Oleh: Redaksi e-Newsletterdisdik | Mei 3, 2011

Hentikan Komersialisasi Pendidikan di Sumbar

Hentikan Komersialisasi Pendidikan di Sumbar

Ilustrasi Demo

Padang Today,  Selasa,  03/05/2011 – Mereka menggelar aksi damai di bundaran Kantor Pos Padang, sekitar pukul 15.43 WIB kemarin (2/5). Dalam aksinya, demonstran menuntut perguruan tinggi negeri (PTN) menghentikan komersialisasi pendidikan. PTN dituding telah melakukan praktik komersialisasi yang mengakibatkan mahalnya biaya pendidikan.

“Kami menilai, proses kriminalisasi yang dilakukan pihak kampus, mengakibatkan banyak masyarakat tidak bisa mengenyam pendidikan sampai ke perguruan tinggi. Hal itu akibat mahalnya biaya pendidikan, dan tingginya tarif masuk ke perguruan tinggi,” ujar juru bicara LAM & PK, Firs San Hendra Rivai, di sela-sela aksi.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, pasal 53B, satuan pendidikan tinggi yang diselenggarakan pemerintah wajib menjaring peserta didik baru program sarjana melalui pola penerimaan secara nasional paling sedikit 60 persen dari jumlah peserta didik baru yang diterima untuk setiap program studi.

Selain itu, PP 66 Tahun 2010 juga mengatur kewajiban perguruan tinggi menyiapkan kursi bagi mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi, minimal 20 persen dari total mahasiswa baru.

“Namun, saat ini, pihak kampus membalik kenyataan, dengan menerima lebih banyak mahasiswa melalui program regular mandiri. Program regular mandiri ini biaya kuliah sangat mahal dan tidak terjangkau masyarakat kurang mampu sehingga niat mengenyam pendidikan di perguruan tinggi menjadi pupus,” jelasnya.

Dalam aksi yang dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam LAM & PK itu mereka juga menampilkan aksi teatrikal. Tema yang diusung memperlihatkan pihak universitas bersikap arogan. (kd)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: