Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | September 5, 2010

Facebook Media Belajar Interaktif di Dalam dan di Luar Kelas

Facebook Media Belajar Interaktif di Dalam dan di Luar Kelas

By Desmalinda
Guru SMAN 10 Padang

Desmalinda Guru R-SMA-BI Negeri 10 Padang

Facebook adalah salah satu jejaringan sosial yang banyak diminati dan di pakai orang di seluruh dunia, Data pada bulan Desember 2009 dan Januari 2010 menunjukkan Indonesia  pengguna facebook no 2 tebanyak di dunia setelah AS menurut detik com rabu 06-01 2010 diambi dari  laporan yang dikeluarkan oleh Global Monitor, layanan premium yang menyediakan data vital tentang perkembangan pengguna Facebook.

Penggunaan Facebook saat ini baru sebatas menyapa teman, berkenalan dengan teman, berkirim kabar dengan teman dan promosi bisnis. Alangkah baiknya Facebook di gunakan untuk media pembelajaran e-learning interaktif.

Disini saya ingin menghimbau kepada teman-teman guru dan siswa untuk lebih memberdayakan penggunaan Facebook dalam pembelajaran interaktif di luar kelas maupun dalam proses pembelajaran di kelas.

Idenya seperti ini, guru membuka akun khusus untuk pembelajaran, dan menyuruh seluruh siswa yang ada di kelasnya meng add akunnya. kemudian guru mempostingkan materi ajarnya ke dalam akun facebook pembelajrannya, bisa di lengkapi dengan tugas atau tes.bisa juga guru dan siswa membuat kesepakatan jam berapa online untuk pembelajaran. saat online bersamaan siswa bisa comen atau nanya bagian yang tidak di mengertinya. pertanyaan siswa ndak harus di jawab guru tapi bisa juga dengan teman yang udah lebih dulu mengetahiunya. dan jika siswa sakit atau karena suatu hal siswa tidak bisa datang ke sekolah siswa masih bisa mengikuti pelajaran dari rumahnya atau dimana pun dia berada, jika pembelajaran saat itu online dengan gurunya.

Inilah salah satu pembelajaran dengan metode e-learning yang mulai dapat kita terapkan seperti di negara maju. Guru  tidak harus membuat blog sendiri. apalagi bagi guru yang baru melek teknologi yang belum bisa membuat blok sendiri. Pemanfaatan jaringan sosial Facebook adalah langkah jitu untuk melaksanakan pembelajaran dengan metoda e-learning.

Ayo teman guru kita mulai ber e-learnig interaktif dalam proses pembelajaran baik dalam kelas maupun di luar kelas.

Dalam penggunaan e-learning ini ada keunggulan dan ada kelemahannya. tapi saat ini kita coba dulu dengan action, kendala dan kelemahannya kita atasi sambil jalan, keunggulannya kita perkuat dan manfaatkan sebesar-besarnya untuk kemajuan anak negri ini, dengan harapan pembelajaran kita akan semakin bain baik dan kwalitas pendidikan kita semakin bagus. Mari action untuk dunia pendidikan. Sukses slalu untuk guru dan dunia pendidikan di negri ini.

Salam action.

Silahkan saksikan video tutorial Facebook in Education [ klik disini ]

Iklan

Responses

  1. Saya kira ini kaitannya dengan Masalah Kebutuhan Umum manusia. Face Book merupakan sarana pemenuhan kebutuhan non-fisik (kebutuhan psikis), yg diantaranya pada poin ” Perhatian “, kita sebagai guru bisa melihat bagaimana akun-akun anak didik/murid kita yg bertebaran dg kouta hampir 100 % per sekolah ada, akan tetapi dg media ini, banyak tergantung para user nya, bagaimana tingkat kematangan pola pikir, pola rasa dan pola sosialnya, mengingat hampir-hampir semua organisasi besar, perusahan bahkan negara juga menggunakan media jejajring facebook.

  2. […] Sumber : enewsletterdisdik.wordpress.com […]

  3. ————-
    اَلسَّلاَ مُ عَلَيْكُمْ وَرَ حْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَا تُهُ
    ——————————-
    Ide tulisan ini sangat bagus.
    Temanya sangat jelas, yakni pemanfaatan teknologi komunisi dan Informasi untuk kepentingan proses pembelajaran. Kemauan Buk Desmalinda ini perlu mendapat perhatian serius hendaknya. Sebab kedepannya masyarakat kita semakin terikat dengan TIK yang semakin canggih.
    Kemajuan TIK (teknologi Informasi dan Komunikasi) tidak boleh dilewatkan begitu saja, lebih-lebih oleh praktisi pendidikan, Baik pendidikan formal ( sekolah) Non formal (PLS) dan juga Informal (daam hidup keseharian).
    Dalam tulisan di Atas, Buk Desmalinda ingin memanfaatkan FB ( faceBook) sebagai sarana pembelajaran.
    Setelah saya fikir, untuk pembelajaran di sekolah (secara formal) kurang bagus. Tapi untuk suplementnya memang bagus sekali. Apalagi Untuk PLS.
    Dalam hal ini saya mengusulkan format lain yang mungkin jauh lebih baik dan jauh lebih minimal kekurangannya jika dibandingkan dengan FB, yakni menggunakan format-format yang ada di “Google Document”.
    Saya berharap kepada buk Desmalinda untuk dapat mempelajari lebih lanjut “apa dan bagaimana” Google Documnet itu.
    Kalau kita mau kantorpun bisa kita pindahkan ke alam maya ini.
    Selamat mencoba

    Wassalam.

  4. Bisa jadi bahan PTK Bu. Sudah dibuat proposal dan actionnya Bu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: