dilengkapi labor, sarana ibadah dan fasilitas lainnya. Pada acara peletakan batu pertama Selasa pagi ini diharapkan warga kota Padang bersama- sama menyaksikan, sambil bermohon kepada Allah SWT ada lagi pihak lain yang akan turun tangan membangun sarana pendidikan di Padang, ajak Emzalmi.103/Yose/107

———————-

Alumni SMAN 1 Padang menolak relokasi, kunjungi atau klik :
GERAKAN TOLAK RELOKASI SMA 1 PADANG

Iklan

Responses

  1. —————————–
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُا تُهُ اللهِ وَبَركَا تُهُ
    ——————————
    Alhamdulillah……Tapi…….

    “Tahan Gempa, meski 10 SR” sebaiknya tidak perlu diberitakan. Itu adalah kalimat orang sombong.

    Masih ingat para pembaca peristiwa amruknya WTC di kampung Paman Sam tempo hari ?
    Gedung tercanggih dan tertinggi di dunia pada jamannya. Kata arsiteknya, dapat berusia minimal 1000 tahun, dapat menahan goncangan gempa 10 SR dan mampu menahan hantaman pesawat boing 737 dengan kecepatan tinggi.

    Tapi dasar arsiteknya tidak tahu…..
    bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

    Setelah tersiram minyak aftur dan sedikit percikan api jadilah gedung pusat perdagangan dunia itu luluh-lantak, dan usianya belum seusia Osama bin laden.

    Wassalam.

  2. Iya, itu benar mas, bukan masalah sombongnya. Tapi Allah juga telah menganugrahi kita akal yang kemudian diisi ilmu yang bisa diterapkan untuk melindungi diri. Contoh sederhana adalah mengapa manusia menciptakan jas hujan?… karena untuk melindungi diri dari air dan menjaga diri agar tidak terserang penyakit. Tapi toh kadang kita juga bisa terkena flu atau demam. Artinya. kita wajib berusaha untuk melindungi dan mempertahankan hidup, walaupun Allah yang punya kuasa. Soal gedung tahan goncangan gempa 10 SR mungkin sudah banyak gedung yang telah menerapkan, seperti gedung pencakar langit 101 di taipei yang tetap kokoh walau gedung disekitarnya mengalami kerusakan. Ini merupakan bukti kalau dengan teknologi kerusakan bisa diminilasir. Manusia sebagai makhluk yang sempurna, seharusnya bersikap bijak dalam melihat permasalahan ini.

    Wassalam

  3. —————————
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُا تُهُ اللهِ وَبَركَا تُهُ
    —————————-
    Maaf saya Marlion, tolong baca kembalilah apa yang dimaksud dengan pesan yang saya tulis.
    Semoga Marlion mendapatkan pemahaman yang baik. Demikian juga para pembaca E-Newsletter ini.

    Fikir, dan fikir lagi itulah pelita hati.

    Wassalam.
    Jalius HR, di Lubuk Buaya.

  4. Saya harap kalimat ‘tahan gempa hingga 10 SR,” yg dibangun oleh PT.Pulau Intan adalah fakta dan bukan bualan. Karena Master (Pendiri Tzu Chi) mengutarakan syarat kepada developer bahwa bangunan yg didirikan harus tahan gempa dan tidak mudah rusak, sehingga benar-benar berguna bagi masyarakat untuk waktu yg lama, sehingga benar2 memberdayagunakan dana dari donatur dengan baik.

    Untuk menanggapi komentar dari Saudara jalius_ hr, mungkin memang penulis dari E-newsletter ini harus mengubah/memperbaiki tulisannya agar pembaca tentu tidak berpikiran lain. Namun niat Tzu memang benar2 ingin bersumbangsih untuk masyarakat.

    Terima Kasih,
    Relawan Tzu Chi Jakarta

  5. alhamdulillah ;)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: