Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Januari 8, 2011

UJIAN NASIONAL Selalu Mendadak, Tak Pasti, Bikin Gamang

UJIAN NASIONAL

Selalu Mendadak, Tak Pasti, Bikin Gamang

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Kebijakan pendidikan perlu dibuat lebih terencana. Tiga tahun terakhir ini, ketentuan pelaksanaan ujian nasional (UN) berubah dan diinformasikan mendadak ke sekolah. Akibatnya, agenda pendidikan sekolah menjadi semakin sulit diterapkan.

Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK Timbul Mulyono mengatakan, tiga tahun terakhir, perubahan pelaksanaan ujian nasional (UN) diinformasikan pada pertengahan tahun ajaran. Akibatnya, program kerja dan agenda pendidikan yang telah dirancang sekolah pada awal tahun ajaran kacau dan harus diubah untuk menyesuaikan.

”Kondisi ini membuat pelaksanaan program pendidikan tidak maksimal,” tuturnya di Yogyakarta.

Menurut Timbul, perubahan pendidikan seharusnya sudah dipastikan sejak awal tahun ajaran.

”Pendidikan merupakan proses yang tidak bisa diubah dengan mendadak,” ujarnya.

Cucu Saputra, Sekretaris Pengurus Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia Daerah Jawa Barat, Jumat (7/1/2011) kemarin, mengatakan, kebijakan dadakan yang masih ditempuh pemerintah itu dapat menimbulkan ketidakpastian di kalangan sekolah untuk pengembangan kegiatan belajar-mengajar. Dalam beberapa tahun terakhir ini, misalnya, kebijakan UN selalu menimbulkan ketidakpastian.

”Dalam soal jadwal saja, sering kali tidak bisa dipastikan kapan pelaksanaannya. Tahun lalu, mendadak UN dimajukan. Tahun ini katanya akan ada perubahan lagi. Anehnya, kebijakan seperti itu sampai sekarang tidak bisa dipastikan pada awal tahun ajaran,” keluh Cucu.

Menurut Cucu, sebenarnya para guru merasa lega dengan kebijakan UN 2011 yang memberi porsi bagi guru untuk juga memberikan penilaian pada kelulusan siswa. Namun, kepastian secara formal belum juga diterima guru sampai saat ini sehingga menyebabkan kegamangan.

”Memang guru-guru dapat segera menyesuaikan dengan perubahan kebijakan baru. Namun tidak akan maksimal jika para guru tidak dibekali sosialisasi yang cukup dan diberi waktu untuk menyiapkan implementasinya,” kata Cucu. (IRE)

TERKAIT:

Download PERMENDIKNAS Tentang UN 2010/2011 berikut :

  1. PERMENIKNAS Nomor 45 Tgl. 31 Desember Th. 2010 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Pada SMP/MTs, SMP Luar Bisa, SMA/MA, SMA Luar Biasa dan SMK Th. Pelajaran 2010/2011 [Download]
  2. LAMPIRAN PERMENIKNAS Nomor 45 Tgl. 31 Desember Th. 2010 Tentang Kriteria Kelulusan Peserta Didik Pada SMP/MTs, SMP Luar Bisa, SMA/MA, SMA Luar Biasa dan SMK Th. Pelajaran 2010/2011 [Download]
  3. PERMENDIKNAS Nomor  46 Th. 2010 Tentang PELAKSANAAN UJIAN
    SMP/MTs, SMP Luar Bisa, SMA/MA, SMA Luar Biasa dan SMK Th. Pelajaran 2010/2011 [Download]
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: