Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | November 9, 2010

Kemdiknas Ingin Soal UN 2011 Tetap Dicetak PTN

Kemdiknas Ingin Soal UN 2011 Tetap Dicetak PTN

JPNN – Padang Today

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) akan mengusulkan kepada DPR RI agar pencetakan soal Ujian NAsional (UN) tahun 2011 tetap dilakukan oleh perguruan tinggi negeri (PTN). Hanya saja dalam proses pencetakan, Kemdiknas akan menerapkan sistem rayon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramli. “Kita akan menggunakan sistem rayon, untuk lebih mempermudah pendistribusian soal UN di daerah,” ujar Mansyur kepada JPNN di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Selasa (9/11/2010).

Mansyur menjelaskan, usulan pencetakan soal UN yang dilakukan oleh PTN tersebut merupakan salah satu poin yang disempurnakan dalam penyusunan formula standar kelulusan UN untuk tahun depan. Namun demikian Mansyur juga menegaskan, kebijakan itu tidak menutup kemungkinan percetakan lain juga bakal ditunjuk atau diberi wewenang untuk mencetak soal UN.

Menurutnya, pelaksanaan pencetakan soal juga harus dilakukan oleh perusahaan percetakan yang memenuhi kriteria dan sebaiknya perusahaan itu berlokasi sesuai rayon yang ada seperti rayon Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Indonesia Timur. “Tetapi, usulan ini tentunya masih menunggu keputusan Panja UN  Komisi X DPR RI,” tukasnya.

Sekadar informasi, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun depan rencananya akan dilaksanakan mundur yakni bulan April. Padahal, pelaksanaan UN tahun 2010 lalu diadakan pada bulan Maret. Untuk UN tingkat SMA, MA, SMALB dan SMK 2011 direncanakan dilaksanakan pada 4-9 April 2011.

Sementara ujian ulangan akan digelar pada 23-27 Mei 2011. Pada jenjang SMP, MTS dan SMPLB, ujian utama dapat dilaksanakan pada 11-14 April 2011 dan ulangan 23-24 Mei 2011. Sedangkan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) diselenggarakan pada Mei 2011. (cha/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: