Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | April 23, 2010

Tersedia 500 Beasiswa Doktor ke Luar Negeri Tahun Ini

Tersedia 500 Beasiswa Doktor ke Luar Negeri Tahun Ini

PadangKini.com | Jumat, 23/04/2010, 12:54 WIB

PADANG–Peerintah melalui Dirjen Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional menyediakan 500 beasiswa untuk program doktor ke luar negeri pada 2010 ini.

“Karena itu kami mengancurkan dosen-dosen di Univesritas Bunga Hatta mengejar kesempatan ini,” kata Fasli Jalan, Wakil Menteri Pendidikan Nasional saat peletakan batu pertama pembangunan Kampus II Universitas Bung Hatta di Aia Pacah, Padang, Kamis (22/4/2010).

Disebutkan, pada 2007 pemerintah memberikan 700 beasiswa program doktor dan 2008 sebanyak 1.100. Program ini diharapkan akan melahirkan 700 sampai 800 doktor pada 2011 atau mencetak 500 sampai 700 doktor per tahun.

“Asal ada dosen yang ingin sekolah ke luar negeri, memenuhi semua persyaratan, maka pemerintah akan mendukung dan memberikan beasiswa penuh sampai memberangkatkan,” ujarnya.

Di antara syarat adalah adalah bukti diterima di kampus yang dituju dan nilai TOEFL yang memadai.

Selain beasiswa program doktor ke luar negeri, kata Fasli, juga ada program doktor dalam negeri. Saat ini tersedia 2.000 beasiswa doktor dan 5.500 beasiswa magister.

Fasli menyarankan agar kampus seperti Universitas Bung Hatta menyiapkan tempat memadai untuk dosennya yang telah mendapat gelar doktor. Caranya dengan menyediakan ruang penelitian untuk menggeluti ilmu mereka sehinga ilmu tersebut bisa dimanfaatkan untuk pemerintah dan masyarakat.

Saat ini 47 dosen Univesritas Bung Hatta sedang studi doctoral.

“Minimal enam bulan sebelum mereka pulang pihak kampus dan yayasan sudah siapkan itu, jangan sampai sekembalinya mereka nanti justru kita tidak dapat memanfaatkan ilmunya karena ruang dan fasilitas untuk mengembangkan ilmu mereka samar-samar, sehingga mereka akhirnya membuka sendiri Perguruan Tinggi baru,” ujarnya. (joni/s)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: