Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Agustus 24, 2010

Legalkah Kampus dan Ijasah Anda?

Legalkah Kampus dan Ijasah Anda?

Tidak Terakreditasi, Dilarang Terbitkan Ijazah

Sadarkah Anda kalau Anda mungkin kuliah di kampus yang ILEGAL? Atau ijasah yang Anda dapatkan TIDAK DIAKUI? Analisis data yang kami lakukan terhadap data-data PTS memberikan hasil yang mengejutkan dan sekaligus mengkhawatirkan. Dari 11.304 Program Studi yang diselenggarakan oleh > 3.000 PTS, ternyata ribuan (per Maret 2010 ada 3.285 Prodi) SUDAH HABIS ijin operasionalnya. Ratusan kadaluarsa bulan ini, dan lebih dari 2.500 Program Studi kadaluarsa tahun ini.

Sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bagi masyarakat, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tentu saja harus memiliki ijin operasional. Ijin ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Nasonal. Ijin operasional ini diberikan kepada SETIAP program studi yang dimiliki oleh PTS dan harus diperbaharui secara berkala. Artinya, PTS yang menyelenggarakan perkuliahan tanpa ijin dari Dikti (atau ijin operasinya sudah habis masa berlakunya) adalah ilegal, melanggar hukum. Tentu saja Anda tidak akan mau kuliah di kampus seperti ini.

Demi menjaga mutu perkuliahan, sekaligus mutu lulusannya, setiap program studi harus menjalani penilaian melalui proses AKREDITASI. Untuk perguruan tinggi, hal ini dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hasilnya adalah peringkat akreditasi yang dinyatakan dengan huruf A, B, C, atau D (tidak terakreditasi). Peringkat ini punya masa berlaku (saat ini 5 tahun) dan bisa kadaluarsa.

Dulu, akreditasi ini sifatnya pilihan bagi PT. Artinya, selama memiliki ijin operasional yang sah dan masih berlaku, tidak ada masalah. Tetapi Peraturan Pemerintah (PP) no. 19 tahun 2005 mengubah hal itu. PP tersebut mengatur bahwa mulai tahun 2012, program studi yang tidak terakreditasi TIDAK BOLEH menerbitkan ijasah. Tidak terakreditasi berarti program studi belum pernah menjalani proses akreditasi, atau sudah menjalaninya tetapi dinyatakan tidak memenuhi syarat minimum.

Pertanyaannya bukan: “Adakah PTS, atau lebih tepatnya Program Studi, yang tidak punya ijin operasi (atau habis masa berlakunya)? Atau adakah Program Studi yang tidak terakreditasi (atau akreditasinya sudah kadaluarsa)?” Tetapi: “Berapa banyak?”

Iklan

Responses

  1. Kalau sdah mlanggr hukum, knapa tdak dberi sanksi oleh pihak yg brwajib? Tdk tau kah mreka tntang msalah ini…?

  2. sekarang kampus banyak yang tidak jelas, didirikan dimana-mana.. yang menjadi korban adalah masyarakt, tolong bagi kampus yang melanggar hukum ya, di tindak secara jelas. kalau memang terpaksa tutup ada programnya.

  3. Iya betul, kalo emang gak jelas kenapa masih dibiarkan membuka pendaftaran

  4. sekarang mau bikin ijazah itu gampang, tinggal sediakan duit. pelakunya bertebaran di mana-mana. tapi efek jangkapanjangnya justru merugikan.

  5. Ya begitulah kondisi kehidupan hari ini yang semakin hari semakin aneh,,,kejadian2 seperti ini seharusnya g perlu terjadi karena menurut saya ini merupakan tindakan kriminal yang harus ditindas secara tegas dengan hukuman yg sagat berat bila perlu dikeluarkan dari bumi saja agar pelakunya jera soalnya diindonesia saat ini sangat berjamur praktek seperti bahkan izazah diperjual belikan…kan gawat…jd tolong badan yang bersangkutan ada control yang rutin n tegas sehingga kualitas n jaminan bagi yg menuntuk ilmu bisa tercapai agar indonesia lebih baek.

  6. Kampus itu wajar, yang tidak wajar pelaku kejahatan yang membuat ijazah itu. baik dia mengatas namakan kampus atau independen. jangan menyalahkan kampu teman-teman.

  7. Mohon di up date untuk status akreditasi secara rutin…..karena banyak prodi di Universitas Setia Budi Surakarta, saat ini sudah terakreditasi. dengan harapan bagi pencari info tidak mendapat info yang valid.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: