Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 3, 2010

Media Pembelajaran Pembantu Pencapaian tujuan Pembelajaran

Media Pembelajaran Pembantu Pencapaian tujuan Pembelajaran

Oleh : Desmalinda
Guru R-SMAN-BI 10 Padang

Desmalinda, Guru SMAN 10 Padang

Penggunaan media pendidikan sebagai pembantu pencapaian tujuan pendidikan sangat lah dianjurkan, terutama pada pencapaian kompetensi dasar yang menuntut psikomotor dan pemahaman materi yang abtrak.

Pemilihan media yang tepat bagi seorang guru dalam menyajikan pembelajaran sangatlah penting untuk diperhatikan. salah dalam memilih media pembelajaran bisa jadi tujuan pembelajaran tidak tercapai, disinilah peran penting guru mengenali materi yang akan di sampaikan dengan media yang akan digunakan.

Penggunaan satu media mungkin cocok pada satu materi tertentu, tapi belum tentu cocok pada materi yang lain, contoh penggunaan media interaktif mungkin cocok pada materi-materi yang absrak, tapi media interaktif tidak cocok dipakai pada materi-nateri yang bersifat peningkatan psikomotor, untuk peningkatan psikomotor siswa lebih baik di gunakan media praktek langsung, di mana siswa dapat merasakan keterampilan yang harus dimilikinya (red; contoh pemakaian media yang tepat klik video berikut)

( Sumber video : http://www.youtube.com/zulfikripg )

Pada saat ini penggunaan media IT untuk pembelajaran sangat dianjurkan, memang hal ini sangat baik di gunakan jika tepat sasaran pada materi yang harus menggunakan media IT, tapi tidak semua materi pembelajaan dapat dicapai tujuan pembelajaran dengan menggunakan media IT, jangan karena untuk dibilang lebih modern dan lebih maju setiap saat menggunakan media IT, tapi hasilnya tujuan pembelajaran tidak tercapai, penggunaan media IT yang tidak tepat dapat membuat anak2 jenuh dan membosankan sama bagaikan menggunakan metode ceramah yang terus menerus.

Iklan

Responses

  1. IT disamping sangat tepat untuk materi tertentu, juga jauh lebih baik untuk pengembangan pemahaman anak tentang materi yang telah dipelajari di kelas. Dengan IT guru harus siap menerima pemahaman anak yang kadangkala melebihi apa yang diharapkan guru

    • Terima kasih kita ucapkan atas kesedian Bpk Burhasman, Ka Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Prop. Sumatera Barat yang telah bersedia memberikan komentar di media interaktif online ini, semoga dengan kehadiran Bapak akan dapat memicu para guru di Sumatera Barat untuk memanfaatkan media online (Mailinglist – e-Newsletter Disdik) ini untuk peningkatan mutu pendidikan, sebagaimana yang telah di canangkan oleh Pustekkom Depdiknas “TIK Untuk Pembelajaran”.

      Wassalam,
      Redaksi e-Newsletter Disdik

  2. Penggunaan IT tidak saja meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, tapi juga meningkatkan profesional guru, karena IT harus disiapkan sebelum berhadapan dengan siswa dikelas. Yang menjadi pertanyaan, seberapa banyak guru dan sekolah yang menggunakan IT sebagai media pembelajarannya? Mumpung tahun baru, marilah kita para guru berbenah diri, “Melek teknologi, jangan Gaptek lagi !”

    • Saya kira sudah cukup banyak para guru mendapatkan pelatihan pemanfaatan IT untuk pembelajaran serta bantuan software serta hardware dari pemerintah pusat (PUSTEKKOM DEPDIKNAS), hanya tinggal lagi komintmen guru atau kepala sekolah serta Dinas-dinas Pendidikan untuk merealisasikankanya.

      Pada tahun 2008 sudah dilakukan pelatihan “master treiner” terhadap 195 orang guru Sumatera Barat. Master Trainer (MT) ini dipersiapkan akan melatih guru-guru lainnya di sekolah-sekolah yang berada diwilayah dinas-dinas Kab/Kota yang bersangkutan. Nah pertanyaannya apakah dinas-dinas pendidikan Kab/kota sudah memanfaatkan mereka untuk menuntaskan gagap TI di daerahnya ?

      Pada tahun 2009 juga sudah dikucurkan pula bantuan kepada ribuan guru untuk dapat berinternet ria kepada guru-guru yang aktif di MGMP dalam bentuk scoolnet personal. Nah pertanyaan lagi apakah sudah dipantau untuk apa saja bantuan dana untuk berinternet tsb oleh guru yang mendapatkannya? Seyogiyanya para guru MGMP dapat memanfaatkannya untuk rapat-rapat online tanpa meninggalkan tugas seperti membangun mailinglist-mailinglist MGMP.

      Meteri pelatihan TIK pembelajaran yang telah dilatihkan kepada para guru pada tahun 2008 dapat di baca dan di download klik :
      http://www.scribd.com/people/documents/1470226-zulfikri

      Mohon maaf, wassalam.
      Zulfikri.
      http://inspiratif2008.blogspot.com/
      http://zulfikri.wordpress.com/
      http://bursa-arsitektur.blogspot.com/

  3. Media pembelajaran sebagai sarana pendukung proses pembelajaran sudah seharusnya dikuasi betul oleh guru. Media pembelajaran merupakan alat untuk mempermudah penyampaian materi pelajaran kepada anak didik, sehingga tentunya harus ada pemahaman yang sama antara guru dan anak didik. Oleh karena itulah media yang dipilih haruslah menerapkan PAIKEM, termasuk dalam hal ini IT. IT sudah menjadi bagian integral anak-anak sehingga dengan menerapkan IT sebagai emdia pembelajaran, berarti sinkron kondisinya. Selamat berkiprah rekan-rekan guru, kita kembangkan dan tingkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran kita..

  4. Pemanfaatan IT dlm menunjang tujuan Pendidikan
    antara lain : 1. Peningkatan akses bagi yg belum mendapatkan kesempatan belajar,2.Peningkatan Mutu lulusan,3. Percepatan dan keselarasan

    IT dapat dimanfaat atau diitegraksikan dalam pembalajaran bila sudah ada sbb.:
    1.komitmen semua unsur yg terkait
    2.Data pendukung yg akurat
    3.Prencanaan dan
    4.Strategi
    5. Tdk kalah penting dana pendukung


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: