Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | November 30, 2009

322,47 Miliar untuk Biaya Pendidikan Sumbar

322,47 Miliar untuk Biaya Pendidikan Sumbar

PADANG, KOMPAS.com Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menganggarkan dana mencapai Rp 322,47 miliar dalam RAPBD 2010 untuk membiayai sektor pendidikan di daerah ini.

“Anggaran sebesar itu mencapai 15,78 persen dari total RAPBD Sumbar 2010,” kata Wakil Gubernur Sumbar Marlis Rahman dalam Nota Pengantar Rancangan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) RAPBD Sumbar 2010, Senin (30/11) di Padang.

Total belanja dalam RAPBD Sumbar 2010 yang diajukan Pemprov Sumbar ke DPRD setempat mencapai Rp 1,77 triliun.

Menurut Marlis, anggaran pendidikan 2010 sebesar 15,78 persen meningkat dibanding pada APBD 2009 yang dianggarkan 13,42 persen.

Namun, anggaran 2010 itu masih di bawah perintah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang dalam hal itu pemerintah daerah harus memprioritaskan dana urusan pendidikan sebesar 20 persen dari total belanja.

Ia menyebutkan, keterbatasan anggaran membuat Sumbar belum bisa memenuhi ketentuan UU tersebut, begitu pula dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Terkait penggunaan dana pendidikan Rp 322,47 miliar dalam RAPBD 2010, dana itu diprioritaskan untuk enam program, meliputi penuntasan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun,” katanya.

Kemudian, peningkatan fasilitas sekolah berstandar internasional (SBI), peningkatan kualifikasi guru, fasilitasi siswa berprestasi dan rehabilitasi ruang kelas di sekolah-sekolah.

“Selanjutnya, (dana itu) untuk membiayai program pembangunan sarana dan prasarana pendidikan lainnya,” tambah Marlis.

Iklan

Responses

  1. ——————————
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُا تُهُ اللهِ وَبَركَا تُهُ
    ——————————
    Biar sedikit, tapi tepat sasaran, Allah akan memberkatinya.

    wassalam
    Jalius.HR

  2. 322,47 M adalah angka yang sangat besar walaupun belum mencapai 20% dari total belanja daerah. Semoga dana ini bisa dimanfaatkan dengan benar “semata-mata untuk kepentingan kemajuan pendidikan di Sumatra Barat”.

  3. anggaran pendidikan idealnya harus tinggi, minimal 20% pertanyaan selanjutnya adalah di pakai untuk pos mana? itu yang penting……..:)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: