Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 14, 2010

Laboratorium Maya Sudah Perlukah?

Laboratorium Maya Sudah Perlukah?

Oleh : Desmalinda
Guru R-SMAN-BI 10 Padang

Desmalinda

Mata pelajaran sains bercirikan pembelajaran yang menuntut siswa mempunyai sikap ilmiah dalam menemukan konsep dan prinsip pada pembelajarannya, untuk itu diperlukan sebuah laboratorium di sekolah baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, Sekolah Kejuruan dan Perguruan tinggi.

Jika kita lihat kemampuan pemerintah dalam menyediakan laboratorium sangat lah terbatas bahkan sangat minim untuk sekolah2 di daerah apalagi pada SD yang terpencil. Sebuah labor memang sangat mahal mulai dari gedung sampai alat-alat laboratorium yang untuk di sediakan.

Dari permasalahn di atas salah satu solusi lainnya adalah menggunakan Laboratorium maya.

Apakah laboratorium Maya itu?

Laboratorium maya adalah sebuah laboratorium yang di buat dengan program multi media interaktif, siswa dan guru dapat mengunakan program ini untuk berinteraktif dengan materi yang di gunakan.
Laboratorium maya ini sangat efektif dan efisien tidak perlu menggunakan gedung khusus laboratorium dan alat2 laboratorium.
Kelebihan dan Kekurangan Laboratorium Maya

Kelebihan Laboratorium Maya

  1. Lebih effisien dan efektif tidak menggunakan gedung dan alat-alat labor yang rumit.
  2. Siswa dapat mengulang kembali praktikum di rumah masing-masing jika belum mengerti
  3. Pengadaan laboratorium maya lebih murah dari pada sebuah laboratorium nyata

Kekurangan Laboraorium Maya

  1. Siswa tidak dapat dapat meraba alat-alatnya secara nyata, sehingga psikomotor siswa kurang terlatih dalam merangkai alat-alat praktikum
  2. Keterampilan guru saat ini dalam menggunakan IT masih kurang
  3. Ketersediaan alat-alat IT di sekolah masih kurang

Mencermati kekurangan dan kelebihan dari pada laboratorium maya maka yang terbaik adalah percampuran penggunaan antara laboratorium nyata dan laboratorium maya.

Tapi jika tak mempunyai laboratorium nyata, maka penggunaan laboratorium maya adalah salah satu solusi yang baik.

Salah satu contoh (Red) laboratorium maya :

Iklan

Responses

  1. rasanya ini ide cemerlang yan patut mendapat perhatian banyak pihak terkait.. dengan laboratoriun maya, berarti anak dapat melakukan pembelajaran praktik dimanapun mereka berada, selama ada jaringan internet… semoga dapat terwujud..

  2. —————–
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُا تُهُ اللهِ وَبَركَا تُهُ
    ————————–

    Artikel Ibuk Linda ini sangat bagus, kenapa saya bilang bagus ? Tulisannya pendek, bernas (idenya realistis), inovatif dan komunikatif. Saya mengira semua pembaca E-N mudah memahaminya.

    Labay (labor maya) bagus juga, salah satu bentuk solusi, dan inovatif.

    Bagi siswa tertentu sudah cukup memadai,

    Tapi jangan dijadikan pengganti labor fisik (nyata). Seperti kata ibuk Linda gabungan kedua betuk labor sangat memadai.

    Yang terpenting proses pembelajaran dapat terbantu dengan berbagai media dan alat peraga.

    Itulah Orang bijak, dia berfikir tidak satu jalan ke Roma.

    Wassalam
    Jalius.HR

  3. Terimakasikasih P’ Julius atas dukungan dan supportnya, Mudah-mudahan idenya dapat tertangkap.
    Jaya terus Pendidikan Indonesia

  4. rasanya untuk mneunjang peningkatan kemampuan anak didik secara utuh, tidak hanya knowledge, eksistensi laborat memang sangat penting. Dan, laboratorium nyata merupakan hal utama agar anak dapat langsung melakkan kegiatan penelitian, dan sesuai dengan harapan bu Linda, laboratorium maya dapat dipergunakan untuk lebih mengefektifkan kegiatan. dan yang terpenting adalah kerjasama semua pihak untuk kelancaran semua program…

  5. labortatorium merupakan sarana penting untuk proses pembelajaran dengan metode penelitian dan untuk hal tersebut laboratorium sedapat mungkin diperlengkapi dengan sarana yang memadai. oleh karena itu, perlu pengembangan jenis laboratorium, sebab sebenarnya laboratorium itu banyak ragamnya. kolaborasi antara laboratorium nyata dengan maya sunguh merupakan satu langkah inovatif dan perlu didukung oleh semua pihak agar semakin konkrit dan memberikan kontribusi pada pengembangan program peneliti-peneliti muda berbasis sekolah

  6. salah satu sarana pembelajaran adalah laboratorium. Dengan adanya laboratoorium, maka segala konsep yang diajarkan dapat secara langsung dibuktikan oleh anak didik dengan melakukan penelitian di laboratorium. Bukankah learning by doing merupakan pengalaman belajar yang dipercaya paling efektif?!
    Laboratorium yang selama ini kita kenal adalah laboratorium nyata, dimana anak secara langsung bersentuhan dengan segala sarana kegiatan. Tetapi perkembangan teknologi memungkinkan anak didik melakukan kegiatan praktik tidak harus di laboratorium nyata, di sekolah. Mereka dapat melakukan kegiatan di berbagai tempat sebab perkembangan IT sangat memungkinkan hal tersebut.
    Ide yang cemerlang dari bu Linda patut ditindaklanjuti dan didukung oleh instansi terkait… semua demi peningkatan pelayanan dan proses pendidikan dan pembelajaran di negeri ini untuk peningkatan kualitas hasil proses.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: