Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 6, 2011

Persiapan UN: Sekolah Gandeng Bimbel

Persiapan UN

Sekolah Gandeng Bimbel

JAKARTA, KOMPAS.com- Persiapan menghadapi ujian nasional di sekolah-sekolah semakin gencar memasuki semester genap ini. Selain siswa masih harus menyelesaikan sebagaian materi kelas akhir, mereka juga dilatih untuk terbiasa dengan soal-soal prediksi ujian nasional nanti.

Bahkan, dalam persiapan ujian nasional (UN), sekolah tidak segan-segan bekerjasama dengan bimbingan belajar agar kelulusan di sekolah bisa mencapai 100 persen. Adapun siswa, umumnya merasa lebih percaya diri menghadapi UN jika bergabung di sebuah bimbingan belajar dalam kurun waktu enam bulan hingga setahun.

Maman Suwarman, Kepala SMAN 79 Jakarta, Rabu (5/1/2-11), menjelaskan, sejak Agustus lalu sekolahnya bekerjasama dengan sebuah bimbingan belajar. Semua siswa ikut dengan menambah biaya bimbingan belajar.

“Yang mampu memang membayar. Tetapi, ada 10 persen siswa tidak mampu gratis alias tidak membayar. Sebanyak lima persen lainnya bayar setengahnya saja. Jadi, tidak ada alasan siswa tidak ikut pelajaran tambahan di sekolah yang dibantu sebuah bimbingan belajar,” kata Maman.

Menurut Maman, keterlibatan bimbingan belajar dalam persiapan siswa itu tetap dipantau guru. Siswa juga tidak merasa berat karena pelajaran tambahan dengan fokus mata pelajaran UN itu tetap ada di jam-jam pelajaran.

“Keputusan itu sudah dibicarakan dengan orang tua dan siswa. Jadi, siswa tidak perlu waktu ekstra lagi untuk ke bimbel. Mereka juga jadi hemat waktu dan biaya transpor,” ujar Maman.

Sementara itu, Hemas, siswa kelas 3 di salah satu SMP negeri di Cikarang, Bekasi, mengatakan sudah mengikuti bimbingan belajar. Di sekolah juga akan diadakan pelajaran tambahan setelah libur sekolah usai.

“Pas pembagian rapor kemarin, sekolah memang sudah bicara dengan orang tua. Bimbingan belajar di sekolah intensif tiga bulan dengan biaya Rp 250.000,” ujar Hemas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: