Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Desember 7, 2009

FGMPFI Siapkan Diri Hadapi UN 2010

FGMPFI Siapkan Diri Hadapi UN 2010

Padang Today – Apapun kebijakan pemerintah pasca Putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap pelaksanaan Ujian Nasional (UN), namun Forum Guru Mata Pelajaran Fisika (FGMPFI) Provinsi Sumatera Barat, tetap mempersiapkan diri dalam menghadapi UN 2010 mendatang, terutama bagi guru agar mata pelajaran Fisika tidak menjadi momok bagi siswanya.

Persiapan diri bagi guru Fisika itu, dengan melakukan pertemuan terutama dalam menyikapi Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 75 Tahun 2009, tentang Ujian Nasional (UN), tahun pelajaran 2009/2010, Provinsi Sumatera Barat, Sabtu, menyelenggarakan pemetaan materi soal UN tahun 2010.

Kegiatan bertajuk pemetaan materi UN 2010 dan penjelasan konsep-konsep fisika sesuai pemetaan materi UN 2010 yang berlangsung di Aula Gedung PGSD Belakang Balok Bukittinggi itu, menurut Ketu Umum FGMPFI) Sumbar, Dra. Dian Mulyati Syarfi, diikuti 150 orang guru mata pelajaran fisika utusan masing-masing sekolah di Sumatera Barat, yang mengajar di kelas XII.

“Fisika ilmu yang sangat berkembang, sehingga diperlukan wadah untuk mengejar perkembangannya, makanya dibentuk FGMPFI sebagai wadah yang menfasilitasi kebutuhan guru fisika Sumatera Barat di lapangan. Kebutuhan guru diketahui melalui Ketua  Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) kabupaten/kota,”katanya.

Disebutkan, kegiatan yang dilaksanakan dan dirancang berdasarkan masukan dari Musyawarah  Guru Mata Pelajaran (MGMP) fisika, di antaranya dalam bentuk telaah kurikulum, yang menelaah Permendiknas Nomor 75 Tahun 2009 Tentang Standar Kompetensi Kelulusan, dengan bentuk kegiatan, mengembangan profesi, baik berbentuk karya tulis, seminar bahan ajar, maupun methode mengajar.

Bahkan dengan adanya forum ini, Dirjen Pendidikan, Fasli Djalal, sangat mensupport kegiatan tersebut. “Tahun 2007 lalu, melalui dana awal dari beliau, forum melaksanakan kegiatan. “Kami mengundang guru-guru, berdasarkan kegiatan. Kalau misalnya kegiatan mengenai bahan ajar, maka diundang guru-guru yang berkaitan dengan bahan ajar, “jelasnya.

Namun dalam pertemuan kali ini adalah untuk membicarakan masalah Permendiknas Nomor 75 Tahun 2009 tentang UN, maka yang diundang adalah khusus guru guru kelas XII saja, satu orang untuk satu sekolah. Namun dalam pertemuan sebelumnya yang diundang adalah guru untuk pengembangan karya tulis ilmiah dengan mendatangkan nara sumber.

FMGPFI yang berpusat di jurusan Fisika UNP Padang itu, dengan Ketua Umum, Dra. Dian Mulyati Syarfi (Kepala SMA Negeri 1 Lubuk Alung, Padangpriaman), di bawah penasehat Dekan FMIFA, DR. Asrul, ketua jurusan Fisika DR. Ahmad Fauzi, Ikatan Alumni Fisika UNP Drs. Syamsurizal, MM (Kepala Dinas Pendidikan Padang Pariaman). (*)

Iklan

Responses

  1. ——————————-
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُا تُهُ اللهِ وَبَركَا تُهُ
    ——————————-
    Apa yang tercantum di dalam pargraf pertama, itulah sikap yang sangat bagus, hendaknya bagi semua pihak pengelola pendidikan sikap itulah yang harus di tonjolkan.

    Berdasarkan analisa akal sehat sikap demikianlah akan mendukung peningkatan prestasi, bukan dengan menentang UN.

    Wassalam
    Jalius HR


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: